Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Optimis Tingkatkan Realisasi APBD

Asrul
Asrul

Selasa, 23 November 2021 12:18

Pemkab Gowa Optimis Tingkatkan Realisasi APBD

SULSELSATU.com, GOWA – Salah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah adalah dari bagaimana daerah merealisasikan anggaran belanja dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Terkhusus di Kabupaten Gowa, pandemi Covid-19 yang lebih terkendali membuat pemerintah merasa optimis realisasi APBD dapat meningkat di tahun yang akan datang.

“Realisasi kita di tahun ini cukup baik. Kita masuk dalam kategori menengah, tidak juga rendah tidak juga tinggi. Memang situasi dan kondisi setiap daerah pasti berbeda – beda sehingga pasti ada yang serapannya tinggi dan ada yang rendah,” ungkap Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kemendagri secara virtual di Peace Room A’kio Kantor Bupati Gowa, Senin (22/11/2021).

Baca Juga : Pemkab Gowa Resmi Miliki Tim Keamanan Siber

Menurut Adnan, momentum melandainya angka penularan Covid-19 saat ini dapat menjadi titik awal dalam menjalankan strategi pemulihan ekonomi yang dicanangkan oleh Pemkba Gowa.

Sponsored by MGID

“Penjadwalan telah diserahkan kepada seluruh SKPD setelah itu kita buat surat pernyataan. Jadwalnya itu setelah penetapan apa yang harus dilakukan sehingga realisasinya pada pertengahan tahun depan itu sudah diatas rata2 yang ada selama ini,” terang Bupati 2 periode ini.

Lebih lanjut, Adnan menjelaskan bahwa penandatangan pernyataan oleh pimpinan SKPD ini menjadi komitmen setiap SKPD untuk mampu merealisasikan pendapatan dan belanja yang akan dianggarkan di awal tahun nanti.

Baca Juga : Genjot Vaksinasi, Pemkab Gowa Target Vaksin 8 Ribu Warga Tiap Hari

Mengenai kendala penganggaran dari pusat seperti refocusing dana transfer dan insentif disiasati dengan usaha-usaha untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sekarang target-target PAD sementara kita naikkan. Makanya sampai dengan hari ini kita telah mendorong 3 Ranperda di DPRD untuk mengusahakan peningkatannya.Ada retribusi, Zona Nilai Tanah (ZNT), dan pariwisata yang sudah berpuluh tahun tidak pernah diubah, kita coba naikkan sesuai kondisi saat in,” tambahnya.

Adnan berharap cara ini dapat menutupi kekurangan dana transfer dari pusat ke daerah.

Baca Juga : Pemda Gowa dan Polda Sulsel Kolaborasi Percepat Cakupan Vaksinasi

“Landasannya dulu, aturannya dulu yang diubah supaya pada saat menarik sumber – sumber PAD, tidak ada masalah di kemudian hari,” pungkasnya.

Adapun strategi tambahan yang ke depannya akan direncanakan meliputi, reformasi program perlinsos, pengembangan infrastruktur digital, dan penguatan reformasi struktural.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial02 Desember 2021 23:28
Plt Gubernur Akui Inovasi Taufan Pawe di Hadapan Kepala Daerah di Sulsel
SULSELSATU.com, Makassar — Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengakui sosok Taufan Pawe sebagai kepala daerah inovatif. Hal itu ia lont...
Makassar02 Desember 2021 23:06
Narasumber di Supermentor, Wali Kota Danny Paparkan Arti Sebuah Kepemimpinan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjadi pembicara membahas tentang kepemimpinan dalam acara Su...
Makassar02 Desember 2021 20:40
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Mulai Diterapkan TK Islam Athirah 1
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TK Islam Athirah 1 siap melakukan pembelajaran tatap muka (TPM) terbatas mulai Desember 2021 ini. Kepala TK Islam Ath...
Sponsored by MGID
Makassar02 Desember 2021 20:21
Difasilitasi ANC Japan dan PT IKI, Plt Gubernur Sulsel Sebut Peluang 10 Ribu Lulusan SMK Bisa Bekerja di Jepang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyambut baik peluang yang diberikan oleh PT Industri Kapal Indonesia (Persero)...