Logo Sulselsatu

BI Sulsel Optimis Ekonomi Sulsel Tetap Tumbuh di Tengah Terkendalinya Pandemi Covid-19

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 24 November 2021 23:15

Press Conference Pertemuan Tahunan BI Sulsel 2021 (Sri Wahyudi Astuti/sulselsatu.com)
Press Conference Pertemuan Tahunan BI Sulsel 2021 (Sri Wahyudi Astuti/sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Optimisme pemulihan kinerja ekonomi Sulsel diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir tahun 2021. Pada triwulan III, konsumsi dan ekspor menjadi penopang utama kinerja ekonomi Sulsel.

Dari sisi lapangan usaha (LU), kinerja ekonomi didorong oleh LU Pertanian, Konstruksi, dan Perdagangan. Tekanan inflasi tetap terkendali dan memiliki tren yang menurun.

Kepala BI Sulsel, Causa Iman Karana mengatakan, meski demikian, penyebaran kasus aktif Covid-19 menjadi hal yang perlu tetap diwaspadai. Khususnya menjelang perayaan HBKN Natal dan momen pergantian tahun.

“Perekonomian Sulsel terus menunjukkan pemulihan meskipun tumbuh melambat pada triwulan III. Hal ini terutama disebabkan oleh dampak base effect yang tak setinggi triwulan sebelumnya dan penerapan PPKM level 4 yang membatasi mobilitas masyarakat,” jelasnya, Rabu, (24/11/2021).

Sponsored by MGID

Ia menilai, durasi pemberlakuan PPKM di Sulsel tercatat lebih lama dibandingkan sebagian besar wilayah lain di Indonesia. Untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir, angka pertumbuhan ekonomi Sulsel tercatat di bawah nasional.

Untuk itu, dibutuhkan motor pendorong ekonomi berkelanjutan yang dapat mengembalikan daya ungkit ekonomi Sulsel.

“Tindakan pencegahan dan pengendalian kasus aktif Covid-19 perlu terus dilakukan untuk menjaga optimisme dan ekspektasi pemulihan ekonomi Sulsel,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, berdasarkan hasil survei Bank Indonesia telah terjadi peningkatan angka indeks keyakinan konsumen, indeks kondisi ekonomi saat ini, indeks kegiatan dunia usaha, dan indeks penjualan riil di Sulsel.

Mobilitas penduduk juga kembali di atas baseline seperti sebelum pandemi, seiring dengan terkendalinya kasus aktif Covid-19. Optimisme dan ekspektasi positif ini perlu terus dijaga bersama.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 November 2021 08:42
Erick Thohir Kukuhkan Aestika Oryza Gunarto Sebagai Ketum Forum Humas BUMN
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Humas (FH) BUMN terus memperkuat komitmen dalam menjamin penyampaian informasi mengenai Badan Usaha Milik Negar...
Makassar30 November 2021 08:07
Wali kota Danny Tanggung Biaya Pengobatan Kedua Mahasiswa Korban Pertikaian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota, Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menjenguk kedua korban pertikaian mahasiswa asal kabupaten Lu...
Makassar30 November 2021 00:04
Saksikan Penyerahan DIPA Oleh Jokowi, Danny Harap Antisipasi Penanganan Covid-19 Gelombang III
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA...
Sponsored by MGID
Breaking News29 November 2021 23:25
Terbukti Bersalah, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara dan Denda Rp500 Juta
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah terbukti bersalah oleh Majelis Hakim. Putusan dibacakan Ketua Majelis Hakim...