Logo Sulselsatu

Dihadapan Plt Gubernur Sulsel, Kepala Basarnas Sulsel Sampaikan Rencana Pembangunan Balai Diklat

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Rabu, 08 Desember 2021 13:48

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Kepala Basarnas Sulsel (Ist)
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Bersama Kepala Basarnas Sulsel (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, bersama jajaran pimpinan Basarnas Sulsel, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka Nomor 31 Makassar, pada Rabu (8/12/2021).

Pada kesempatan ini, Kepala Basarnas Sulsel menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan fungsi Basarnas.

Djunaidi mengatakan kesiapsiagaan pihaknya dalam penanganan evakuasi warga yang terdampak bencana alam hidrometeologi di wilayah Sulsel.

Baca Juga : Andi Sudirman Sulaiman Masuk Jajaran Gubernur Terpopuler 2021 Versi Indonesia Indicator

“Kami sampaikan kesiapan Basarnas Sulsel untuk bersinergi dengan Pemprov Sulsel dalam membantu penanganan warga terdampak bencana alam hidrometeologi”, ungkap Djunaidi.

Sponsored by MGID

Djunaidi menerangkan jumlah personelnya yang berada di beberapa Pos Sar di wilayah Sulawesi Selatan sebagai bentuk untuk memberi respons cepat jika ada laporan yang membutuhkan pencarian dan pertolongan serta evakuasi warga terdampak banjir.

“Personel Basarnas Sulsel siaga 24 jam dan tersebar di beberapa wilayah di Sulsel seperti Selayar, Bone, Bantaeng, Parepare, Palopo dan Masamba”, imbuhnya.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Tunjuk Anak Mentan Sebagai Plt Kadis Ketapang

Selain menjelaskan jumlah kekuatan dan sumber daya yang dimiliki Basarnas Sulsel, Djunaidi juga menyampaikan rencana pendirian Balai Diklat milik Basarnas di wilayah Sulawesi Selatan.

Fungsi balai diklat ini dimaksudkan untuk menjadi wadah pelatihan dan latihan bagi tenaga rescue di wilayah Indonesia Timur.

“Selain untuk meningkatkan kompetensi SDM Basarnas, Balai Diklat ini juga bisa digunakan melatih Potensi Sar yang ada di Sulsel”, jelasnya.

Baca Juga : Vaksinasi Sulsel Capai Per 69,57 Persen, Plt Gubernur Sulsel Optimistis Target 70 Persen Tercapai

Hadirnya Balai Diklat ini dinilai penting bagi Sulsel karena akan menjadi wadah yang mampu mencetak tenaga-tenaga andal di bidang pencarian dan pertolongan. Sehingga bila terjadi kecelakaan atau bencana alam yang membutuhkan evakuasi dan layanan sar, akan banyak tenaga dari Potensi Sar yang siap membantu.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel sangat mengapresiasi kinerja Basarnas Sulsel selama ini. Utamanya beberapa hari terakhir yang sangat membantu dalam proses evakuasi warga terdampak banjir pada beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman mewakili Pemprov Sulsel berjanji akan memberi dukungan kepada Basarnas untuk pendirian Balai Diklat ini di Sulsel.

Baca Juga : Vaksinasi Sulsel Capai Per 69,57 Persen, Plt Gubernur Sulsel Optimistis Target 70 Persen Tercapai

“Kami berterima kasih bahwa Pemprov Sulsel akan mendukung Basarnas Sulsel dalam rencana pendirian Balai Diklat”, jelas Sudirman Sulaiman

Andi Sudirman Sulaiman berharap pendirian Balai Dikkat Basarnas ini bisa terealisasi di tahun 2022 mendatang. Sehingga bisa segera dimanfaatkan untuk membina dan melatih tenaga andal yang siap terjun membantu jika dibutuhkan kemudian hari.

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Januari 2022 23:24
Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar, Kejari Jeneponto Tetapkan 4 Tersangka Proyek KAT Kemensos
SULSELSATU.com, Jeneponto – Penyidik Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) resmi menetapkan 4 orang tersangka atas kasus dugaan Korupsi Proyek pem...
Video17 Januari 2022 23:18
VIDEO: Aksi Heroik, Pesepeda Berjaket Ojol yang Kawal Ambulans
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan aksi seorang pria berpakaian ojol kawal ambulans yang tengah membawa pasien. Dalam video terlihat p...
Ekonomi17 Januari 2022 23:16
Andi Sudirman Sambut Baik Menurunnya Angka Kemiskinan di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan penurunan angka kemiskinan di Sulsel sebagai cap...
Sponsored by MGID
Sulsel17 Januari 2022 22:20
Lewat Aplikasi Maupun ATM, Warga Barru Kini Lebih Mudah Bayar PBB
SULSELSATU.com, BARRU – Warga Barru kini lebih mudah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pasalnya, Badan Pendapatan Daerah (Bape...