Logo Sulselsatu

Ini Instruksi Bupati Gowa Hadapi Cuaca Ekstrem

Asrul
Asrul

Jumat, 05 November 2021 13:38

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka Musrenbang Anak yang digelar Bappeda Gowa, di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa, Kamis (11/2/2021).
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan membuka Musrenbang Anak yang digelar Bappeda Gowa, di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa, Kamis (11/2/2021).

SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menginstruksikan agar pohon yang berpotensi tumbang di seluruh wilayah segera dipangkas. Bahkan instruksi tersebut telah diperintahkan pada jauh-jauh hari.

Sekadar diketahui akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Gowa pada Kamis (4/11) lalu mengakibatkan belasan pohon tumbang di beberapa titik. Bahkan kondisi ini pun menyebabkan jendela kaca milik RSUD Syekh Yusuf pecah akibat diterpa angin kencang

Pada kondisi yang telah diprediksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa cuaca ekstrim akan terjadi di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Gowa mulai 1 hingga 7 November 2021 mendatang mengakibatkan 15 pohon tumbang.

Baca Juga : Gomax Community Kini Dipimpin Daeng Bani

“Dalam sehari pohon yang tumbang terjadi di 15 titik, belum termasuk yang berada di wilayah di luar Sungguminasa,” kata Bupati Adnan, Jumat (5/11/2021).

Sponsored by MGID

Menurutnya, cuaca ekstrem ini merupakan dampak dari Badai Lanina. Iapun telah meminta kepada seluruh jajaran SKPD untuk mengantisipasi kejadian ini sebelum dampak yang ditimbulkan semakin parah.

Bahkan dari jauh hari, Bupati Adnan sudah mengantisipasi agar tidak ada lagi pohon tumbang. Dengan cara menebang semua pohon yang berpotensi membahayakan masyarakat.

Baca Juga : Jelang Nataru 2022, Harga dan Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Gowa Terkendali

“Jadi yang memang sudah miring dan rawan untuk tumbang segera ditebang saja. Saya sudah instruksikan jauh-jauh hari makanya setiap hari lebih dari 10 pohon yang dirapikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dipangkas dan ditebang,” Kata Adnan.

Kedepan kata Adnan, dirinya merencanakan menggan seluruh pohon yang ada di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Gowa dari yang sebelumnya berjenis Trembesi menjadi jenis pohon yang memiliki akar kuat.

“Saya punya pemikiran ke depan, kita mau ganti semua Trembesi ini dengan pohon yang lebih kuat akarnya,” ujarnya.

Baca Juga : Kolaborasi TNI dan Polri, Bupati Gowa Yakin Vaksinasi Tercapai Akhir Desember

Ditemui di kesempatan berbeda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari Azis juga menyampaikan hal yang serupa.

Ia mengatakan sejak siang dirinya langsung mengarahkan anggotanya untuk turun ke lapangan melakukan penanganan terhadap beberapa pohon yang tumbang di sejumlah titik.

“Hujan lebat dan angin kencang mengakibatkan terjadinya beberapa pohon tumbang. Sementara yang tertangani sudah 10 titik. Bahkan sampai malam ini, tim masih bekerja menangani pohon tumbang di sekitar Gowa Lestari,” ungkapnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...