Logo Sulselsatu

Ribuan Warga Sudah di Vaksin Covid-19 di Jeneponto Tidak Terinput Datanya, Salah Siapa?

Dedy
Dedy

Rabu, 22 Desember 2021 18:36

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi (Survin) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Mappibaung. (Int)
Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi (Survin) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Mappibaung. (Int)

SULSELSATU.com, Jeneponto – Ribuan warga Kabupaten Jeneponto yang mengikuti vaksinasi Covid-19 Dosis 1 dan 2 tidak terinput datanya ke aplikasi Pedulilindungi. Akibatnya, sebagian dari mereka belum menerima sertifikat Vaksin.

Kepala Seksi Survailans dan Imunisasi (Survin) Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Mappibaung kepada sulselsatu.com, Rabu (22/12/2021) membenarkan jika masih ada masyarakat yang sudah di vaksin namun datanya belum Terinput.

“Jumlah orang yang sudah di vaksin dan belum bermigrasi ke Aplikasi (Pedulilindungi) sebanyak 6.562 orang untuk dosis 1 dan 2.096 orang dosis ke-2″ujar Mappibaung.

Penyebab data belum terinput, lantaran masih ada beberapa data yang telah di input tapi terlambat bermigrasi ke Aplikasi Pedulilindungi khususnya data Backdate.

“Masih ada data yang bermasalah dengan NIK yang tidak terdaftar di Capil. Namun untuk saat ini masih dalam proses rekap dari layanan dan sebagian sudah dikonsolidasikan ke Capil,”katanya.

Selain itu kata Mappibaung, data tidak Terinput kemungkin juga karena jaringan.

“Jaringan yang bermasalah saat pelaksanaan di wilayah yang tidak terdapat jaringan internet. Langkah yang dilakukan yakni melakukan Koordinasi dengan Tim IT Pusat dalamrangka percepatan Migrasi data ke Aplikasi,”katanya.

Untuk mencegah terjadinya kesalahan data, pihaknya juga menggandeng Tim IT Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jeneponto dalam Pengaktifan NIK yang diduga bermasalah.

“Kami memfasilitasi Tim Penginput Pcare Layanan untuk menginput di Dinas Kesehatan dan Memonitoring secara Kontinue hasil Inputan Layanan Pcare,”pungkasnya.

Untuk Data yang sudah terinput tapi belum termigrasi, maka sertifikatnya sudah bisa muncul.

“Tapi untuk data karena ada permasalahan yang lainnya mereka akan memakai Kartu Vaksin yang diberikan saat vaksin sambil menunggu perbaikan datanya,”jelas Mappibaung.

Sejauh ini, Tim IT dari Disdukcapil Jeneponto kata Mappibaung, sudah memperbaiki beberapa data yang diduga bermasalah.

Bahkan untuk memudahkan proses penginputan dan mencegah terjadinya ada data yang tidak terinput maka tim pcare dikumpulkan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto.

“Kemudian tim IT capil juga didatangkan ditempat (Dinas Kesehatan) dan sejauh ini ada 200-an data sudah diperbaiki oleh tim IT Capil,”tambahnya.

Sementara data yang diterima sulselsatu.com, Selasa 21/12/2021, untuk jumlah masyarakat yang sudah di vaksin secara keseluruhan di Jeneponto, Dosisi 1 sebanyak 141.585 (45,18 persen) dan Dosis Ke-2 sebanyak 57.116 (18,22 persen)

Penulis Dedi

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....
Makassar28 Maret 2024 20:39
Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Binta...