Logo Sulselsatu

Bendungan Bulango Ulu, Proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo Masuk Tahap Breakthrough

Sri Wahyudi Astuti
Sri Wahyudi Astuti

Kamis, 28 Juli 2022 18:10

Bendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak (dokumen: Kalla Group).
Bendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak (dokumen: Kalla Group).

SULSELSATU.com, MAKASSARBendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak.

Pembangunan terowongan pengelak sepanjang 466 meter dengan diameter 8,4 meter ini merupakan salah satu tahapan pembangunan Bendungan Bulango Ulu. Proses ini termasuk dalam tahapan pengerjaan yang sangat penting sebelum dibangunnya main dam atau bendungan utama Bulango Ulu.

Proyek ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 dan ditargetkan akan rampung pada awal tahun 2024 mendatang. Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga : Camat Tallo dan Ketua DPRD Makassar Terima Kunjungan Komisaris Utama Pelindo Bahas Progres Proyek MNP

Bendungan yang membendung Sungai Mongiilo dengan luas genangan 1.178 hektare itu akan memberikan manfaat irigasi bagi 4.193 hektare sawah, 4,96 MW PLTA, memasok air bersih 2,2 meter kubik per detik, dan bisa mereduksi banjir hingga 84,62 persen. Panjang bendungan ini mencapai 358,75 meter.

Manager Proyek Pembangunan Bulango Ulu Paket-2 (myc) Divisi Operasi PT Bumi Karsa, Ir. Christianto BL menyampaikan, apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan memfasilitasi sehingga pembangunan Bendungan Bulango Ulu Paket-2 dapat berjalan lancar.

“Semoga kerja sama ini dapat terus terjaga hingga akhir proyek dan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Sulselsatu.com, Kamis, (27/7/2022).

Baca Juga : Tujuh Proyek Stasiun Kereta Api Bumi Karsa Rencananya Beroperasi Tahun Ini

Christianto menjelaskan, proyek multiyears ini juga memiliki sejumlah manfaat, diantaranya sebagai pengendali banjir yang kerap dihadapi oleh warga Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kota Gorontalo.

“Ke depannya diharapkan proyek Bendungan Bulango ini dapat menjadi destinasi wisata domestik yang dapat berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat terlebih warga,” tutupnya.

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...