Logo Sulselsatu

Hijaukan Toraja, Plt Gubernur Intruksikan Tanam 5 Ribu Bibit di Jalan Masuk Bandara Buntu Kunik

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Senin, 06 Desember 2021 09:38

Penamaan Bibit Pohon di Sekitar Bandara Buntu Kunik (Ist)
Penamaan Bibit Pohon di Sekitar Bandara Buntu Kunik (Ist)

SULSELSATU.com, TORAJA – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan Dinas Kehutanan Sulsel untuk menghijaukan Bandara Buntu Kunik dengan melakukan penanam bibit 5 ribu pohon, Senin (06/12/2021).

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap penghijauan ini bisa meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar bandara. Ia meminta Dinas Kehutanan untuk memastikan progres kondisi penghijauan Jalan Bandara Buntu Kunik Toraja.

“Penghijauan ini juga sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem dan kualitas lingkungan. Kami ingin Toraja yang rindang dengan pepohonan. Apalagi Toraja dikenal dengan perpaduan wisata alam dan pariwisata. Olehnya itu kita mendorong pembangunan pariwisata dengan kearifan lokal, budaya dan panorama alam,” terangnya.

Selain itu, Andi Sudirman Sulaiman juga meminta warga sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam penghijauan tersebut.

Sponsored by MGID

“Mari semua warga di musim penghujan ini untuk mengembalikan fungsi penghijauan dan mencintai lingkungan dengan menanam pohon kayu termasuk pohon produktif,” pintanya.

Penanaman pohon yang dilakukan secara bertahap melalui Dinas Kehutanan Sulsel ini telah dilakukan sejak bulan April 2021 lalu. Tepatnya 10 April, penanaman yang dilakukan simbolis pertama kali oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang bertepatan saat Peringatan Hari Hutan Internasional. Kala itu, Andi Sudirman menanam pohon jenis mahoni.

Hingga 5 Desember 2021, sudah 5.000 bibit pohon yang telah ditanam di sepanjang jalan menuju Bandara itu.

Kepala Dinas Kehutanan Sulsel Andi Parenrengi menyampaikan, bahwa penghijauan di area Bandara yang dilakukan bertahap ini atas instruksi dari Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Sabtu (kemarin) kami juga sudah menanam 250 bibit pohon jenis ketapang kencana. Jadi sampai saat ini sudah ada 5 ribu bibit dengan 15 jenis pohon yang sudah ditanam,” jelasnya, Senin (6/12/2021).

Ia pun mengaku, bahwa ada pula beberapa bibit yang mati, namun telah diganti dengan bibit yang baru. “Tiap hari Sabtu dan Minggu itu dilakukan pemeliharaan pada pohon-pohon yang telah ditanam. Seperti pembumbunan, cabut rumput, dan pemupukan,” ungkapnya.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan21 Januari 2022 19:14
Aduh, Penelitian Sebut Infeksi Covid-19 Menurunkan Kesuburan Pria
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pria yang pernah terinfeksi Covid-19 terbukti menurunkan kesuburan. Fakta tersebut sesuai dengan studi terbaru dari In...
Video21 Januari 2022 18:58
VIDEO: Begini Kondisi Saat Olah TKP Kecelakaan Maut di Balikpapan
SULSELSATU.com – Polresta Balikpapan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Balikpapan pada Jumat (21/1). Polisi juga t...
Internasional21 Januari 2022 17:01
ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota
SULSELSATU.com – Kelompok ISIS dilaporkan telah menyerang penjara di timur laut Suriah pada hari Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Dalam seranga...
Sponsored by MGID
Video21 Januari 2022 16:13
VIDEO: Mobil Sedan Tersangkut di Peyangga Kabel Listrik PLN
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil sedan berwarna biru tersangkut di kabel peyangga listrik milik PLN. Terlihat dalam video mobi...