Logo Sulselsatu

Dihadapan Plt Gubernur Sulsel, Kepala Basarnas Sulsel Sampaikan Rencana Pembangunan Balai Diklat

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 08 Desember 2021 13:48

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Kepala Basarnas Sulsel (Ist)
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Kepala Basarnas Sulsel (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, bersama jajaran pimpinan Basarnas Sulsel, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka Nomor 31 Makassar, pada Rabu (8/12/2021).

Pada kesempatan ini, Kepala Basarnas Sulsel menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan fungsi Basarnas.

Djunaidi mengatakan kesiapsiagaan pihaknya dalam penanganan evakuasi warga yang terdampak bencana alam hidrometeologi di wilayah Sulsel.

Baca Juga : Pembangunan Stadion Barombong Tertunda, Wali Kota Danny Sebut Pemprov Fokus Stadion Mattoangin

“Kami sampaikan kesiapan Basarnas Sulsel untuk bersinergi dengan Pemprov Sulsel dalam membantu penanganan warga terdampak bencana alam hidrometeologi”, ungkap Djunaidi.

Djunaidi menerangkan jumlah personelnya yang berada di beberapa Pos Sar di wilayah Sulawesi Selatan sebagai bentuk untuk memberi respons cepat jika ada laporan yang membutuhkan pencarian dan pertolongan serta evakuasi warga terdampak banjir.

“Personel Basarnas Sulsel siaga 24 jam dan tersebar di beberapa wilayah di Sulsel seperti Selayar, Bone, Bantaeng, Parepare, Palopo dan Masamba”, imbuhnya.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Tolak Serahkan Stadion Barombong Dikelola Pemkot

Selain menjelaskan jumlah kekuatan dan sumber daya yang dimiliki Basarnas Sulsel, Djunaidi juga menyampaikan rencana pendirian Balai Diklat milik Basarnas di wilayah Sulawesi Selatan.

Fungsi balai diklat ini dimaksudkan untuk menjadi wadah pelatihan dan latihan bagi tenaga rescue di wilayah Indonesia Timur.

“Selain untuk meningkatkan kompetensi SDM Basarnas, Balai Diklat ini juga bisa digunakan melatih Potensi Sar yang ada di Sulsel”, jelasnya.

Baca Juga : Ingin Lanjutkan Stadion Barombong, Danny Bakal Temui Plt Gubernur

Hadirnya Balai Diklat ini dinilai penting bagi Sulsel karena akan menjadi wadah yang mampu mencetak tenaga-tenaga andal di bidang pencarian dan pertolongan. Sehingga bila terjadi kecelakaan atau bencana alam yang membutuhkan evakuasi dan layanan sar, akan banyak tenaga dari Potensi Sar yang siap membantu.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel sangat mengapresiasi kinerja Basarnas Sulsel selama ini. Utamanya beberapa hari terakhir yang sangat membantu dalam proses evakuasi warga terdampak banjir pada beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman mewakili Pemprov Sulsel berjanji akan memberi dukungan kepada Basarnas untuk pendirian Balai Diklat ini di Sulsel.

Baca Juga : Ingin Lanjutkan Stadion Barombong, Danny Bakal Temui Plt Gubernur

“Kami berterima kasih bahwa Pemprov Sulsel akan mendukung Basarnas Sulsel dalam rencana pendirian Balai Diklat”, jelas Sudirman Sulaiman

Andi Sudirman Sulaiman berharap pendirian Balai Dikkat Basarnas ini bisa terealisasi di tahun 2022 mendatang. Sehingga bisa segera dimanfaatkan untuk membina dan melatih tenaga andal yang siap terjun membantu jika dibutuhkan kemudian hari.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Makassar30 November 2022 19:11
Respon Instruksi Danny Pomanto, Dinas PU Lakukan Pengerukan Sedimen di Saluran Sekunder
Danny pomanto minta dinas PU lakukan perawatan drainase ...
Video30 November 2022 18:52
VIDEO: Viral, Perempuan Lansia Ini Ngaku Ratu Adil Imam Mahdi
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan pengakuan seorang perempuan sebagai Ratu Adil Imam Mahdi. Video tersebut menghebohkan media sosi...
Teknologi30 November 2022 18:21
Lebih Mudah, Kerja Sama IOH Facebook dan Telenor Linx Membuka Akses Pelanggan ke Mobile Center Tri di Facebook
IOH bekerja sama dengan Facebook dan Telenor Linx membuka kases bagi pelanggan mengunjungi Mobile Center Tri dari halaman Facebook...
Ekonomi30 November 2022 16:58
Hadapi Risiko Resesi 2023, BI Sulsel Optimis Ekonomi Sulsel Tetap Tumbuh Ditopang Potensi Sumber Daya Alam
Potensi sumber daya alam Sulsel jadi salah satu penyumbang optimisme ekonomi Sulsel...