Logo Sulselsatu

UNM Bersama Gemma Nine Dorong Lembaga Halal Segera Hadir di Sulsel

Asrul
Asrul

Kamis, 14 Oktober 2021 13:38

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Empat instansi, yakni Gemma 9, UNM, PT Pelitagriya Asrimuda, dan Penta Manunggal mendorong agar lembaga pemeriksa halal dihadirkan di Sulsel. Sehingga, produk atau jasa yang ditawarkan lebih terjamin.

Lembaga itu juga perlu hadir lantaran keempatnya bakal membangun kawasan ekonomi syariah. Lokasinya tersebar di sejumlah wilayah di Sulsel dan Sulbar. Salah satunya di Kecamatan Parangloe, Gowa.

Dijelaskan Ketua Yayasan Gemma 9, Cakra Achmad, kawasan ekonomi syariah dibangun atas inisiasi pusat. Tak lain dari Presiden, Jokowi melalui Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Baca Juga : Lala Vitaloka Harumkan Nama Soppeng Pada Ajang Pemilihan Icon Muslim dan Muslimah GTC Makassar 2024

“Kita merajuk pada peraturan presiden, dan sudah selesai. Kita berjuang dan punya kawasan ekonomi untuk strategi nasional,” ujar Cakra, Kamis (14/10/2021).

Sementara pembangunannya, kata dia, mesti dibarengi dengan kehadiran lembaga pemeriksa halal. Sebab, merupakan pilar dari kawasan ekonomi syariah. Juga memberikan jaminan produk atau jasa bersertifikat halal.

“Jadi ini penting. Makanya kita harus hadirkan. Karena sejauh ini di Makassar pun tidak ada lembaga seperti ini,” sambung Cakra.

Baca Juga : Rektor UNM Prof Husain Syam Lantik 64 Pejabat Baru Lingkup UNM

Cakra memastikan baik lembaga pemeriksa halal maupun kawasan ekonomi syariah akan segera dibangun. Bahkan, perencaannya pun sudah sejak 2018 rampung.

“Dari segi regulasi pun sudah berjalan, targetnya di triwulan ketiga tahun 2022 itu Kepresnya sudah jadi. Makanya kita gelar dulu Public Expose sebagai bentuk FS dan nanti ada umpan balik agar dokumen Kepres ini jadi usulan,” tutupnya.

Demikian juga yang disampaikan Mitra Gemma 9, Rusdi Idrus. Ia menyampaikan bahwa label halal juga berdampak pada penjualan produk atau pelayanan jasa. Khususnya yang dihadirkan oleh UMKM.

Baca Juga : Tim MyCoco.id Prodi Bisnis Digital UNM Sukses Raih Prestasi di Ajang Internasional

Apalagi, ungkap Ketua GP Ansor Sulsel ini, UMKM direcanakan ambil bagian dalam kawasan tersebut. Sehingga, label halal menjadi syarat yang penting.

“Apalagi kan pemerintah punya khusus program bagi UMKM. Di mana berupaya menggejot penjualan,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...