Logo Sulselsatu

Puluhan Pelajar di SMK Negeri 10 Jeneponto Ikut Vaksinasi Covid-19

Dedy
Dedy

Sabtu, 04 September 2021 16:10

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Jeneponto – Petugas Nakes Puskesmas Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menggelar vaksinasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Jeneponto

Vaksinasi berlangsung, sekira pukul 11.30 wita, Sabtu (04/09/2021). Para siswa-siswi berbondong-bondong datang sembari mengenakan seragam sekolah.

Mereka datang ke sekolah tidak untuk belajar, melaingkan untuk berpartisipasi dalam vaksinasi.

Satu persatu nama siswi dipanggil ke meja I untuk dilakukan skrining oleh dokter sebelum penyuntikan. Raut wajah mereka tampak bahagia.

Kepala Puskesmas Tolo, Julianti Irham mengatakan vaksinasi dosis pertama ini diperuntukan bagi siswi berusia 16-17 tahun.

“Kalau ini sesuai edaran pemerintah tanggal 1 Juli 2021, itu untuk usia 12 sampai 17 tahun itu sudah bisa divaksin. Jadi kita turun lagi mengsosialisakan edaran baru,” jelasnya.

Ia menyebut vaksinasi ini dilakukan atas permintaan dari pihak sekolah. Vaksin yang dipakai masih jenis Sinovac.

“Tadi ada kegiatan sosialisasi sekaligus vaksinasi. Karena sudah ada beberapa orang yang sudah mendapat izin dari orang tua siswa,” ungkapnya.

Dia bilang, ada sekitar 32 siswa yang mendapatkan suntikan vaksin. Hal ini tak lepas dari persetujuan orang tua siswa.

“Tadi sudah dilaksanakan 32 siswa sudah diberikan vaksinasi,” jelasnya.

Lanjut kata Julianto, ada 20 vial vaksin yang telah disiapkan oleh pihak puskesmas. Target vaksinasi kali ini sebanyak 200 siswa.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) SMK 10 Kelara, Yocang Malombasi mengaku vaksinasi terhadap siswa ini sebagai salah satu persyaratan dalam menerapkan proses pembelajaran tatap muka atau PTM.

“Tujuannya sebagaimana yang telah disampaikan kepada pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini. Siswa dan guru harus diberikan vaksin,” terangnya.

Kata dia, pihak sekolah berharap agar seluruh siswa yang berjumlah 223 itu dapat berpartisipasi. Supaya proses belajar tatap muka bisa segera dilaksanakan.

“Saya tergetkan seluruh siswa 223 tetapi berdasarkan hasil rapat orang tua, pada tanggal 30 Agustus kemarin, orang tua siswa yang menginginkan vaksin itu sebanyak 21 orang. Tetapi sejalan berjalannya waktu, tadi ada penambahan sehingga total yang di vaksin ini 32 siswa,” terangnya.

Meski demikian, terdapat beragam alasan orang tua siswa tak mengizinkan anaknya untuk di vaksin. Salah satunya adalah, adanya isu berkembang jika ketika orang yang sudah di vaksin, 4 tahun kedepan orang tersebut akan meninggal. Hal inilah yang membuat pihaknya merasa kesulitan untuk meyakinkan bahwa vaksin ini aman.

“Ada berbagai macam alasan, tetapi pada umumnya itu alasanya karena termakan hoax. Seperti banyak yang beredar bahwa, ada orang mati karena di vaksin. Sehingga ada beberapa orang tua menuliskan dalam keterangnya itu, dia takut vaksin. Bahkan ada juga yang lebih sadisnya itu, saya tidak mau membunuh anak ku,” cetusnya.

Untuk menyesiati informasi bohong tersebut, dirinya memanfaatkan media sosial Whatsapp. Dimana, manfaat vaksinasi itu disebar ke kontak para siswa. Nanti, siswa akan meneruskannya grup mereka masing-masing.

“Langkah yang kami lakukan itu, menggunakan media sosial. Pertama, kita share-share ke siswa melalui aplikasi whatsapp mengenai pentingnya vaksinasi di masa pandemi ini,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel29 Maret 2024 18:18
Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan PT Vale
Dukungan PT Vale Indonesia untuk gerakan penghijauan yang digalakkan Pemerintah Provinsi Sulsel terus berlanjut. Terbaru ini melakukan sedekah bibit p...
Otomotif29 Maret 2024 17:51
Bengkel dan Showroom Kalla Toyota Tetap Buka Saat Hari Libur
Bengkel resmi dan showroom Kalla Toyota tetap buka di hari libur Peringatan Wahat Isa Almasih yang jatuh pada 29 Maret 2024 mendatang. Di hari libur t...
Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...