Logo Sulselsatu

Anggota DPRD Lutim Dukung Desa Lioka untuk Jadi Desa Mandiri dalam Pengolahan Sampah

Andi
Andi

Kamis, 17 Februari 2022 17:26

Obert Datte Anggota DPRD Luwu Timur. Ist
Obert Datte Anggota DPRD Luwu Timur. Ist

SULSELSATU.com, Luwu Timur – Desa Lioka, Kecamatan Towuti bertekad akan jadi desa mandiri dalam hal pengelolaan sampah. Desa tersebut berencana akan mendaur ulang sampah masyarakat menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. Demikian kata Obert Datte Anggota DPRD Luwu Timur, Kamis (17/02/2022).

Menurut Obert Datte, selaku anggota DPRD Luwu Timur, ia sudah membuka jalan untuk mendukung Lioka menjadi desa mandiri di Kecamatan Towuti.

Salah satu upayanya adalah mengajukan bantuan kepada pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengadakan gedung dan mesin daur ulang sampah untuk Desa Lioka.

Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Legislator, DPRD Luwu Timur Gelar Bimtek di Makassar

“Tahun depan bantuannya turun, Rp600 juta untuk mesin daur ulang dan bangunannya,“Ungkap Obert Datte.

Saat ini di Lioka, sudah punya armada mobil sampah, tenaga pemungut sampah dan lahan untuk menampung sampah. Proses pengumpulan sampah masyarakat ini sudah berjalan.

”Tenaga kerja pengumpul sampah ini sudah berjalan. Sehingga masyarakat di Lioka tidak terbebani lagi dengan iuran sampah. Karena tenaga kerjanya digaji lewat dana desa,” Ungkap Obert Datte.

Obert Datte Optimis jika mesin daur ulang sampah sudah ada itu akan mendatangkan manfaat buat masyarakat Desa Lioka, karena sampah – sampah yang didaur ulang tersebut bisa dijual kembali dan sudah pasti ada nilai tambah dari produk daur ulang tersebut. Dengan demikian desa punya pendapatan sendiri,”Tutup Ober Datte.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Sucipto
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News04 Mei 2024 18:34
Wali Kota Makassar Danny Pomanto Salurkan Bantuan ke Wilayah Terdampak Bencana di Sulsel
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menunjukkan kepedulian kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan ke wilayah terdampak bencana di Sulsel. ...
Video04 Mei 2024 18:21
VIDEO: Sempat Terputus Akibat Longsor, Akses Lintas Enrekang Sudah Bisa Dilalui
SULSELSATU.com – Akses jalan utama Poros Trans Sulawesi yang menghubungkan Enrekang, Sidrap, dan Pinrang telah dapat dilalui. Sebelumnya dilapor...
News04 Mei 2024 17:17
Danny Pomanto Dapat Dukungan dari Jeneponto Maju Pilgub Sulsel 2024
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto terus mendapat dorongan dari berbagai kalangan untuk ikut bertarung di Pilgub Sulsel 2024....
Politik04 Mei 2024 17:02
RMS Minta Loyalisnya Solid Menangkan Andi Irwan Hamid di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Loyalis Rusdi Masse Mappasessu, RMS Corawali di Kabupaten Pinrang melakukan pertemuan konsolidasi membahas figur siap...