Logo Sulselsatu

Suharmika Apresiasi Kinerja DPU Makassar Terkait Proyek Jalan

Asrul
Asrul

Minggu, 30 Juli 2023 13:58

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar mengebut pengerjaan proyek jalan. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menargetkan keseluruhan proyek bisa rampung pada Oktober mendatang.

Sebagaimana diketahui, DPU sebelumnya membeberkan telah menggelontorkan Rp300 miliar untuk pengerjaan tahun ini.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan DPU Makassar, Noorhaq Alamsyah mengatakan, total pemkot telah berhasil merealisasikan sebesar 70 persen paket yang berhasil dikerjakan atau sudah mencapai 78 paket jalan, dari total 111 paket jalan.

Baca Juga : Cerita Mario David Awal Mula Terjun ke Politik Hingga Jadi Anggota DPRD Makassar

Rinciannya, sebanyak 27 paket pengerjaan jalan aspal yang berhasil terealisasi dari total 30 paket.

Sedangkan untuk jalan lingkungan, pemkot berhasil merealisasikan sebanyak 26 paket dari total 31 paket jalan. Sedangkan untuk jalan beton, Pemkot berhasil menyelesaikan sebanyak 25 paket dari total 50 paket atau sekitar 50 persen.

“Jadi pekerjaan semua ini sedang on progress, dan variatif,” ujarnya.

Baca Juga : Anggota DPRD Makassar Yeni Rahman Harap Semangat Belajar Kartini Bisa Diteladani

Dia mengakui ada beberapa paket jalan yang lambat direalisasikan. Namun ini kata dia sudah didorong secara maksimal. Pun ini sudah cukup progresif dibanding bulan yang sama dalam beberapa tahun terakhir.

“Jadi sangat luar biasa akselerasinya. Karena kalau dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya, itu baru tahun ini yang paling cepat,” ujarnya.

Menurutnya pengerjaan jalan ini bukan pengerjaan yang mudah. Apalagi jika melihat paket dan jumlah jalan yang harus dikerjakan itu disebut sangat banyak di Makassar.

Baca Juga : 10 Tahun Kiprah Rudianto Lallo Kawal Aspirasi Warga Makassar di Parlemen

“Yang jelas kita target itu, bulan 10 sudah selesai semua pekerjaannya. Jadi untuk pekerjaan itu semua urgen untuk dikerjakan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Noorhaq mengatakan, sudah ada denda yang disiapkan bagi tiap kontraktor yang lamban menyelesaikan pengejaan proyek. Ini sudah beberapa kali terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Anggota Komisi C DPRD Makasssar Andi Suharmika mengatakan, pengerjaan jalan tahun ini diakui cukup progresif dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga : Legislator PKS Makassar Azwar Rasmin Bicara Bahaya Politik Uang Saat Pileg

Hanya saja melihat kondisi jalan di Makassar, kata dia masih banyak yang mengantre untuk diselesaikan dan butuh dianggarkan di tahun 2024 mendatang.

“Itu banyak sekali usulan satu Makassar yung masuk usulan ini, karena jalan ini selalu ada yang rusak tiap tahunnya,” ujarnya.

Khususnya jalan-jalan yang membutuhkan perubahan eksisting, akibat kerap terendam air. Beberapa jalan yang terendam air ini adalah jalan aspal dan sangat rentan mengalami kerusakan jika tidak digantikan dengan beton.

Baca Juga : Komisi B DPRD Makassar Minta PD Pasar Selesaikan Tugas Usai Lebaran

“Makanya di tahun 2024 kita mau ini ada diskusi panjang lagi, oleh Dinas PU. Tentunya dengan mempertimbangkan usulan yang sifatnya prioritas dan urgen,” sambung legislator Golkar ini.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News28 April 2024 17:30
Menteri ATR/BPN Datang Langsung ke Kabupaten Gowa Serahkan Sertifikat Tanah ke Masyarakat
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyer...
Makassar28 April 2024 17:07
Menteri ATR Serahkan Sertipikat Elektronik ke Pemkot Makassar Senilai Rp3 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono memberikan secara langsung sertipikat elektronik hak pengelo...
Metropolitan28 April 2024 16:44
Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Budidaya pisang cavendish yang diinisiasi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, sejak awal menjabat menunjukk...
Bisnis28 April 2024 16:06
Raja Madu Sulawesi Lolos Bootcamp PINOTI Kemenperin, Gerbang Menuju Pasar Retail Modern
PT Lontara Jaya Nusantara yang menghasilkan produk Raja Madu Sulawesi berhasil lolos ikut Bootcamp Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (...