Logo Sulselsatu

Deteksi Covid, Pemkot Makassar Bimtek Tenaga Layanan GeNose C19

Asrul
Asrul

Selasa, 29 Juni 2021 15:17

Deteksi Covid, Pemkot Makassar Bimtek Tenaga Layanan GeNose C19

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Layanan GeNose C19 akan dilakukan oleh pemerintah kota Makassar pada tingkat kelurahan. Itu dilakukam untuk screening Covid-19 kepada warga.

Bimbingan Teknis dan Serah Terima Alat GeNose C19 di Lingkungan Pemerintah Kota Makassar, telah dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar, Andi Hadijah Iriani R, di Hotel Port Point By Sheraton, Senin (28/6/2021).

Plt Kadis Kesehatan Makassar, dr Andi Hadijah Iriani mengatakan
mereka yang yang diberi bimtek pemgunaan alat GeNose C19 ini adalah tim satgas Detektor “Makassar Recover” yang bertugas di Kelurahan. Makassar yang memiliki 153 kelurahan diberi alat GeNose C19 satu unit perkelurahan.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Kategori Layak Anak Tingkat Madya Dari Kemen PPPA RI

“Setiap alat GeNose C19 disiapkan dua orang SDM, satu dari kelurahan satu dari Puskesmas. Jadi jumlah yang dilibatkan sebanyak 306 di 153 kelurahan,” kata Andi Hadijah Iriani.

Sponsored by MGID

Untuk memantapkan pengunaan alat GeNose C19, Dinas Kesehatan Kota Makassar akan kembali melakukan bimbingan teknis satu kali lagi.

“Saya lihat mereka cepat paham pengunaan alat ini dan sudah tahu cara pengambilan napas dalam kantong. Tapi agar agar lebih mantap lagi, kami akan lakukan bintek satu kali lagi,” ucap Andi Hadijah Iriani.

Baca Juga : Mulai Hari Ini, Perum Bulog Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Makassar

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 Pemerintah Kota Makassar akan melakukan screening massal di setiap kelurahan yang akan dimulai pada tanggal satu 1 juni nanti. Menurut dr Andi Hadijah Iriani alat GeNose C19 hanya melakukan screening, ini merupakan tindakan awal yang dilakukan di kelurahan.

Tindakan ini menentukan langkah selanjutnya, apakah pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit atau hanya di rumah. tapi untuk memastikannya mendeteksi virus covidnya dilakukan tes PCR.

“Alat GeNose C19 hanya melakukan screening awal. Tindakan selanjutnya untuk memastikan Covid kembali dilakukan tes PCR,” jelas Andi Hadijah Iriani.

Baca Juga : Jelang Peluncuran Isman Apung, Pemkot Makassar Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Kapal

Lalu bagaimana dengan kesiapan Pemerintan Kota Makassar jika screening massa dilakukan, karena temuan tracking yang terjangkit Covid akan meningkat.

“Kita sudah siap semuanya, mulai dari peralatan tenaga medis dan ruang isolasi di rumah sakit dan beberapa tempat kami sudah persiapkan,” ujar Andi Hadijah Iriani.

Ia berharap masyarakat Kota Makassar turut berpartisipasi mengecah penyebaran covid ini dengan mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Jelang Peluncuran Isman Apung, Pemkot Makassar Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Kapal

“Tentunya ini perlu dukungan dan partisipasi semua pihak mengecah penyebaran covid ini dengan mematuhi protokol kesehatan. Ini yang sangat penting,” harapnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video03 Agustus 2021 23:40
VIDEO: Viral, Pengantin Dapat Kado Alat Kontrasepsi dan Tisu Magic dari Tamu Undangan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan pasangan pengantin mendapatkan kado spesial dari teman-temannya. Dalam video terlihat sejumlah pria...
OPD03 Agustus 2021 22:14
Wakil Ketua DPRD Sulsel Sebut PPKM Tak Efektif Tekan Penyebaran Covid-19
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) baik level 3 maupun 4 dianggap tak efektif menekan penyebaran Covi...
Video03 Agustus 2021 21:20
VIDEO: Liang Lahat Kuburan Mengeluarkan Api, Penggali Kubur Tak Berani Mendekat
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan liang lahat yang mengeluarkan api usai digali oleh penggali kubur. Dalam video terlihat liang lahat...
Sponsored by MGID
Kesehatan03 Agustus 2021 20:15
Warga Apresiasi Unhas Gelar Vaksinasi Bagi Masyarakat Umum
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selama dua hari Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan vaksinasi Covid-19 bertempat di GOR JK Arenatorium, Kampu...