Logo Sulselsatu

Bendungan Bulango Ulu, Proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo Masuk Tahap Breakthrough

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 28 Juli 2022 18:10

Bendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak (dokumen: Kalla Group).
Bendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak (dokumen: Kalla Group).

SULSELSATU.com, MAKASSARBendungan Bulango Ulu yang merupakan proyek PT Bumi Karsa di Gorontalo sudah memasuki tahap breakthrough atau penerobosan terowongan pengelak.

Pembangunan terowongan pengelak sepanjang 466 meter dengan diameter 8,4 meter ini merupakan salah satu tahapan pembangunan Bendungan Bulango Ulu. Proses ini termasuk dalam tahapan pengerjaan yang sangat penting sebelum dibangunnya main dam atau bendungan utama Bulango Ulu.

Proyek ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 dan ditargetkan akan rampung pada awal tahun 2024 mendatang. Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga : Andil PT Bumi Karsa Tingkatkan Mutu Pendidikan, Beri Pelatihan Mahasiswa Hingga Raih Juara

Bendungan yang membendung Sungai Mongiilo dengan luas genangan 1.178 hektare itu akan memberikan manfaat irigasi bagi 4.193 hektare sawah, 4,96 MW PLTA, memasok air bersih 2,2 meter kubik per detik, dan bisa mereduksi banjir hingga 84,62 persen. Panjang bendungan ini mencapai 358,75 meter.

Manager Proyek Pembangunan Bulango Ulu Paket-2 (myc) Divisi Operasi PT Bumi Karsa, Ir. Christianto BL menyampaikan, apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan memfasilitasi sehingga pembangunan Bendungan Bulango Ulu Paket-2 dapat berjalan lancar.

“Semoga kerja sama ini dapat terus terjaga hingga akhir proyek dan dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” ungkapnya dalam rilis yang diterima Sulselsatu.com, Kamis, (27/7/2022).

Baca Juga : Program CSR PT Tombolo Energy Fasilitasi Perbaikan Jalan di Kecamatan Tombolo Pao Gowa

Christianto menjelaskan, proyek multiyears ini juga memiliki sejumlah manfaat, diantaranya sebagai pengendali banjir yang kerap dihadapi oleh warga Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kota Gorontalo.

“Ke depannya diharapkan proyek Bendungan Bulango ini dapat menjadi destinasi wisata domestik yang dapat berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat terlebih warga,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News26 November 2022 16:14
Lewat Global IT Challengen (GITC) 2022, LG Berdayakan Generasi Muda Disabilitas
LG berdayakan anak muda disablitas...
Video26 November 2022 15:58
VIDEO: Gerombolan Monyet Liar ‘Serang’ Pemukiman Warga di Bandung
SULSELSATU.com –  Sebuah video memperlihatkan gerombolan monyet menyerang pemukiman Warga Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam video terlihat sekita...
Pendidikan26 November 2022 12:25
Undang Reviewer Nasional, LP2M UNM Ajak Dosen Kembangkan Kualitas Penelitian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan seminar has...
Makassar26 November 2022 11:43
PHRI Bike Tour 2022 Lewati Destinasi Wisata, Kesempatan Perkenalkan Pariwisata Makassar
PHRI Bike Tour hadir di Makassar, momen perkenalkan pariwisata Makassar...