Logo Sulselsatu

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Minta Puskesmas Maksimalkan Pemanfaatan Toga

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 10 Juni 2022 20:57

Sosialisasi asuhan mandiri pemantauan Toga (dokumen: ist)
Sosialisasi asuhan mandiri pemantauan Toga (dokumen: ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin meminta jajaran Puskesmas se-Kota Makassar untuk dapat memanfaatkan Taman Obat Keluarga (Toga) secara maksimal.

Hal itu disampaikan dr. Ida sapaan akrabnya, saat membuka Sosialisasi Asuhan Mandiri, Pemantauan Toga dan Akupresur, yang diikuti pengelola Toga, Pengelola Obat Tradisional dan 47 Puskesmas se-kota Makassar di Hotel Aston Makassar, Jum’at (10/06/2022).

dr. Ida berharap jangan sampai sosialisasi tidak menghasilkan outcome, dan jangan sampai hanya karena lomba baru semua bergerak.

Baca Juga : Unicef dan Dinkes Makassar Inisiasi Program My Village My Home

“Besar harapan kami sosialisasi menghasilkan outcome yang maksimal. Ke depan akan kita evaluasi Puskesmas yang sudah menjalankan Toga,” tegasnya.

Lebih lanjut dr. Ida mengungkapkan, bahwa pemberdayaan masyarakat yang perlu, karena menurutnya ketika masyarakat mengetahui dan menyadari hal itu bermanfaat bagi dirinya, maka masyarakat akan berbondong-bondong ikut.

“Pemanfaatan Toga harus menjadi bagian dari promotif dan preventif. Pemanfaatan obat tradisional menjadi sarana promotif dan preventif,” jelasnya.

Baca Juga : Usaha Dinkes Kota Makassar Tingkatkan Imunisasi Anak Antar Wali Kota Makassar Raih Penghatgaan BIAN 2022

Sebelumnya, Ketua Panitia kegiatan, Fatmawati dalam laporannya menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan agar peserta mengetahui dan mau pemanfaatan akupresur dan Toga dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sosialisasi ini dihadirkan 2 narasumber yakni; dr. Erny dari Seksi Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Sulsel dengan materi Konsep Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional sebagai pemateri pertama.

Sedangkan Kepala Instalasi Pengembangan Model Pelayan Kesehatan Tradisional, Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKTM) Makassar, dr. Nurwana, M. Si, dengan materi berjudul Asuhan Mandiri Pemanfaatan Akupresur, bertindak selaku pemateri kedua.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Vera Ramdhani
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik21 Juli 2024 12:41
Punya Pengalaman di Parlemen, Paket Hengki-Rangga Dinilai Tepat Pimpin Takalar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Nama Hengki Yasin dan Fahruddin Rangga dinilai bila berpaket untuk maju di Pilkada Takalar cukup ideal, mengingat ked...
Berita Utama21 Juli 2024 12:07
Babinsa Koramil Tamalatea Bersama Warga Karya Bakti Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Babinsa Tonrokassi Timur Koramil 03 Tamalatea Kodim 1425 Jeneponto, pimpin Karya Bakti pembersihan Saluran Air diwila...
Hukum21 Juli 2024 11:21
Masuk Tahapan SKD Catar, Begini Pesan Indah Pada Panitia Wilayah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Ind...
Politik21 Juli 2024 10:20
Perantau Asal NTT di Makassar Siap Berjuang Menangkan Andi Seto di Pilwalkot
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masyarakat perantau asal Nusa Tenggara Timur (NTT) kota Makassar berkunjung ke Markas Besar Andi Seto Asapa. Kedatang...