Logo Sulselsatu

Gelar Kampanye Germas, Bupati Lutra: Upaya Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

Andi
Andi

Jumat, 15 Oktober 2021 17:07

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat Menghadiri Germas di Lapangan Taman Siswa
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat Menghadiri Germas di Lapangan Taman Siswa

SULSELSATU.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara menggelar Penggerakan Masyarakat dalam rangka Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Taman Siswa, Masamba pada Jumat (15/10/2021).

Kampanye Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) tanggal 15 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menegaskan, kegiatan kampanye Germas jangan hanya dijadikan sekadar kegiatan seremonial belaka. Salah satu yang disebutkan dalam kampanye Germas adalah cuci tangan pakai sabun. Itu juga menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca Juga : Bupati dan Ketua TP PKK Barru Gelorakan Germas Sehat Lewat Jalan Santai

“Jadi, jangan terjebak dalam kegiatan seremonial. Jadikan momentum ini untuk mengevaluasi upaya-upaya yang telah kita lajukan selama ini dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Indah menyebut pola hidup sehat seharusnya sudah menjadi kesadaran dalam masyarakat itu sendiri. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 pola hidup sehat menjadi benteng dari virus COVID-19.

“Kalau sudah menjadi kebiasaan masyarakat, seharusnya tidak usah lagi mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan seperti ini karena hidup sehat sudah menjadi kesadaran masyarakat itu sendiri,” kata dia.

Baca Juga : Gelar Kampanye Germas, Walikota Palopo Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Bupati Perempuan di Sulawesi Selatan menyebut selain kampanye Germas, pemerintah juga mengkampanyekan gerakan masyarakat makan buah dan sayur yang disingkat (Gemarikan).

“Nah inilah yang mesti kita evaluasi secara terus menerus. Selain Germas, pemerintah juga sudah me-launching Gerakan Masyarakat Gemar Ikan atau Gemarikan, gerakan makan buah dan sayur, serta pangan sehat,” jelas Indah.

“Namanya gerakan, ya harus masif kita lakukan,” tegas dia.

Baca Juga : Diskes Sinjai Gelar Workshop Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Bupati Luwu Utara meminta masyarakat menjadi subjek dalam setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Yang seharusnya kita lakukan adalah menjadikan masyarakat itu sebagai subjek atau pelibatan pada program agar masyarakat juga ikut memiliki rasa tanggung jawab pada setiap program yang kita laksanakan,” jelasnya.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Warda
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...