Logo Sulselsatu

Danny Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Penyebarangan Lintas Provinsi Dermaga Pannyua

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 14 Juni 2021 21:11

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XIX Kemenhub RI Suria Abdi meninjau Dermaga Kayu Bangkoa dan Dermaga Panyua di jalan Pasar ikan Kecamatan Ujung Pandang , Senin (14/6/2021).

Danny mengatakan kunjungannya bersama kepala Balai BPTD yang mewakili pemerintah pusat mempunyai program membangun Dermaga pelabuhan penyeberangan rakyat.

“Jadi kami bersama BPTD punya program dan dana untuk membangun pelabuhan penyeberangan. Tadinya ditetapkan di Kayu Bangkoa namun Kayu Bangkoa adalah aset pemerintah kota yang sudah tercatat, kalau ini diserahkan ke pemerintah pusat prosesnya makan waktu yang cukup lama, sedangkan dananya sudah siap,” kata Danny.

Baca Juga : Sempat Gagal di Tahun 2020, Pemkot Makassar Kembali Raih WTP dari BPK RI Di Bawah Kepemimpinan Danny Pomanto

Lebih lanjut, Danny bersama menawarkan alternatif pembangunan pelabuhan di dermaga Pannyu. Hal ini dikarenakan lahan yanglebih luas dan juga milik pemerintah Kota Makassar.

“Jadi bisa langsung kita serahkan ke pemerintah provinsi sehingga alokasi anggarannya dapat dilimpahkan langsung kesini, dengan beberapa syarat syarat yakni dengan kembali dokumen yang dibutuhkan seperti FS Amdal dan DD,” ucapnya.

Selain itu, Danny bersama BPTD siap berkolaborasi dengan BPTD mewujudkan hal tersebut, apalagi anggarannya cukup besar yakni 72 Milyar.

Baca Juga : Danny Paparkan Inovasi Pemkot Makassar Pada Agenda Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting Kabupaten Kota

Satu bulan ini saya akan siapkan semua dokumennya. Saya menganggap rugi kalau pemerintah kota tidak mempersiapkan ini dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan Transfortasi wilayah XIX, Suria Abdi mengatakan, pekerjaan fisik dilakukan setelah dokumennya lengkap dibuat oleh pak wali yang kemudian pihaknya mengusulkan ke pemerintah pusat.

“Nanti kita usulkan setelah dokumen perencanaan dari walikota selesai dan proses pengalihan sertifikat lahan ini juga sudah rampung dialihkan ke kementrian perhubungan. Pemerintah pusat akan memberikan penganggarannya kalau tahun ini selesai,” ujar Suria.

Baca Juga : Wali Kota Danny Hadiri Halal Bi Halal Kerukunan Keluarga Soppeng

Nantinya Dermaga ini akan melayani tidak hanya kapal kapal kecil antar pulau pulau disekitar Makassar, melainkan juga kapal jenis roro yang akan melayani pelayaran antar provinsi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video19 April 2024 23:42
VIDEO: Bocah Nangis saat Pemain Timnas U-23 Hadapi Pinalti Australia
SULSELSATU.com – Seorang bocah nangis tersedu saat Kiper Timnas U-23 Ernando Ari Sutaryadi menghadapi tendangan pinalti. Saat pertandingan mengh...
Pendidikan19 April 2024 21:59
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 Bagi Mahasiswa di Empat Provinsi Ini
LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantuan beasiswa pendidikan dan kepemimpinan kepada mahasiswa. ...
Video19 April 2024 21:51
VIDEO: 10 Korban Tanah Longsor di Tana Toraja Dimakamkan dalam Satu Lubang
SULSELSATU.com – 10 korban tanah longsor di Makale, Tana Toraja dimakamkan, Jumat (19/4/2024). Jenazah korban dimakamkan dalam satu lubang di Ko...
Politik19 April 2024 21:03
Yusran Lalogau Calon Tunggal NasDem di Pilkada Pangkep
ULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulsel mengusung Muhammad Yusran Lalogau (MYL) sebagai calon tunggal mengha...