Logo Sulselsatu

Rayakan HUT ke-45, Pupuk Kaltim Hadirkan Festival UMKM di Kabupaten Gowa Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 19 November 2022 15:01

Pembukaan Festival UMKM Pupuk Kaltim dalam rangka HUT ke-45 (Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com)
Pembukaan Festival UMKM Pupuk Kaltim dalam rangka HUT ke-45 (Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, GOWAPupuk Kaltim menggelar Festival UMKM di Lapangan Sepak Bola Pallangga Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan (Sulsel). Festival UMKM ini sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Pupuk Kaltim ke-45 tahun.

Hadirnya Festival UMKM Pupuk Kaltim di Kabupaten Gowa Sulsel juga karena melihat Provinsi Sulsel sebagai lumbung beras Indonesia. Bukan hanya di Sulsel, Festival UMKM Pupuk Kaltim juga hadir di kota lainnya seperti Solo.

Komisaris Pupuk Kaltim Gustaaf AC Patty mengatakan Festival UMKM ini hadir di Sulsel karena melihat daerah ini sebagai lumbung beras di Indonesia.

Baca Juga : Pupuk Kaltim Salurkan 34 Ribu Ton Urea Subsidi ke Sulsel

“Memilih Sulsel untuk Festival UMKM karena daerah ini dikenal sebagai lumbung beras di Indonesia. Dengan ini diharapkan dapat menghadirkan kerja sama simbiosis mutualisme,” ujarnya saat ditemui di Lapangan sepak bola Pallangga, Sabtu, (19/11/2022).

VP Komisaris Korporat Pupuk Kaltim Tommy Johan Agusta mengatakan Festival UMKM Pupuk Kaltim menggandeng sekitar 20 UMKM masyarakat sekitar.

“Dengan Festival UMKM ini agar perekonomian masyarakat juga berputar. Selain memberikan hiburan, festival ini diharapkan juga dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga : Pupuk Kaltim Salurkan 34 Ribu Ton Urea Subsidi ke Sulsel

Festival UMKM Pupuk Kaltim di Kabupaten Gowa ini berlangsung selama dua hari mulai 19-20 November 2022. Dalam kesempatan ini, masyarakat yang hadir berkunjung akan mendapatkan undian doorprize berhadiah menarik serta voucer belanja di booth UMKM.

Pupuk Kaltim mencatat, Sulsel memiliki kontribusi 6,6 secara nasional. Angka ini mencatat Sulsel sebagai pangsa pasar terbesar di luar Pulau Jawa.

Kepala Desa Pallangga Amrah menerima kegiatan Pupuk Kaltim ini untuk dapat membantu masyarakatnya yang dominan petani. Desa Pallangga adalah salah satu daerah yang tanam padi hingga tiga kali di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pupuk Kaltim Salurkan 34 Ribu Ton Urea Subsidi ke Sulsel

“12 tahun lalu, kami merintis tanam 3 kali padi dalam setahun. Sebelumnya padi dua kali ditanam dalam setahun. Tanam ketiga itu palawija. Tanam ketiga kali ini sudah 12 tahun berjalan,” ujar Amrah.

Dalam kesempatan itu, Amrah berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi petani selama ini yakni kelangkaan pupuk.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi03 Desember 2022 06:45
Sulsel Inflasi 0,25 Persen di November 2022, Lebih Tinggi dari Nasional
Sulsel inflasi sebesar 0,25 persen, lebih tinggi dari nasional...
Politik02 Desember 2022 23:28
Kunjungan Anies Baswedan ke Sulsel Dimajukan, NasDem Maros Matangkan Persiapan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Maros, siap menyambut kedatangan Calon Presiden pilihan NasDem An...
Makassar02 Desember 2022 22:16
Efisiensi Waktu Tempuh dan Bersubsidi, Makassar ke Bone Jalur Udara Hanya 30 Menit
SULSELSATU.com, MAROS – Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meresmikan penerbangan perdana SUSI Air rute Makassar – Bone di B...
Video02 Desember 2022 21:47
VIDEO: DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI
SULSELSATU.com – Rapat internal Komisi I DPR RI menyetujui Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI. Rapat internal Komisi I DPR RI yan...