Logo Sulselsatu

Asosiasi PKL Pasar Sentral Apresiasi Gerak Cepat Pemkot Makassar Atasi Dampak Kebakaran

Asrul
Asrul

Rabu, 28 Desember 2022 17:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Asosiasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Sentral Makassar menyebut, kebakaran yang terjadi di kawasan Pasar Sentral, Selasa malam (27/12/2022) merupakan kali ke-4 terjadi dalam kurung waktu beberapa tahun terakhir.

“Selama saya di sini menjadi pedagang, ini sudah kebakaran ke empat kalinya,” ungkap Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Makassar Hasniah, Rabu (28/12/2022).

Walau begitu, Hasniah mengungkapkan rasa syukur. Sebab, setiap kali terjadi kebakaran di Pasar Sentral, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar selalu hadir memberikan harapan.

Baca Juga : Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar

Harapan yang diberikan Pemkot Makassar, lanjut Hasniah dengan menjanjikan pembangunan lapak baru pasca kebakaran. Lapak baru tersebut pun dipastikan Walikota Danny Pomanto rampung sebelum masuk Ramadan.

“Tidak ada yang tersisa, kami harus mencari modal lagi serta memulai untuk berutang tapi satu dua hari ini kita diundang untuk rapat oleh pak Walikota Makassar,” ungkap Hasniah.

Hasniah juga berharap tidak hanya pemerintah yang memberikan bantuan, tetapi masyarakat yang mampu secara ekonomi juga bisa menyumbang untuk kebutuhan pedagang korban kebakaran.

Baca Juga : Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan

Para pedagang yang berjualan di emperan jalan kata Hasniah sangat ingin masuk ke dalam Gedung Pasar Sentral. Namun apa daya, mahalnya satu petak kios tidak mampu dibeli pedagang.

“Sebetulnya kami sangat senang dan gembira untuk menjual di dalam, tapi melihat ekonomi kita tidak memungkinkan, maklum kita pedagang kaki lima,” ucapnya.

Hasniah menceritakan peristiwa kebakaran yang menghanguskan lebih dari 100 kios di Pasar Sentral. Api pertama kali membakar bagian tengah wilayah blok B.

Baca Juga : Menteri PPPA Apresiasi Tiga Inovasi di Kota Makassar

Masyarakat dibuat kewalahan untuk memadamkan si jago merah sebab api begitu cepat melahap barang-barang yang ada di dalam kios.

“Yang jelas tidak banyak pemadam kebakaran, saya lihat cuma tiga mobil. Di ujung sana tidak ada, kemudian setelah beberapa lama baru Damkar berdatangan,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Muhammad Junaedi
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...