Logo Sulselsatu

Rektor UNM Terima SK Lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi dari BNSP

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 21 September 2021 14:21

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menyerahkan secara resmi Surat Keputusan (SK) Lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Univeristas Negeri Makassar (UNM). di Ruang Rapat Lantai 14 Gedung Menara Pinisi. Selasa (21/9/2021)

SK tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BNSP Kunjung Masehat, dan diterima langsung oleh Rektor UNM Prof Husain syam. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pembukaan uji kompetensi LSP UNM untuk kali pertama.

Dengan penyerahan ini, maka UNM dinyatakan resmi memiliki kewenangan untuk melakukan sertifikasi kompetensi dan sekaligus menerbitkan sertifikat kompetensi bagi para mahasiswanya.

Baca Juga : Menpora Zainudin Amali Tunjuk UNM Jadi Center DBON Kawasan Timur, Prof Husain: UNM Siap Sukseskan

Ketua LSP UNM, Hasanah dalam sambutannya melaporkan setelah melakukan persiapan yang cukup lama sebanyak 12 skema yang telah tersertifikasi dan pada hari ini pula melaksanakan uji kompetensi pada 12 sekema dengan jumal peserta yang ikut sebanyak 45 mahasiswa.

“Sejak agustus kami sudah dapatkan lisensi setelah 3 tahun kami persiapkan segala dokumen, verifikasi berkas dan persyaratan lainnya, dan pada hari ini juga kami adakan ujian kompetensi pada 12 skema,” ungkapnya.

Ketua BNSP Kunjung Masehat mengatakan pemberian SK lisensi kepada UNM ini melalui proses yang cukup panjang, mulai dari melihat panduan mutu, mekanisme pembuatan sertifikasi sendiri, hingga proses lembaga independen ini melakukan sertifikasi di UNM.

Baca Juga : Terima Kunjungan Dubes Kroasia, Rektor UNM Buka Peluang Kerjasama dengan Kroasia

Ia juga mengatakan dalam waktu dekat ini pemerintah akan mengeluarkan Perpres terkait fungsi pendidikan, pelatihan dan sertifikasi. Sehingga akan jelas bagaimana fungsi dari sertifikasi.

“Dalam waktu dekat akan ada Perpres baru yang membahas fungsi pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi. Nanti akan semakin jelas bagaimana fungsi sertifikasi, semua perguruan tinggi baik itu vokasi maupun non vokasi mendirikan LSP yang akan memberikan sertifikat kepada mahasiswa kita sesuai dengan bidangnya,” jelasnya.

Senada dengan ketua BNSP, Rektor UNM Prof. Husain Syam mengatakan, hal ini menjadi bukti ketika para mahasiswa masuk ke dunia kerja. Mereka tidak hanya mengandalkan pada ijazah saja, ada bukti kompetensi yang jelas dengan sertifikat yang akan dibawa ke dunia kerja itu.

Baca Juga : Prof Jufri Digeser ke Disbudpar, Rektor UNM Surati Plt Gubernur Sulsel

“Sertifikasi kompetensi ini memastikan bahwa lulusan UNM punya sertifikat kompetensi di bidangnya, sehingga bisa berkompetensi menjadi jaminan memaknai kompetensi di dunia kerja,” ungkapnya.

Ia mengaku akan selalu mendorong bagi Fakultas dan jurusan lain sehingga mampu menyusun dan mempersiapkan diri mengajukan skemanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...