Logo Sulselsatu

Bendungan Bulango Ulu, Proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo Masuk Tahap Breakthrough

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 28 Juli 2022 18:10

Bendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak (dokumen: Kalla Group).
Bendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak (dokumen: Kalla Group).

SULSELSATU.com, MAKASSARBendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak.

Pembangunan terowongan pengelak sepanjang 466 meter dengan diameter 8,4 meter ini merupakan salah satu tahapan pembangunan Bendungan Bulango Ulu. Proses ini termasuk dalam tahapan pengerjaan yang sangat penting sebelum dibangunnya main dam atau bendungan utama Bulango Ulu.

Proyek ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 dan ditargetkan akan rampung pada awal tahun 2024 mendatang. Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga : PT Vale Kian Tegaskan Komitmen Hilirisasi Pertambangan Berkelanjutan Andil di Sewindu PSN

Bendungan yang membendung Sungai Mongiilo dengan luas genangan 1.178 hektare itu akan memberikan manfaat irigasi bagi 4.193 hektare sawah, 4,96 MW PLTA, memasok air bersih 2,2 meter kubik per detik, dan bisa mereduksi banjir hingga 84,62 persen. Panjang bendungan ini mencapai 358,75 meter.

Manager Proyek Pembangunan Bulango Ulu Paket-2 (myc) Divisi Operasi PT Bumi Karsa, Ir. Christianto BL menyampaikan, apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan memfasilitasi sehingga pembangunan Bendungan Bulango Ulu Paket-2 dapat berjalan lancar.

“Semoga kerja sama ini dapat terus terjaga hingga akhir proyek dan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Sulselsatu.com, Kamis, (27/7/2022).

Baca Juga : PT Bumi Karsa Segera Launching Proyek Pembangunan Rumah Sakit Regional La Mappapenning di Bone

Christianto menjelaskan, proyek multiyears ini juga memiliki sejumlah manfaat, diantaranya sebagai pengendali banjir yang kerap dihadapi oleh warga Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kota Gorontalo.

“Ke depannya diharapkan proyek Bendungan Bulango ini dapat menjadi destinasi wisata domestik yang dapat berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat terlebih warga,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar24 April 2024 13:26
Firman Pagarra Berbagi Inovasi KTR di Forum The 3rd Mayor Meeting For Eastern Indonesia
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memiliki komitmen yang tinggi dalam mengimplementasian Kawas...
Hukum24 April 2024 12:27
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak melant...
Makassar24 April 2024 09:30
Ketua TP PKK Kota Makassar Apresiasi Pihak di Kecamatan Makassar
Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail dengan penuh rasa bangga mengapresiasi sejumlah pihak di Kecamatan Makassar....
Video23 April 2024 23:59
VIDEO: Presiden Jokowi Beri Sepeda kepada Siswa SMK Rangas Usai Dites Hafalan Pancasila
SULSELSATU.com – Dua Siswa SMK Rangas Mamuju, Sulawesi Barat, Menerima Sepeda dari Presiden Jokowi Setelah Tes Hafalan Pancasila. Momen di mana ...