Logo Sulselsatu

Ribuan Warga Sudah di Vaksin Covid-19 di Jeneponto Tidak Terinput Datanya, Salah Siapa?

Dedy
Dedy

Rabu, 22 Desember 2021 18:36

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi (Survin) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Mappibaung. (Int)
Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi (Survin) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Mappibaung. (Int)

SULSELSATU.com, Jeneponto – Ribuan warga Kabupaten Jeneponto yang mengikuti vaksinasi Covid-19 Dosis 1 dan 2 tidak terinput datanya ke aplikasi Pedulilindungi. Akibatnya, sebagian dari mereka belum menerima sertifikat Vaksin.

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi (Survin) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Mappibaung kepada sulselsatu.com, Rabu (22/12/2021) membenarkan jika masih ada masyarakat yang sudah di vaksin namun datanya belum Terinput.

“Jumlah orang yang sudah di vaksin dan belum bermigrasi ke Aplikasi (Pedulilindungi) sebanyak 6.562 orang untuk dosis 1 dan 2.096 orang dosis ke-2″ujar Mappibaung.

Penyebab data belum terinput, lantaran masih ada beberapa data yang telah di input tapi terlambat bermigrasi ke Aplikasi Pedulilindungi khususnya data Backdate.

Sponsored by MGID

“Masih ada data yang bermasalah dengan NIK yang tidak terdaftar di Capil. Namun untuk saat ini masih dalam proses rekap dari layanan dan sebagian sudah dikonsolidasikan ke Capil,”katanya.

Selain itu kata Mappibaung, data tidak Terinput kemungkin juga karena jaringan.

“Jaringan yang bermasalah saat pelaksanaan di wilayah yang tidak terdapat jaringan internet. Langkah yang dilakukan yakni melakukan Koordinasi dengan Tim IT Pusat dalamrangka percepatan Migrasi data ke Aplikasi,”katanya.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan data, pihaknya juga menggandeng Tim IT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jeneponto dalam Pengaktifan NIK yang diduga bermasalah.

“Kami memfasilitasi Tim Penginput Pcare Layanan untuk menginput di Dinas Kesehatan dan Memonitoring secara Kontinue hasil Inputan Layanan Pcare,”pungkasnya.

Untuk Data yang sudah terinput tapi belum termigrasi, maka sertifikatnya sudah bisa muncul.

“Tapi untuk data karena ada permasalahan yang lainnya mereka akan memakai Kartu Vaksin yang diberikan saat vaksin sambil menunggu perbaikan datanya,”jelas Mappibaung.

Sejauh ini, Tim IT dari Disdukcapil Jeneponto kata Mappibaung, sudah memperbaiki beberapa data yang diduga bermasalah.

Bahkan untuk memudahkan proses penginputan dan mencegah terjadinya ada data yang tidak terinput maka tim pcare dikumpulkan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto.

“Kemudian tim IT capil juga didatangkan ditempat (Dinas Kesehatan) dan sejauh ini ada 200-an data sudah diperbaiki oleh tim IT Capil,”tambahnya.

Sementara data yang diterima sulselsatu.com, Selasa 21/12/2021, untuk jumlah masyarakat yang sudah di vaksin secara keseluruhan di Jeneponto, Dosisi 1 sebanyak 141.585 (45,18 persen) dan Dosis Ke-2 sebanyak 57.116 (18,22 persen)

Penulis Dedi

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan21 Januari 2022 19:14
Aduh, Penelitian Sebut Infeksi Covid-19 Menurunkan Kesuburan Pria
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pria yang pernah terinfeksi Covid-19 terbukti menurunkan kesuburan. Fakta tersebut sesuai dengan studi terbaru dari In...
Video21 Januari 2022 18:58
VIDEO: Begini Kondisi Saat Olah TKP Kecelakaan Maut di Balikpapan
SULSELSATU.com – Polresta Balikpapan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan maut di Balikpapan pada Jumat (21/1). Polisi juga t...
Internasional21 Januari 2022 17:01
ISIS Serang Penjara Suriah Lepaskan Tahanan Sesama Anggota
SULSELSATU.com – Kelompok ISIS dilaporkan telah menyerang penjara di timur laut Suriah pada hari Kamis (20/1/2022) waktu setempat. Dalam seranga...
Sponsored by MGID
Video21 Januari 2022 16:13
VIDEO: Mobil Sedan Tersangkut di Peyangga Kabel Listrik PLN
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil sedan berwarna biru tersangkut di kabel peyangga listrik milik PLN. Terlihat dalam video mobi...