Logo Sulselsatu

PLN Komitmen Tingkatkan Produktivitas Petani Bawang di Enrekang

Asrul
Asrul

Rabu, 07 Juli 2021 13:26

PLN Komitmen Tingkatkan Produktivitas Petani Bawang di Enrekang

SULSELSATU.com, ENREKANG – PLN terus mendukung program Electrifying Agriculture, salah satunya dengan melakukan penandatanganan MoU “PETIK BM” dalam rangka pengembangan pertanian modern yang ramah lingkungan dengan Bupati Enrekang melalui Dinas Pertanian.

“PETIK BM” merupakan Pemanfaatan Listrik Untuk Budidaya Bawang Merah guna mendorong peningkatan produktivitas petani di Enrekang.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Bupati Enrekang, Muslimin Bando dan Manager PLN UP3 Pinrang, Mulke Tumanken di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang.

Baca Juga : Tebar Keberkahan, PLN Sembelih 57 Hewan Kurban di Sulselrabar

Bupati Enrekang, Muslimin Bando mengucapkan terima kasih kepada PLN atas dukungannya kepada petani di Kabupaten Enrekang, khususnya dalam mewujudkan pertanian yang ramah lingkungan.

Sponsored by MGID

“Ini menjadi salah satu langkah maju untuk mengembangkan sistem pertanian yang lebih modern,” ujar Muslimin Bando, Rabu (7/7/2021).

Ia menjelaskan salah satu kendala petani bawang di Enrekang yakni lahan pertanian tidak memiliki jaringan listrik yang memadai untuk menghasilkan air serta mengusir hama, sehingga dengan adanya kerjasama ini dapat mensuplai listrik yang baik dari PLN sekaligus meminimalisir biaya produksi petani.

Baca Juga : Sambut HUT RI ke-76, PLN Luncurkan Layanan Super Merdeka Listrik

“Suplai listrik dari PLN yang baik, nantinya dapat menyalakan lampu-lampu pengusir hama bagi petani dan dengan adanya lampu pengusir hama bisa menekan biaya produksi hingga 30-40 persen bagi petani,” ujar Muslimin Bando.

Sebanyak 12 Kecamatan di Enrekang sudah menggunakan listrik PLN, dan yang paling besar menggunakan adalah kecamatan Anggeraja, Baraka dan Alla’.

Sementara Manager PLN UP3 Pinrang, Mulke Tumanken mengatakan dengan ditandatangani MoU ini, PLN optimis dapat menyuplai listrik yang memadai sehingga bisa meningkatkan produktivitas bagi petani bawang

Baca Juga : Kawasan Listrik Premium Pertama di Sulawesi Kini Ada di Makassar

“PLN berharap para petani tidak hanya menggunakan listrik untuk pencahayaaan saja, tetapi juga memanfaatkannya untuk menghidupkan pompa air untuk irigasi sehingga petani tidak menggunakan genset yang dapat mencemari lingkungan,” ujar Mulke Tumanken.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video24 Juli 2021 23:23
VIDEO: Viral, Perempuan di Madura Gotong Keranda Jenazah ke Kuburan
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan perempuan paruh baya menggontong keranda jenazah viral di media sosial. Video tersebut terjadi di s...
Video24 Juli 2021 21:28
VIDEO: Pria Terpapar Covid-19 di Sumatera Utara Malah Dianiaya Warga
SULSELSATU.com – Seorang pria yang diduga terpapar Covid-19 dianiaya oleh sejumlah warga viral di media sosial. Video tersebut terjadi di Desa S...
Makassar24 Juli 2021 19:47
Plt Gubernur Sulsel Ucapkan Belasungkawa Meninggalnya Taufik Fachruddin
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Komisaris...
Sponsored by MGID
Video24 Juli 2021 19:43
VIDEO: Satpol PP Makassar Bongkar Tembok Pembatas Jalan Masuk Rumah Tahfidz
SULSELSATU.com – Tembok pembatas akses jalan ke rumah tahfidz akhirnya dibongkar oleh petugas Satpol PP Kota Makassar pada Sabtu (24/7/2021) . S...