Logo Sulselsatu

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Minta Puskesmas Maksimalkan Pemanfaatan Toga

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 10 Juni 2022 20:57

Sosialisasi asuhan mandiri pemantauan Toga (dokumen: ist)
Sosialisasi asuhan mandiri pemantauan Toga (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin meminta jajaran Puskesmas se-Kota Makassar untuk dapat memanfaatkan Taman Obat Keluarga (Toga) secara maksimal.

Hal itu disampaikan dr. Ida sapaan akrabnya, saat membuka Sosialisasi Asuhan Mandiri, Pemantauan Toga dan Akupresur, yang diikuti pengelola Toga, Pengelola Obat Tradisional dan 47 Puskesmas se-kota Makassar di Hotel Aston Makassar, Jum’at (10/06/2022).

dr. Ida berharap jangan sampai sosialisasi tidak menghasilkan outcome, dan jangan sampai hanya karena lomba baru semua bergerak.

Baca Juga : Dinsos Minta Dinkes Terlibat Penanganan ODGJ, Ini Kata Kadinkes

“Besar harapan kami sosialisasi menghasilkan outcome yang maksimal. Ke depan akan kita evaluasi Puskesmas yang sudah menjalankan Toga,” tegasnya.

Lebih lanjut dr. Ida mengungkapkan, bahwa pemberdayaan masyarakat yang perlu, karena menurutnya ketika masyarakat mengetahui dan menyadari hal itu bermanfaat bagi dirinya, maka masyarakat akan berbondong-bondong ikut.

“Pemanfaatan Toga harus menjadi bagian dari promotif dan preventif. Pemanfaatan obat tradisional menjadi sarana promotif dan preventif,” jelasnya.

Baca Juga : Unicef dan Dinkes Makassar Inisiasi Program My Village My Home

Sebelumnya, Ketua Panitia kegiatan, Fatmawati dalam laporannya menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan agar peserta mengetahui dan mau pemanfaatan akupresur dan Toga dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sosialisasi ini dihadirkan 2 narasumber yakni; dr. Erny dari Seksi Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Sulsel dengan materi Konsep Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional sebagai pemateri pertama.

Sedangkan Kepala Instalasi Pengembangan Model Pelayan Kesehatan Tradisional, Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar, dr. Nurwana, M. Si, dengan materi berjudul Asuhan Mandiri Pemanfaatan Akupresur, bertindak selaku pemateri kedua.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Vera Ramdhani
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...