Logo Sulselsatu

DPRD Makassar Dukung Langkah Pemkot Tambah RTH

Asrul
Asrul

Rabu, 14 Juli 2021 17:50

Abdi Asmara.
Abdi Asmara.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi C DPRD Makassar memberi dukungan penug atas rencana Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menambah sekaligus membangun 34 taman tematik.

Sebab, luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) masih kecil, yakni 7,48 persen dari total luasan Kota Makassar yaitu 199,3 m².

Ketua Komisi C DPRD Makassar Abdi Asmara mengatakan, DLH harus merangkul pihak ketiga untuk menghemat anggaran, disamping menggunakan APBD yang mencapai 4 miliar.

Baca Juga : Deretan Petahana DPRD Makassar Terancam Tumbang di Pileg 2024

“Penganggaran sekarang ada dua macam, khususnya dengan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dalam hal perencanaan wilayah kota menggunakan APBD, ada juga non APBD itulah dana Corporate Social Responsibilty (CSR),” kata Abdi.

Di sisi lain, kata legislator Demokrat ini mengingatkan agar perusahaan yang nantinya memberikan anggaran dana CSR, dalam perencanaannya harus memberikan profit bagi wilayahnya.

Sebab, hal tersebut juga menjadi tanggung jawab perusahaan itu sendiri.

Baca Juga : VIDEO: Suara Caleg PPP Makassar Diduga Dicuri

“Masing-masing petakan, contoh di wilayah Tamanlarea kawasan industri di beberapa wilayah, misalnya memberikan bantuan di sana tentunya difokuskan di wilayah industri taman-taman itu. Supaya tidak terjadi ketimpangan agar bisa tercapai,” tuturnya.

Selain itu, Abdi menambahkan penambahan 34 taman tematik masuk dalam RPJMD Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Sisa, kata Sekretaris DPC Demokrat Makassar itu Pemerintah Kota menginventaris lahan apa saja yang dibuat menjadi taman tematik.

Baca Juga : Profil Fahrizal Arrahman Husain, Caleg PKB Makassar Potensi Peraih Suara Terbanyak di Parlemen

“Supaya sasaran tepat tentunya harus dibagi dalam 15 kecamatan ini dititik mana yang ditempatkan itu, sehingga ada manfaatnya. Saya kira kita (Komisi C) sangat setuju Pemkot merencanakan dengan hal seperti itu karena RTH kita sangat kurang,” tandasnya

Senada, Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar lainnya, Andi Suharmika mengatakan langkah penambahan RTH di Kota Makassar dianggap sudah tepat.

“Untuk itu kita di komisi C pasti mensupport terkait dalam hal anggaran karena hal ini suatu inovasi yang butuh didukung untuk memenuhi kouta 30 persen sesuai dengan amanat undang-undang yang berlaku,” kata legislator Golkar itu.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...
Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...