Logo Sulselsatu

Punya Kekuatan Basis Suara, Duet Ganjar-Amran Sulaiman Saling Melengkapi

Asrul
Asrul

Minggu, 08 Mei 2022 19:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan. Ganjar datang ke Makassar untuk menghadiri undangan pernikahan putri Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Selain itu, Ganjar juga mengunjungi sejumlah tempat yang dihormati seperti ke makam raja-raja Gowa, ke makam Sultan Hasanuddin, lalu ke makam Pangeran Diponegoro.

Kunjungan Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) untuk periode 2019-2024 ini dinilai sarat makna. Kunjungan ini dinilai semakin memperkuat pesan Ganjar ingin dekat ke pemilih di Sulsel atau secara umum kawasan timur Indonesia.

Baca Juga : Tatap Senayan, Andi Amar Sulaiman Tak Ingin Generasi Muda Jadi Penonton

Terlebih lagi, Ganjar melakukan pertemuan khusus bersama mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman di Gedung AAS Building, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar. Sejauh ini, Andi Amran memang kerap dikaitkan dengan sejumlah kandidat atau calon presiden RI.

Bahkan, sejumlah tokoh politik yang selama ini digadang-gadang bakal bertarung di Pilpres 2024 ketika berkunjung ke Makassar menyempatkan bertemu dengan Ketua Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) tersebut di AAS Building.

Duet Ganjar-Andi Amran Sulaiman (AAS) dinilai bakal berpotensi menjadi pasangan terkuat di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca Juga : Ratusan Pemuda di Bone Tantang Andi Amar Geliatkan UMKM, Pertaninan Hingga Kesetaraan Gender

Pasangan Ganjar-AAS disebut-sebut merupakan perpaduan yang paripurna antara suara pemilih yang mewakili Indonesia Barat dan suara pemilih dari Indonesia Timur.

Diketahui, dari berbagai survei Ganjar Pranowo senantiasa dinilai menjadi repsesentasi wilayah Indonesia Barat sedang Andi Amran Sulaiman (AAS) memiliki basis suara militan di Indonesia Timur.

Satu hal yang menarik adalah kontribusi strategis suara pemilih dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) dianggap sangat signifikan dalam memuluskan jalan pasangan kandidat dalam memenangkan pertarungan di setiap Pemilihan Presiden.

Baca Juga : Postingan Andi Amar Pakai Jersey PSM Bercaption ‘Kenapa Tidak?’ Diserbu Netizen: Wattunami

Bahkan dari hasil survei yang dirilis oleh Index Indonesia menyebutkan bila pemilih dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) selama ini menjadi penentu kemenangan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia.

Pengamat dan akademisi Universitas Hananuddin (Unhas) Hasrullah menyatakan duet ini memang menjadi pasangan yang klop.

“Realitas politik Indonesia hingga saat ini memang masih kental dengan persoalan keterwakilan wilayah. Ini menjadi bagian yang sangat politik integrasi kebangsaan kita”, katanya.

Baca Juga : PSM Diambang Kebangkrutan, CEO AAS Comunity Andi Amar Bicara Soal Akuisisi

Hasrullah melanjutkan, di wilayah Timur Indonesia, nama AAS memang telah mencorong sebagai figur yang mewakili KTI. “Dan ini harus menjadi perhatian dalam menentukan pasangan, karena suara KTI tak bisa dipungkiri menjadi penentu dalam setiap pertarungan pilpres,” ujarnya.

Apalagi, kata Hasrullah, sosok AAS yang selama menjabat Menteri Pertanian dengan prestasi yang cemerlang, pernah bersama PDIP memenangkan Jokowi di Indonesia Timur serta saat ini tengah menjabat sebagai ketua IKA Unhas.

“Dengan begitu, tidak mengherankan bila AAS menjadi harapan suara Indonesia Timur dengan sejarah keberpihakannya terhadap nasib masyarakat di Indonesia Timur. Jadi pasangan ini memang klop karena saling melengkapi serta punya kekuatan basis politik masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga : Yasir Machmud Gerak Cepat Bentuk Pengurus Repnas di 24 Kabupaten dan Kota se-Sulsel

Pengamat politik dan pemerintahan Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Lukman Irwan pun menilai duet Ganjar dan Andi Amran Sulaiman saling melengkapi. Menurutnya, latar belakang Andi Amran sebagai pengusaha sukses sangat bisa menopang kekuatan Ganjar yang lebih menguasai politik pemerintahan.

“Secara akademik, kekuatan dan kemampuan duet ini sangat menjanjikan. Keduanya saling melengkapi dari segi ekonomi, politik, dan pemerintahan. Saya kira pasangan ini paling ideal di Pilpres 2024,” tegasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....