Logo Sulselsatu

Lindungi Nelayan di Kepulauan Selayar, Komisi IX Aliyah Mustika Berikan BPJS TK dengan Subsidi Iuran Tiga Bulan

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Rabu, 22 Juni 2022 17:40

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan oleh Anggota Komisi IX Aliyah Mustika Ilham di Kepulauan Selayar (dok. Ist)
Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan oleh Anggota Komisi IX Aliyah Mustika Ilham di Kepulauan Selayar (dok. Ist)

SULSELSATU.com, SELAYAR – Memberikan perlindungan bagi nelayan di Kepualauan Selayar, Komisi IX Aliyah Mustika Ilham menggandeng BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) memberikan jaminan serta subsidi pembayaran selama tiga bulan.

Anggota Komisi IX, Aliyah Mustika Ilham menyebut jika nelayan itu pekerjaan berisiko tinggi sehingga membutuhkan perlindungan. Juga, telah digratiskan iuran selama tiga bulan.

“Profesi nelayan itu bukan pekerjaan biasa, sehingga sangat membutuhkan perlindungan. Salah satunya nelayan yang ada di kabupaten Kepulauan Selayar,” tutur legislator Demokrat ini di tengah sosialisasi Jaminan Sosial di Hotel Rayhan Square Selayar, Selasa (21/6/2022) kemarin.

Baca Juga : Penerima KUR dan Debitur UKM Bank Sulselbar Dilindungi BPJamsostek

Ditanyai terkait upaya perlindungan yang dilakukannya, Aliyah menyebutkan jika pihaknya menggandeng BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, diharapkan upaya ini bisa melindungi keberlanjutan nelayan dan keluarganya dalam mencari nafkah.

“Tidak hanya itu, kami juga menggratiskan iuran pembayaran BPJS Ketenaga Kerjaan selama tiga bulan bagi nelayan,” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kepesertaaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, Lubies Latif menerangkan BPJS Ketenagakerjaan adalah sarana untuk memberikan pelindungan dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk nelayan.

Baca Juga : Peringati Pertambahan Usia, Aliyah Mustika Kunjungi Lapas Perempuan Sungguminasa Sambut Ramadan

“Program jaminan sosial ini akan melindungi para nelayan ketika bekerja dari risiko kecelakaan kerja, kematian hingga hari tua,” jelasnya.

Sehingga diharapkan hal ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. “Apalagi iuran pembayaran sudah diringannkan selama tiga bulan oleh ibu Aliyah Mustika Ilham,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aliyah Mustika Ilham juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Selayar atas segala upaya sebelumnya, melindungi para nelayan di Kepulauan Selayar.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi30 Juni 2022 15:39
Daerah di Sulawesi yang Sudah Terapkan Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Besok 1 Juli
SULSELSATU.com – Aturan beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar pakai aplikasi MyPertamina sudah mulai berlaku besok 1 Juli 2022. Aturan ters...
Berita Utama30 Juni 2022 15:01
Bersiap! Beli LPG 3 Kg Harus Daftar di Aplikasi MyPertamina
SULSELSATU.com – Membeli gas LPG 3 kg kini tidak lagi bisa dengan mudah. PT Pertamina (Persero) akan memperketat pembelian LPG 3 kg yang mewajib...
Pendidikan30 Juni 2022 14:48
Rektor UNM ke Wisudawan: Tunjukkan Jati Diri Sebagai Ilmuan yang Profesional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk pertama kalinya semenjak pandemi Covid-19, upacara wisuda di Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali diseleng...
Sulsel30 Juni 2022 14:28
Lantik 23 Pejabat Baru, Bupati Gowa Harap Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminis...