Logo Sulselsatu

Gelar Kampanye Germas, Bupati Lutra: Upaya Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

Andi
Andi

Jumat, 15 Oktober 2021 17:07

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat Menghadiri Germas di Lapangan Taman Siswa
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat Menghadiri Germas di Lapangan Taman Siswa

SULSELSATU.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara menggelar Penggerakan Masyarakat dalam rangka Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Taman Siswa, Masamba pada Jumat (15/10/2021).

Kampanye Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) tanggal 15 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menegaskan, kegiatan kampanye Germas jangan hanya dijadikan sekadar kegiatan seremonial belaka. Salah satu yang disebutkan dalam kampanye Germas adalah cuci tangan pakai sabun. Itu juga menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca Juga : Gelar Kampanye Germas, Walikota Palopo Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

“Jadi, jangan terjebak dalam kegiatan seremonial. Jadikan momentum ini untuk mengevaluasi upaya-upaya yang telah kita lajukan selama ini dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Sponsored by MGID

Indah menyebut pola hidup sehat seharusnya sudah menjadi kesadaran dalam masyarakat itu sendiri. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 pola hidup sehat menjadi benteng dari virus COVID-19.

“Kalau sudah menjadi kebiasaan masyarakat, seharusnya tidak usah lagi mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan seperti ini karena hidup sehat sudah menjadi kesadaran masyarakat itu sendiri,” kata dia.

Baca Juga : Diskes Sinjai Gelar Workshop Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Bupati Perempuan di Sulawesi Selatan menyebut selain kampanye Germas, pemerintah juga mengkampanyekan gerakan masyarakat makan buah dan sayur yang disingkat (Gemarikan).

“Nah inilah yang mesti kita evaluasi secara terus menerus. Selain Germas, pemerintah juga sudah me-launching Gerakan Masyarakat Gemar Ikan atau Gemarikan, gerakan makan buah dan sayur, serta pangan sehat,” jelas Indah.

“Namanya gerakan, ya harus masif kita lakukan,” tegas dia.

Baca Juga : Aslam Patonangi Terima Kunjungan Tim Germas Kemenkes di Pinrang

Bupati Luwu Utara meminta masyarakat menjadi subjek dalam setiap program yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Yang seharusnya kita lakukan adalah menjadikan masyarakat itu sebagai subjek atau pelibatan pada program agar masyarakat juga ikut memiliki rasa tanggung jawab pada setiap program yang kita laksanakan,” jelasnya.

 

Penulis : Warda
Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

OPD06 Desember 2021 20:47
Rangga Janji Perjuangkan Aspirasi Warga Saat Reses Bisa Terealisasi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga kembali melakukan reses pada titik keempat di Kelurahan Pa’bundukang, Kecamat...
Berita Utama06 Desember 2021 20:13
Capaian Vaksinasi di Jeneponto Masih Rendah, Satgas Covid-19 Sulsel Turun Tangan
SULSELSATU.com, Jeneponto – Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel turun tangan langsung melakukan vaksinasi di Jeneponto. Kedatangan tim Satgas Co...
Breaking News06 Desember 2021 20:05
Varian Omicron Terus Menyebar, Pemerintah Tunda Pemberangkatan Umroh Sampai Tahun 2022
SULSELSATU.com, JAKARTA – Varian Omicron terus menyebar ke sejumpah negara. Melihat kondisj tersebut, Pemerintah memutuskan untuk menunda pember...
Sponsored by MGID
Ekonomi06 Desember 2021 19:46
BRI Tanggap Bencana Semeru, Kerahkan Mobil Evakuasi dan Bangun Posko Bantuan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Proses penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur masih terus berjala...