Logo Sulselsatu

Tips Agar Tidak Takut Jarum Suntik Vaksin COVID-19

Andi
Andi

Jumat, 27 Agustus 2021 17:54

Tips Agar Tidak Takut Jarum Suntik Vaksin COVID-19
Tips Agar Tidak Takut Jarum Suntik Vaksin COVID-19

SULSELSATU.com – Vaksinasi COVID-19 memberikan beberapa manfaat diantaranya mencegah terkena atau mengalami gejala COVID-19 dan melindungi orang lain. Vaksinasi yang tinggi di suatu wilayah akan membentuk kekebalan kelompok.

Tak jarang sebagian masyarakat takut bahkan menjadi fobia atau dikenal dengan sebutan Trypanophobia terhadap jarum suntik.

Berikut ini kami rangkum beberapa tips untuk mengatasi ketakutan terhadap jarum suntik.

1.Jangan Terlalu Dipikirkan

Ketakutan semakin menjadi-jadi apabila kita sering memikirkannya. Berusaha untuk tidak ketakutan yang berlebihan. Ketakutan akan berlebihan terhadap jarum suntik akan mempengaruhi kesehatan mental.

2. Jangan Perhatikan Jarum Suntik

Sponsored by MGID

Cara mengatasi ketakutan akan jarum suntik adalah untuk tidak melihat saat proses penyuntikan vaksinasi COVID-19. Hal tersebut dilakukan agar ketakutan tidak membesar.

3. Beri tahu perawat

Memberi tahu kepada perawat yang akan menyuntikan vaksin termasuk cara mengatasi rasa takut yang besar.Hal ini dilakukan agar perawat memberikan motivasi atau dorongan agar ketakutan terhadap jarum suntik berkurang.

4. Alihkan Fokus Ke Tempat Lain

Cara selanjutnya adalah dengan mengalihkan perhatian ke tempat lain, agar ketakutan saat perawat/dokter menyuntikan vaksin akan berkurang. Hal ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang mengalami ketakutan besar.

5. Ketahui Manfaat Vaksin COVID-19

Mengetahui manfaat vaksin COVID-19 yang berdampak baik terhadap kesehatanmu dimasa depan memberikan dorongan untuk tidak takut terhadap jarum Suntik.

Penulis : Nur Waidah
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...
Makassar16 September 2021 20:49
AUHM Rampungkan Vaksinasi Pekerja THM, Berharap Segera Beroperasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM) tengah merampungkan vaksinasi untuk seluruh pekerja usaha hiburan. Kegiatan it...
Sponsored by MGID
Video16 September 2021 20:37
VIDEO: Puluhan Rumah di Jambi Rusak Akibat Hujan Es
SULSELSATU.com – Masyarakat Desa Pulau Tengah, Merangin, Jambi dihebohkan dengan kemunculan fenomena langka hujan es. Kejadian itu terjadi pada ...