Logo Sulselsatu

Danny Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Penyebarangan Lintas Provinsi Dermaga Pannyua

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 14 Juni 2021 21:11

Danny Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Penyebarangan Lintas Provinsi Dermaga Pannyua

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XIX Kemenhub RI Suria Abdi meninjau Dermaga Kayu Bangkoa dan Dermaga Panyua di jalan Pasar ikan Kecamatan Ujung Pandang , Senin (14/6/2021).

Danny mengatakan kunjungannya bersama kepala Balai BPTD yang mewakili pemerintah pusat mempunyai program membangun Dermaga pelabuhan penyeberangan rakyat.

“Jadi kami bersama BPTD punya program dan dana untuk membangun pelabuhan penyeberangan. Tadinya ditetapkan di Kayu Bangkoa namun Kayu Bangkoa adalah aset pemerintah kota yang sudah tercatat, kalau ini diserahkan ke pemerintah pusat prosesnya makan waktu yang cukup lama, sedangkan dananya sudah siap,” kata Danny.

Baca Juga : Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu

Lebih lanjut, Danny bersama menawarkan alternatif pembangunan pelabuhan di dermaga Pannyu. Hal ini dikarenakan lahan yanglebih luas dan juga milik pemerintah Kota Makassar.

Sponsored by MGID

“Jadi bisa langsung kita serahkan ke pemerintah provinsi sehingga alokasi anggarannya dapat dilimpahkan langsung kesini, dengan beberapa syarat syarat yakni dengan kembali dokumen yang dibutuhkan seperti FS Amdal dan DD,” ucapnya.

Selain itu, Danny bersama BPTD siap berkolaborasi dengan BPTD mewujudkan hal tersebut, apalagi anggarannya cukup besar yakni 72 Milyar.

Baca Juga : Wali Kota Danny Apresiasi Kepedulian IZI dan Bank Sulsebar Siapkan Hunian Tetap Bagi Korban Kebakaran Tallo

Satu bulan ini saya akan siapkan semua dokumennya. Saya menganggap rugi kalau pemerintah kota tidak mempersiapkan ini dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Transfortasi wilayah XIX, Suria Abdi mengatakan, pekerjaan fisik dilakukan setelah dokumennya lengkap dibuat oleh pak wali yang kemudian pihaknya mengusulkan ke pemerintah pusat.

“Nanti kita usulkan setelah dokumen perencanaan dari walikota selesai dan proses pengalihan sertifikat lahan ini juga sudah rampung dialihkan ke kementrian perhubungan. Pemerintah pusat akan memberikan penganggarannya kalau tahun ini selesai,” ujar Suria.

Baca Juga : Jadi IRUP PIP Makassar, Danny Minta Alumni PIP Jadi Pelaut Ulung

Nantinya Dermaga ini akan melayani tidak hanya kapal kapal kecil antar pulau pulau disekitar Makassar, melainkan juga kapal jenis roro yang akan melayani pelayaran antar provinsi.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...