Logo Sulselsatu

Andi Hatta Marakarma dan Andi Maradang Mackulau Maju DPD RI, Siapa Jago?

Asrul
Asrul

Selasa, 17 Januari 2023 13:29

Datu Luwu Andi Maradang Mackulau dan Anggota DPRD Sulsel Andi Hatta Marakarma. Sulselsatu.com
Datu Luwu Andi Maradang Mackulau dan Anggota DPRD Sulsel Andi Hatta Marakarma. Sulselsatu.com

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pertarungan di bursa calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Sulsel pada Pemilu 2024 begitu sengit.

Setidaknya ada 2 calon kandidat yang dipastikan akan bertarung ketat, yakni anggota DPRD Sulsel Andi Hatta Marakarma dan Datu Luwu Andi Maradang Mackulau.

Kedua tokoh asal Luwu Raya ini memastikan diri akan diberi amanah oleh rakyat untuk duduk sebagai Senator pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga : Andi Sudirman Serahkan Bantuan Keuangan Rp25,5 Miliar ke Pemkab Luwu

Kepada awak media, Hatta Marakarma mengatakan dirinya maju karena ingin berbuat banyak untuk masyarakat. Apalagi tugas dari DPD RI ini menyangkut otonomi daerah.

“Sejauh ini terjadi ketimpangan daerah dan pusat. Sehingga butuh sinergitas agar terjadi pemerataan di segala sektor,” katanya di Kantor DPRD Sulsel, Selasa (17/1/2023).

Soal rivalitasnya dengan Datu Luwu Maradang Mackulau, Hatta meminta agar tak dibenturkan, sebab semua kembali ke masyarakat yang nantinya akan memilih.

Baca Juga : Maju DPD RI, Hatta Marakarma Ogah Pakai Infrastruktur Partai Golkar

“Saya sama dengan Datu Luwu, yang pasti mudah-mudahan bisa dua kursi kan. Apa artinya jabatan itu kalau mau memutus hubungan persaudaraan atau silaturahmi,” ujar Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel itu.

Opu Hatta sapaannya mengatakan masyarakat Luwu Raya harus solid dan bersatu memilih calon putra asli Luwu Raya.

“Kalau ke Datu (Maradang Mackulau) solid kesitu, tapi misalnya pilih saya ya bersatu. Tapi, kan pada prinsipnya, Datu bisa fokus di Luwu Raya, saya juga bisa di luar,” tutur mantan Bupati Luwu Timur ini.

Baca Juga : 26 Calon DPD Diharapkan Setor Dukungan Minimal ke KPU Sulsel

Meski dia tercatat sebagai kader Golkar, Opu Hatta mengaku tak akan bekerja melibatkan infrastruktur partai berlambang pohon beringin tersebut.

“Kalau saya misalnya pakai infrastruktur Golkar, NasDem tidak padahalkan saya punya hubungan baik dengan orang-orang NasDem. Jadi saya pakai pendekatan kekeluargaan, pertemanan itu,” ungkap anggota Komisi C ini.

Meski Opu Hatta membutuhkan dukungan masyarakat di 24 kabupaten dan kota, ia mengaku belum berkeliling Sulsel.

Baca Juga : 26 Calon DPD Diharapkan Setor Dukungan Minimal ke KPU Sulsel

“Belum, saya kan punya teman di sini (anggota DPRD Sulsel), mereka representasi masyarakat Sulsel,” demikian kader senior partai Golkar itu.

Sementara itu, Andi Maradang mengatakan hampir sepuluh tahun ia menjabat sebagai Datu Luwu, Wija To Luwu tidak bisa berbuat apa-apa.

“Tujuan akhir saya, saya ingin Luwu Raya bersatu. Sekali lagi, saya ingin Luwu Raya bersatu, tidak ada waktu lagi untuk kita berdiam idiri. Tepatnya jadikan provinsi (Luwu Raya). Karena kalau tidak, ya kita begini-begini saja,” ujarnya kepada wartawan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News02 Februari 2023 22:19
Dukung Produktivitas Usaha Warga, Amartha Foundation Resmikan Desa Digital
Amartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org meresmikan program Desa Digital Amartha di Desa Tambu, Balaesang, Donggala, S...
Makassar02 Februari 2023 21:58
Tiga Proyek Besar yang Gagal Lelang, Danny: Kita Sempurnakan, Diselesikan November
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tiga Proyek besar Pemerintah Kota Makassar mengalami gagal lelang dalam tender dini 2022. Ketiga Proyek tersebut diketahu...
Sulsel02 Februari 2023 21:35
Pemkot Parepare Gerak Cepat Salurkan Bantuan ke Korban Banjir
SULSELSATU.com, Parepare — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaui Dinas Sosial (Dinsos) bergerak cepat menyalurkan bantuan, pasca bencana banj...
Makassar02 Februari 2023 21:04
Bersama Kajati Sulsel Danny Pomanto Resmikan Rumah Dinas Asisten Kejati Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto bersama Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Raden Febrytrianto meresmikan Rumah Dina...