Logo Sulselsatu

PLN Komitmen Tingkatkan Produktivitas Petani Bawang di Enrekang

Asrul
Asrul

Rabu, 07 Juli 2021 13:26

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, ENREKANGPLN terus mendukung program Electrifying Agriculture, salah satunya dengan melakukan penandatanganan MoU “PETIK BM” dalam rangka pengembangan pertanian modern yang ramah lingkungan dengan Bupati Enrekang melalui Dinas Pertanian.

“PETIK BM” merupakan Pemanfaatan Listrik Untuk Budidaya Bawang Merah guna mendorong peningkatan produktivitas petani di Enrekang.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Bupati Enrekang, Muslimin Bando dan Manager PLN UP3 Pinrang, Mulke Tumanken di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang.

Baca Juga : Rumah BUMN Muna Dorong Pemberdayaan Perempuan Lewat Pelatihan Pengembangan UMKM

Bupati Enrekang, Muslimin Bando mengucapkan terima kasih kepada PLN atas dukungannya kepada petani di Kabupaten Enrekang, khususnya dalam mewujudkan pertanian yang ramah lingkungan.

“Ini menjadi salah satu langkah maju untuk mengembangkan sistem pertanian yang lebih modern,” ujar Muslimin Bando, Rabu (7/7/2021).

Ia menjelaskan salah satu kendala petani bawang di Enrekang yakni lahan pertanian tidak memiliki jaringan listrik yang memadai untuk menghasilkan air serta mengusir hama, sehingga dengan adanya kerjasama ini dapat mensuplai listrik yang baik dari PLN sekaligus meminimalisir biaya produksi petani.

Baca Juga : Viral Beredar Video GBH Mati Lampu, PLN: Terjadi Gangguan Tapi Berhasil Ditangani

“Suplai listrik dari PLN yang baik, nantinya dapat menyalakan lampu-lampu pengusir hama bagi petani dan dengan adanya lampu pengusir hama bisa menekan biaya produksi hingga 30-40 persen bagi petani,” ujar Muslimin Bando.

Sebanyak 12 Kecamatan di Enrekang sudah menggunakan listrik PLN, dan yang paling besar menggunakan adalah kecamatan Anggeraja, Baraka dan Alla’.

Sementara Manager PLN UP3 Pinrang, Mulke Tumanken mengatakan dengan ditandatangani MoU ini, PLN optimis dapat menyuplai listrik yang memadai sehingga bisa meningkatkan produktivitas bagi petani bawang

Baca Juga : Merasa Dirugikan, Aliansi Buruh dan Mahasiswa Menggelar Demo di Kantor PLN UID Sulselrabar

PLN berharap para petani tidak hanya menggunakan listrik untuk pencahayaaan saja, tetapi juga memanfaatkannya untuk menghidupkan pompa air untuk irigasi sehingga petani tidak menggunakan genset yang dapat mencemari lingkungan,” ujar Mulke Tumanken.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...