Logo Sulselsatu

UNIQLO Beri Kesempatan Kerja Bagi Penyandang Disabilitas

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 08 Desember 2021 16:51

UNIQLO beri kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas (istimewa)
UNIQLO beri kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas (istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas semakin luas. Kali ini, ada dari UNIQLO yang merupakan perusahaan ritel global asal Jepang.

Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), Yugo Shima menjelaskan, UNIQLO dalam pilar people berkomitmen untuk memberikan ruang bagi semua orang dari berbagai latar belakang, merangkul segala perbedaan serta menghormati setiap keunikan individu.

Harapannya kata dia, dapat mengembangkan serta sama-sama berkontribusi untuk masyarakat (pilar society) dan menjaga lingkungan (pilar planet) untuk dunia yang lebih baik melalui pakaian.

Hingga Desember 2021 ini, sudah ada 13 staf penyandang disabilitas intelektual, wicara dan pendengaran yang bekerja di 13 gerai UNIQLO Indonesia.

Sponsored by MGID

Dalam proses perekrutan tenaga kerja disabilitas, UNIQLO bekerja sama dengan organisasi Special Olympics Indonesia dan ThisAble yang juga membantu dalam hal pengembangan karyawan dan memberikan berbagai pelatihan bagi para Penyandang Disabilitas.

“Kami percaya bahwa menerima dan menghormati nilai-nilai yang berbeda adalah kekuatan pendorong di balik ide-ide dan inovasi baru dalam berkarya. Kehadiran mereka memberikan semangat dan inovasi baru pada perusahaan kami,” ungkap Yugo, Rabu, (8/12/2021).

Langkah tersebut juga merupakan salah satu kewajiban dan komitmen dalam memenuhi peraturan Ketenagakerjaan untuk mempekerjakan penyandang disabilitas.

Dengan Dasar Hukum: UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas yang tercantum pada Pasal 53 ayat (2) UU tersebut menyebutkan bahwa perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah seluruh pekerja.

Mekanisme yang dilakukan di lapangan yaitu dengan memberikan skema evaluasi pekerjaan yang lebih adil bagi staff penyandang disabilitas, mengingat keterbatasan mereka di bidang tertentu.

Kemudian, memberikan staf penyandang disabilitas lebih banyak kesempatan untuk maju di UNIQLO dan mengembangkan potensi mereka dengan mengubah peran dan tanggung jawab mereka.

“Saat ini para penyandang disabilitas yang lolos seleksi dipekerjakan sebagai staf Backroom toko, namun kedepannya kami selalu terbuka untuk pengembangan skill lain dan karir bagi mereka. Atas komitmen kami ini, kami bersyukur bahwa Fast Retailing Indonesia diakui sebagai ‘Perusahaan Terbaik yang Mempekerjakan Penyandang Disabilitas’ oleh Kementerian Tenaga Kerja pada tahun 2018,” lanjut Yugo.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...