Logo Sulselsatu

Buat Kendaraan Tetap Prima, Berikut Ini Tips Rawat Motor di Musim Hujan Ala Asmo Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 23 November 2022 16:06

Tips merawat kendaraan ala Asmo Sulsel (dokumen: istimewa)
Tips merawat kendaraan ala Asmo Sulsel (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membagikan tips merawat motor saat musim hujan. Tujuannya agar motor tetap prima dan membuat pengendara nyaman dan aman.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan Ignatius Nindyatama mengatakan bahwa perawatan motor akan lebih ekstra di musim hujan.

Hal itu karena air hujan mengandung zat asam tinggi berpotensi merusak suku cadang dan membasahi komponen pengapian.

Baca Juga : Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point

“Jika itu terjadi, motor akan mogok di jalan. Maka dari itu, kita harus merawat motor dengan lebih ekstra saat musim hujan,” kata Ignatius di Kota Makasar, Rabu (23/11/22).

Ignatius pun membagikan beberapa tips untuk merawat motor tetap prima di musim hujan. Pertama kata Ignatius, cuci motor dengan rutin. Itu perlu dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel sekaligus membasuh sisa-sisa air hujan di motor.

“Jangan beranggapan bahwa mencuci motor saat hujan itu sia-sia. Justru sebaliknya, saat musim hujan, motor harus sering dicuci agar kotoran dan sisa air hujan yang menempel tidak mengganggu performa motor,” ucapnya.

Baca Juga : Jangan Lewatkan Program NOVEMBERIDE22! Diskon Rp500 Ribu untuk Pembelian CB150X Melalui Motorku X

Tips kedua adalah agar pengendara rajin cek busi. Busi merupakan titik awal pengapian. Pengecekan menjadi krusial untuk memastikan busi tetap kering. Genangan air di jalan berpotensi masuk ke bagian busi.

“Rajin-rajin mengecek busi. Jangan sampai, busi kemasukan air. Itu bisa buat motor mogok. Kita bisa menggunakan kain lap untuk memastikan busi tetap kering dan proses perapian berjalan lancar,” tuturnya.

Tips ketiga adalah pastikan permukaan dan tekanan angin ban baik. Ignatius mengatakan, saat musim hujan kondisi jalan akan licin sehingga rentan terjadi kecelakaan. Jika permukaan ban sudah halus harus segera diganti untuk menghindari kecelakaan karena terpeleset.

Baca Juga : Dua Komunitas Honda Makassar Ikut Ramaikan CBR Track Day di Mandalika

“Penting juga memastikan tekanan angin pada ban. Genangan air hujan membuat lubang di jalan tidak terlihat dan kita melewatinya. Jika tekanan angin pada ban tidak bagus, itu berpotensi menyebabkan kebocoran,” ucapnya.

Selanjutnya tips keempat adalah cek kondisi rantai. Menurut Ignatius, rantai menjadi komponen yang sering terkena cipratan air. Itu membuat pelumas pada rantai hilang dan berkarat.

“Kita harus rutin membersihkan rantai motor. Jangan lupa, saat membersihkan, kita harus memberikan pelumas supaya rantai bisa berjalan optimal,” ucapnya.

Baca Juga : Dua Komunitas Honda Makassar Ikut Ramaikan CBR Track Day di Mandalika

Kemudian untuk tips terakhir yakni periksa dan bersihkan kampas rem. Ignatius menjelaskan, rem motor kerap berdecit saat hujan karena basah. Selain itu, pasir-pasir pun bisa menempel di rem yang membuat rem tidak berjalan optimal.

“Maka penting untuk membersihkan rem. Agar suara berdecit hilang, kita bisa menginjak pedal rem beberapa kali agar kampas rem kering dan terbebas dari pasir yang menempel,” katanya.

“Merawat motor di musim hujan itu gampang-gampan susah. Namun, kita bisa menerapkan tips di atas supaya motor tetap prima dan kita pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman,” tambahnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video05 Desember 2022 22:40
VIDEO: Panggung Acara Anies Baswedan di Pekanbaru Ambruk
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan panggung acara Rapat Akbar Relawan Anies Baswedan di Pekanbaru roboh. Video tersebut terjadi saat r...
Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...