Logo Sulselsatu

Plt Gubernur Sulsel Lanjutkan Pembangunan Ruas Jalan Penghubung Lutim-Sulteng

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 09 Juli 2021 11:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, LUTIM – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, terus mendorong pembangunan infrastruktur akses jalan.

Salah satunya pada pembangunan ruas jalan Ussu – Nuha – Beteleme di Kabupaten Luwu Timur. Jalan ini berbatasan langsung dengan Morowali Utara, di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ruas jalan ini menjadi salah satu prioritas Pemprov Sulsel. Mengingat jalan ini merupakan penghubung utama kawasan Luwu Timur dengan Provinsi Sulteng (Morowali Utara). Jalan ini pula menyusuri seperempat jalan keliling Danau Matano.

Baca Juga : Pembangunan Stadion Barombong Tertunda, Wali Kota Danny Sebut Pemprov Fokus Stadion Mattoangin

Sebelum pengerjaan, kondisi jalan ini hanya berupa jalan tanah. Dan beberapa segmen terdapat kubangan menyulitkan bagi pengendara, terlebih dalam kondisi hujan. Jalan ini termasuk LHR (Lalu Lintas Harian Rata Rata) kategori tinggi karena menjadi akses utama berbatasan Provinsi Sulteng.

Upaya Pemprov Sulsel dalam pembangunan ruas jalan ini sudah dilakukan sejak tahun 2018. Pembangunan bertahap dilakukan Pemprov Sulsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

Kata Andi Sudirman Sulaiman, untuk tahun 2021 ini, Pemprov Sulsel melakukan pembangunan dengan pengaspalan ruas jalan Ussu – Nuha – Beteleme sepanjang 7,8 Km dengan lebar 7 miliar. Nilainya sekitar Rp 43 miliar.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Tolak Serahkan Stadion Barombong Dikelola Pemkot

“Alhamdulillah, tahun ini kembali dilanjutkan pembangunan ruas jalan Ussu – Nuha – Beteleme. Ruas jalan yang menghubungkan Malili (Luwu Timur) dengan Morowali Utara di Provinsi Sulawesi Tengah itu sedang progres,” kata Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jum’at (9/7/2021).

Ia berharap, dengan pengerjaan jalan ini, nantinya berdampak pada pergerakan barang dan jasa sehingga memacu pertumbuhan ekonomi. Serta mempercepat akses distribusi barang dan jasa.

“Jalan ini membuka akses transportasi darat yang ada di sekitar Danau Matano untuk memasarkan hasil pertaniannya ke Malili atau ke Provinsi Sulawesi Tengah. Apalagi di Luwu Timur banyak komoditi unggulan hasil pertanian, seperti vanili, merica dan kelapa sawit,” ungkapnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan28 Maret 2024 19:47
Kunker dan Safari Ramadan di Bone, Rektor UNM Resmikan Aula Baru Kampus VI Watampone
SULSELSATU.com, BONE – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kampus VI UNM Watampone ...
Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...