Logo Sulselsatu

Gowa Raih Tiga Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

Asrul
Asrul

Selasa, 19 Oktober 2021 16:05

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan 3 (tiga) piagam penghargaan kepada Kabupaten Gowa secara virtual. Ist
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan 3 (tiga) piagam penghargaan kepada Kabupaten Gowa secara virtual. Ist

SULSLESATU.com, GOWA – Sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dari Kabupaten Gowa terhadap pemeliharaan lingkungan khususnya pada Program Kampung Iklim (Proklim), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan 3 (tiga) piagam penghargaan kepada Kabupaten Gowa secara virtual.

Ketiga penghargaan itu yakni Piagam Pembinaan Proklim kepada Pemerintah Kabupaten Gowa tingkat kabupaten/kota di Indonesia, dan Sertifikat Proklim Utama kepada 2 (dua) dusun di Gowa yaitu Dusun Japing Desa Sunggumanai Kecamatan Patalassang, dan Dusun Lembayya Desa Rappolemba Kecamatan Tompobulu.

Atas capaian tersebut, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengaku sangat bersyukur. Menurutnya Pemkab Gowa selalu berkomitmen terhadap pemeliharaan lingkungan salah satunya mengeluarkan edaran dimana setiap kecamatan wajib memiliki minimal satu lokasi Program Kampung Iklim (Proklim).

Baca Juga : Pedagang Pasar Sungguminasa Ungkap Harga Cabai Rawit Sudah Turun

“Alhamdulillah tentu kita sangat bersyukur dan berterimakasih karena Pemkab Gowa berhasil menerima piagam penghargaan sebagai pemerintah kabupaten yang melakukan pembinaan Proklim dari 23 kabupaten di Indonesia,” ungkapnya usai menerima penghargaan secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Selasa (19/10).

Tak hanya itu ia juga berterimakasih kepada masyarakat khususnya di 2 (dua) dusun di Gowa yang menerima sertifikat Proklim utama ini, pasalnya berkat usaha, kebersamaan dan kerja keras masyarakat Dusun Japing Desa Sunggumanai Kecamatan Patalassang dan Dusun Lembayya Desa Rappolemba Kecamatan Tompobulu mampu mengharumkan nama Kabupaten Gowa di tingkat nasional.

“Semoga ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” harap Abd Rauf.

Baca Juga : VIDEO: Bikin Heboh, Fenomena Hujan Es di Pattallassang Gowa

Sementara Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Andi Hernawati mengatakan Proklim ini merupakan sebuah pengakuan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah maupun kepada masyarakat karena telah melakukan adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup.

“Kategori Proklim ini merupakan upaya yang dilakukan oleh masyarakat secara mandiri untuk melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap lingkungan hidup. Alhamdulillah selain masyarakat, Pemkab Gowa juga meraih penghargaan sebagai pembina Proklim dari KLHK ini,” jelasnya.

Dijelaskan Hernawati, adaptasi dan mitigasi lingkungan hidup yang dimaksud seperti penanganan masalah air, yaitu membuat pengairan di sawah, menanam pohon, kemudian memanfaatkan untuk kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...