Logo Sulselsatu

Finalis Academic Leader 2022, Rektor UNM Buktikan Sebagai Pemimpin Segudang Prestasi

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Sabtu, 26 November 2022 19:23

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Husain Syam, saat ini tengah mengikuti proses kegiatan Rektor Academic Leader 2022 yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya Manusia Dirjen Diktiristek Kemdikbudristek, di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Nama Prof Husain Syam masuk dalam nominator peraih award Rektor Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) bersama tiga pimpinan perguruan tinggi lain diantaranya, Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Anis Saggaff dan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha, Prof I Nyoman Jampel.

Dihadapan para Tim penilai yang terdiri dari unsur akademisi kampus terbaik di Indonesia dan pejabat Kemdikbudristek, Prof Husain Syam memaparkan secara lugas dan interaktif dalam sesi tanya jawab.

Pada tahapan presentasi, Prof Husain Syam menyampaikan poin-poin penting antara lain: menghasilkan ratusan artikel ilmiah yang terpublikasi pada Jurnal Internasional bereputasi yang terindex Scopus dan Web of Science.

Begitu juga artikel pada Jurnal Nasional terindex Google Scholar dan Sinta, dengan menghasilkan 26 karya yang telah memperoleh HAKI serta 6 buku referensi lainnya.

Karena itu, Rektor UNM dua periode tersebut telah menghantarkan prestasi gemilang bagi UNM antara lain akreditasi A dari BAN PT pada tahun 2017 dan 2022. Pada tahun 2016 dengan 8 jumlah Prodi akreditasi A, capaian saat ini dari 120 Prodi telah menghasilkan 37 Prodi akreditasi A dan 15 akreditasi unggul serta 3 diantaranya terakreditasi Internasional ASIIN.

UNM meraih peringkat 4 SDM terbaik perguruan tinggi (PT) se-Indonesia (2017), meraih peringkat 20 PTN dan PTS se-Indonesia (2018). Sejak tahun 2019 telah berubah dari PTN Satker menjadi BLU. Pada tahun 2019 hadir OTK dan statu baru UNM sebagai acuan organisasi dan tata kerja merevisi OTK dan statuta (2007).

Pembuktian bahwa UNM menjaga standarisasi layanan Perguruan Tinggi mendapatkan SNI Awards tiga tahun berturut-turut 2018, 2019, dan 2021 meraih peringkat perak oleh Badan Standarisasi Nasional serta tahun 2022 ini telah mendapatkan undangan SNI awards dari BSN untuk penganugerahan tersebut.

Sementara pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PPM), Prof Husain Syam memaparkan bahwa UNM menempati peringkat ke-1 sebagai penerima hibah program riset keilmuan dan hibah pendanaan PPM (2022).

Pembelajaran di UNM terintegrasi dengan LMS SYAM-OK sebagai aplikasi pembelajaran daring bagi civitas akademika UNM telah digunakan 2.810 dosen dari 936 PT, 473 mahasiswa dari 99 PT di Indonesia. SYAM-OK menyabet penghargaan dari SPADA Awards sebagai learning design terbaik (2021).

Inovasi unggul yang ditampilkan yaitu desain rancangan dan penerapan 1) mesin parut kelapa rumah tangga yang efisien dan praktis, 2) mesin pencacah rumput multi fungsi, dan 3) motor taxi pengangkut gabah pematang sawah.

“Saya dan civitas akademika UNM bangga sebagai finalis atas keberhasilan dan capaian prestasi baik sebagai ilmuan, Rektor, dan UNM secara institusi. Hal ini merupakan bukti penerapan kepemimpinan kolektif kolegial dan capaian yang diraih dengan kerjasama, kolaborasi hingga berbuah kesuksesan bersama,” ungkap Guru Besar di Bidang Pertanian ini.

Menurutnya, proses ini tidak mudah karena memotret portofolio prestasi yang telah dicapai melalui sistem yang transparan. Hal ini membuktikan bahwa ia tetap fokus sebagai Rektor juga melaksanakan tanggungjawab sebagai dosen dan ilmuwan dengan menjalankan tri dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

“Alhamdulillah dengan momentum ini juga dapat menepis persepsi ditengah masyarakat bahwa saya mementingkan menuju Pilkada 2024. Semoga proses seleksi hari ini mendapatkan hasil yang terbaik sebagai finalis Rektor Academic Leader Award 2022,” tegasnya.

Sekadar diketahui, program ini telah melalui tahapan seleksi dokumen dan menetapkan masing-masing tiga Rektor sebagai nominator yang berasal dari PTN Satker, BLU, dan PTN-BH. Sembil

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 April 2024 23:47
VIDEO: Diduga Buat Curang, Konsumen Marahi Kasir Minimarket
SULSELSATU.com – Seorang kasir minimarket mendapat teguran dari seorang konsumen yang diduga mengalami kekurangan uang kembalian. Video insiden ...
OPD16 April 2024 23:46
Pimpin Raker Bersama OPD, Syaharuddin Alrif Kembali Minta Pj Gubernur Bantu Stabilkan Harga Gabah dan Jagung
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi B bidang ekonomi DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan rapat kerja pembahasan LKPJ Gubernur Sul...
Video16 April 2024 22:45
VIDEO: Anak Tertidur dalam Mobil Terkunci, Warga Berusaha Menggoyangkan Mobil
SULSELSATU.com – Seorang anak kecil di Nganjuk, Jawa Timur yang tertidur dalam mobil bikin heboh. Lantaran dirinya tertidur di mobil yang terkun...
Lifestyle16 April 2024 21:00
Astra Motor Sulsel Gandeng 42 UMKM Beri Promo Bagi Pengguna Aplikasi MotorkuX
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) punya kabar bahagia bagi masyarakat Makassar, Gowa, dan Kendari. Bersama 42 UMKM, Asmo Sulsel menggelar pro...