Logo Sulselsatu

Dukung Produktivitas Usaha Warga, Amartha Foundation Resmikan Desa Digital

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 02 Februari 2023 22:19

Peresmian Desa Digital Amartha (dokumen: istimewa)
Peresmian Desa Digital Amartha (dokumen: istimewa)

SULSELSATU.comAmartha Foundation (Yayasan Tanggung Renteng Sejahtera) atau Amartha.org meresmikan program Desa Digital Amartha di Desa Tambu, Balaesang, Donggala, Sulawesi Tengah pada Selasa (31/1/2023) lalu.

Program Desa Digital Amartha merupakan inisiatif dari Amartha.org yang menyediakan fasilitas titik akses wifi gratis bagi masyarakat untuk mendukung peningkatan produktivitas usaha warga. Disediakan juga sarana belajar bagi anak-anak di pedesaan.

Pada tahap pertama, terdapat lima desa tanpa akses internet di Sulawesi Tengah yang terpilih untuk dijadikan Desa Digital Amartha. Lima desa tersebut yakni Desa Tinabogan, Desa Toaya Vunta, Desa Tambu, Desa Iloheluma, dan Desa Maleo.

Desa Digital Amartha ini ditujukan untuk menjembatani dan mengurangi digital poverty atau ketimpangan literasi digital, serta memberikan ruang berinovasi dan berkumpul bagi seluruh lapisan masyarakat di pedesaan sekitar.

Menurut laporan Profil Internet Indonesia 2022 yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penggunaan internet masih terpusat di Pulau Jawa dengan persentase 43,92 persen, diikuti dengan Sumatera di 16,63 persen, dan Pulau Sulawesi di posisi ketiga dengan persentase 5,53 persen.

Desa Digital Amartha merupakan wujud komitmen dalam mengurangi kesenjangan digital. Di era transformasi digital, kecakapan penggunaan gawai digital untuk keperluan produktif akan membantu percepatan mencapai kesejahteraan. Sayangnya masyarakat pedesaan kerap mengalami kesulitan untuk mengakses internet, sehingga Amartha perlu memfasilitasinya dengan membangun jaringan via satelit dan membuat internet hub,” kata Aria Widyanto, Chief Risk & Sustainability Officer Amartha.

Selain penyediaan infrastruktur, Amartha.org juga melakukan intervensi untuk memastikan fasilitas ini bisa tepat guna, salah satunya lewat edukasi literasi digital. Desa Digital Amartha tidak hanya menyediakan fasilitas internet gratis bagi masyarakat sekitar, namun juga secara aktif mengadakan edukasi tentang penggunaan internet agar penyediaan fasilitas ini dapat dioptimalkan.

Kepala Desa Balaesang Andi Liu menyambut baik dan mendukung inisiatif ini. Katanya, warga desa memiliki minat yang cukup tinggi untuk mengadopsi teknologi yang diharapkan dapat menunjang aktivitas mereka. Namun tidak banyak warga di desa ini yang mengetahui cara memanfaatkan internet untuk meningkatkan produktivitas.

“Dengan adanya penyediaan fasilitas internet gratis sekaligus edukasi literasinya, kami optimis para pelaku usaha, pelajar, ibu rumah tangga, dan seluruh lapisan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan kapabilitas mereka. Kami sangat berterima kasih atas inisiatif dari Amartha.org dalam menyejahterakan desa kami,” katanya.

Sebagai informasi, Amartha Foundation atau Amartha.org merupakan bagian dari inisiatif keberlanjutan Amartha yang mengedepankan keseimbangan antara kinerja bisnis dan peningkatan taraf hidup bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...