Logo Sulselsatu

Finalis Academic Leader 2022, Rektor UNM Buktikan Sebagai Pemimpin Segudang Prestasi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 26 November 2022 19:23

Finalis Academic Leader 2022, Rektor UNM Buktikan Sebagai Pemimpin Segudang Prestasi

SULSELSATU.com, JAKARTA – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, saat ini tengah mengikuti proses kegiatan Rektor Academic Leader 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek, di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Nama Prof Husain Syam masuk dalam nominator peraih award Rektor Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) bersama tiga pimpinan perguruan tinggi lain diantaranya, Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Anis Saggaff dan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha, Prof I Nyoman Jampel.

Dihadapan para Tim penilai yang terdiri dari unsur akademisi kampus terbaik di Indonesia dan pejabat Kemdikbudristek, Prof Husain Syam memaparkan secara lugas dan interaktif dalam sesi tanya jawab.

Pada tahapan presentasi, Prof Husain Syam menyampaikan poin-poin penting antara lain: menghasilkan ratusan artikel ilmiah yang terpublikasi pada Jurnal Internasional bereputasi yang terindex Scopus dan Web of Science.

Begitu juga artikel pada Jurnal Nasional terindex Google Scholar dan Sinta, dengan menghasilkan 26 karya yang telah memperoleh HAKI serta 6 buku referensi lainnya.

Karena itu, Rektor UNM dua periode tersebut telah menghantarkan prestasi gemilang bagi UNM antara lain akreditasi A dari BAN PT pada tahun 2017 dan 2022. Pada tahun 2016 dengan 8 jumlah Prodi akreditasi A, capaian saat ini dari 120 Prodi telah menghasilkan 37 Prodi akreditasi A dan 15 akreditasi unggul serta 3 diantaranya terakreditasi Internasional ASIIN.

UNM meraih peringkat 4 SDM terbaik perguruan tinggi (PT) se-Indonesia (2017), meraih peringkat 20 PTN dan PTS se-Indonesia (2018). Sejak tahun 2019 telah berubah dari PTN Satker menjadi BLU. Pada tahun 2019 hadir OTK dan statu baru UNM sebagai acuan organisasi dan tata kerja merevisi OTK dan statuta (2007).

Pembuktian bahwa UNM menjaga standarisasi layanan Perguruan Tinggi mendapatkan SNI Awards tiga tahun berturut-turut 2018, 2019, dan 2021 meraih peringkat perak oleh Badan Standarisasi Nasional serta tahun 2022 ini telah mendapatkan undangan SNI awards dari BSN untuk penganugerahan tersebut.

Sementara pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPM), Prof Husain Syam memaparkan bahwa UNM menempati peringkat ke-1 sebagai penerima hibah program riset keilmuan dan hibah pendanaan PPM (2022).

Pembelajaran di UNM terintegrasi dengan LMS SYAM-OK sebagai aplikasi pembelajaran daring bagi civitas akademika UNM telah digunakan 2.810 dosen dari 936 PT, 473 mahasiswa dari 99 PT di Indonesia. SYAM-OK menyabet penghargaan dari SPADA Awards sebagai learning design terbaik (2021).

Inovasi unggul yang ditampilkan yaitu desain rancangan dan penerapan 1) mesin parut kelapa rumah tangga yang efisien dan praktis, 2) mesin pencacah rumput multi fungsi, dan 3) motor taxi pengangkut gabah pematang sawah.

“Saya dan civitas akademika UNM bangga sebagai finalis atas keberhasilan dan capaian prestasi baik sebagai ilmuan, Rektor, dan UNM secara institusi. Hal ini merupakan bukti penerapan kepemimpinan kolektif kolegial dan capaian yang diraih dengan kerjasama, kolaborasi hingga berbuah kesuksesan bersama,” ungkap Guru Besar di Bidang Pertanian ini.

Menurutnya, proses ini tidak mudah karena memotret portofolio prestasi yang telah dicapai melalui sistem yang transparan. Hal ini membuktikan bahwa ia tetap fokus sebagai Rektor juga melaksanakan tanggungjawab sebagai dosen dan ilmuwan dengan menjalankan tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

“Alhamdulillah dengan momentum ini juga dapat menepis persepsi ditengah masyarakat bahwa saya mementingkan menuju Pilkada 2024. Semoga proses seleksi hari ini mendapatkan hasil yang terbaik sebagai finalis Rektor Academic Leader Award 2022,” tegasnya.

Sekadar diketahui, program ini telah melalui tahapan seleksi dokumen dan menetapkan masing-masing tiga Rektor sebagai nominator yang berasal dari PTN Satker, BLU, dan PTN-BH. Sembil

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Februari 2023 22:45
Danny Pomanto Promosikan ‘Makassar Kota Makan Enak’ di Puppet Show Kalla Toyota
SULSELSATU.com,MAKASSAR, — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto membuka secara resmi Puppet Show yang digelar oleh Kalla Toyota di Nipah Mall, K...
Video02 Februari 2023 22:31
VIDEO: Penampakan Pasca Banjir Bandang di Pare-pare
SULSELSATU.com – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Parepare sejak sore kemarin, akibatnya sejumlah wilayah terdampak banji...
News02 Februari 2023 22:19
Dukung Produktivitas Usaha Warga, Amartha Foundation Resmikan Desa Digital
Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org meresmikan program Desa Digital Amartha di Desa Tambu, Balaesang, Donggala, S...
Makassar02 Februari 2023 21:58
Tiga Proyek Besar yang Gagal Lelang, Danny: Kita Sempurnakan, Diselesikan November
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga Proyek besar Pemerintah Kota Makassar mengalami gagal lelang dalam tender dini 2022. Ketiga Proyek tersebut diketahu...