Logo Sulselsatu

Puluhan Warga Sipil di Gowa Ikut Pelatihan Kemiliteran, Bupati Adnan: Bela Negara Juga Tanggung Jawab Rakyat

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 31 Mei 2022 18:18

Warga sipil dari Kabupaten Gowa yang ikut pelatiham kemiliteran (dok. Pemkab Gowa)
Warga sipil dari Kabupaten Gowa yang ikut pelatiham kemiliteran (dok. Pemkab Gowa)

SULSELSATU.com, GOWA – Sebanyak 47 warga sipil dari Kabupaten Gowa mengikuti Pelatihan Dasar Kemiliteran Komandan Cadangan (Latsarmil Komcad).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dari 500 peserta yang mengikuti pelatihan dari wilayah Kodam XIV Hasanuddin, sekitar 47 orang merupakan warga Kabupaten Gowa.

“Saya berharap setelah pelatihan ini, peserta Latsarmil akan memiliki jiwa nasionalisme yang kuat dan juga siap membela bangsa dan negara apabila terjadi gangguan keamanan dan pertahanan di NKRI,” katanya usai menghadiri Pembukaan Latsarmil Komcad T.A. 2022 di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, Kecamatan Bontomarannu, Senin (30/5/2022).

Baca Juga : Asik! Makassar Light Festival dan UMKM Milenial Bakal Hadir di Makassar

Menurut Adnan, kesadaran bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI atau Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) melalui pembentukan Komponen Cadangan TNI.

Pembentukan Komcad ini bertujuan untuk membentuk sebuah satuan baru agar ketika terjadi kekacauan, maka komponen cadangan ini siap membantu TNI dalam menghalau musuh yang mengganggu pertahanan negara.

Baca Juga : Bupati Adnan Hadiri Pembukaan Drag Bike 2023, Ajang Perkuat Hubungan Bersama Kodam XIV Hasanuddin

“Dengan dibentuknya Komcad ini kita tidak akan kekurangan kekuatan angkatan perang jika sewaktu – waktu terjadi gangguan terhadap kedaulatan negara,” terang Sekjen APKASI ini.

Komponen cadangan ini dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2021 sebagai salah satu strategi pertahanan rakyat semesta untuk membentuk Komcad yang akan memperkuat komponen utama, yaitu TNI dan Polri.

“Setelah pelatihan selama di 3 bulan, komponen cadangan ini bisa dilibatkan sewaktu-waktu dan dapat digunakan apabila ada ancaman dari luar terhadap NKRI,” sambungnya.

Baca Juga : Apindo Sulsel Bersama PSMTI Bagi Seribu Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad yang membacakan amanat Menhan RI, Prabowo Subianto sangat mengapresiasi dan bangga kepada calon Komcad yang telah menjadi bagian dari Sishankamrata ini.

“Komcad sebagai subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter,” tegasnya.

Lebih lanjut, Pangdam menyebutkan bahwa kunci kekuatan Indonesia dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman adalah dengan memperkuat identitas dan jati diri bangsa serta membangun persatuan dan kesatuan yang kokoh dari seluruh komponen bangsa.

Baca Juga : BI Sulsel dan Kodam XIV/Hasanuddin Sinergi Jaga Ketahanan Pangan Kendalikan Inflasi

“Kalian harus bangga karena menjadi seorang Komcad tidaklah mudah. Kalian adalah orang – orang terpilih yang telah diseleksi. Untuk itu, serap dan ikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih,” pesannya kepada peserta Latsarmil di akhir sambutan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...