Logo Sulselsatu

Relawan Kelas Kita Kenalkan Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Mewarnai dan Mendongeng

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Jumat, 30 September 2022 18:10

Relawan Kelas Kita Kenalkan Kearifan Lokal Melalui Kegiatan Mewarnai dan Mendongeng

SULSELSATU.com, PALOPO – Relawan Kelas Kita, suatu komunitas belajar berdomisili di Palopo mengadakan kegiatan mewarnai dan mendongeng dalam rangka mengenalkan kearifan lokal, Minggu (26/9/2022).

Kegiatan ini memanfaatkan wahana permandian air terjun Siguntu berlokasi di Kecamatan Mungjakang, kelurahan Latuppa, Palopo. Kegiatan yang diikuti oleh 40 anak-anak ini turut dihadiri oleh Kamriah M.T Kaluku, seorang tokoh masyarakat yang selama ini aktif terlibat dalam kegiatan edukasi anak-anak.

Penggagas Relawan Kelas Kita, Kamriah saat ditemui di lokasi kegiatan mengatakan, kegiatan semacam ini dapat memberikan peluang belajar bagi anak-anak yang tinggal di pelosok. “Gerakan ini ini harapannya dapat menjadi gerakan yang massif sehingga tidak ada lagi alasan bagi anak-anak tidak dapat mengakses pendidikan”, ujarnya.

Adi, seorang peserta yang turut ikut dalam kegiatan ini mengatakan senang karena dapat belajar bersama meski di lakukan di ruangan terbuka. “Iye, saya senang mewarnai, apalagi dilaksanakan di tempat permandian”, ungkapnya.

Seperti diketahui, era global yang mengandalkan kecepatan dapat mengikis nilai-nilai lokal yang saat ini mulai dilupakan generasi milenial. Karena itu, seperti dikatakan Wahyuddin, ketua panita yang juga dimintai keterangannya mengatakan nilai-nilai lokal di saat ini tidak harus dilupakan begitu saja meski generasi muda saat ini banyak bersentuhan dengan nilai-nilai baru yang datang dari berbagai penjuru dunia.

“Saat ini merupakan era disrupsi, yakni suatu keadaan ketika masyarakat mengalami perubahan besar-besaran akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Identitas saat ini begitu penting, terutama yang bersumber dari kearifan lokal kita. Untuk itu sejak dini anak-anak mesti diperkenalkan dari mana mereka berasal agar tidak kehilangan pegangan di era kecepatan seperti sekarang ini,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video05 Desember 2022 22:40
VIDEO: Panggung Acara Anies Baswedan di Pekanbaru Ambruk
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan panggung acara Rapat Akbar Relawan Anies Baswedan di Pekanbaru roboh. Video tersebut terjadi saat r...
Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...