Logo Sulselsatu

Prodi Bisnis Digital Gelar Pengabdian Masyarakat: Literasi Digital Edukasi Saham untuk Generasi Muda

Andi
Andi

Sabtu, 18 September 2021 14:31

Program Studi Bisnis Digital laksanakan pengabdian masyarakat. Ist
Program Studi Bisnis Digital laksanakan pengabdian masyarakat. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Program Studi Bisnis Digital laksanakan pengabdian masyarakat di Fakultas ekonomi dan bisnis UNM pada Makassar, 18 September 2021.

Pelatihan ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama antara dosen program studi ekonomi pembangunan Universitas Negeri Makassar sebagai pelaksana dan mitra komunitas panen saham.

Sasaran pengabdian ini adalah praksis saham, anggota baru dan calon anggota komunitas saham. Anggota komunitas saham ini terdiri dari mahasiswa ataupun alumni yang tertarik pada aktivitas jual beli saham.

Baca Juga : Pertunjukan Teater Tari Musik, Sastra Sangiang Serri dan Meongpalo Karellae

Sponsored by MGID

Berikut ini beberapa tahapan pelaksanaan pengabdian :

Pertama, Melaksanakan sharing Session dengan para peserta untuk mengetahui pengetahuan tentang saham, analisa fundamental, orientasi jual beli saham dan metode manajemen keuangan yang dipahami oleh Pemula komunitas panen saham.

Baca Juga : UNM Bersama Gemma Nine Dorong Lembaga Halal Segera Hadir di Sulsel

Kedua, Memberikan materi dasar dasar saham. Antara lain Pengenalan saham dan pemanfaatan website. Pada materi tersebut di bahas beberapa topik antara lain yaitu daftar perusahaan yang baik untuk berinvestasi, mengapa harus ber investasi, manfaat investasi , pasar Modal dan lain lain.

Ketiga, cara menganalisa fundamental saham dalam bentuk metode ceramah dan diskusi. Dengan materi ini suku bunga, nilai tukar, inflasi atau yang biasa disebut dengan indikator ekonomi Makro. Selain itu, perkembangan perbankan, pertambangan perkebunan, infrastruktur, property, financial performance seperti moneter dan perubahan kondisi politik.

Keempat, perubahan mindset dalam bisnis saham. Bisnis saham sama dengan bisnis yang lainnya akan dihadapkan dua kemungkinan yaitu untung dan rugi. kesiapan mental menghadapi keduanya harus dimiliki. Materi ini akan memberikan pengetahan cara menghadapi dua kemungkinan tersebut.

Baca Juga : Penelitian Mahasiswa Matematika UNM Temukan Efektivitas Vaksinasi Tekan Laju Covid-19

Kelima, cara mengelola keuangan yang baik hingga bisa mengelolah keuangannya berorientasi investasi.
Pengabdian ini merupakan kewajiban setiap dosen untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 berakhir pukul 13.00 Wita.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...