Logo Sulselsatu

Memberi Tip di Korea Selatan Dianggap Tidak Sopan, Menjadi Bentuk Penghinaan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 02 Oktober 2023 21:32

Memberi tip bagi pekerja di Korea Selatan dianggap sebagai bentuk penghinaan. Foto: Internet
Memberi tip bagi pekerja di Korea Selatan dianggap sebagai bentuk penghinaan. Foto: Internet

SULSELSATU.comTip di Korea Selatan dianggap sebagai bentuk penghinaan. Pekerja yang diberi tip dinilai membutuhkan belas kasihan.

Seorang guru paruh waktu di Seoul Kim Hyun-Jung mengatakan, memberi uang kepada seseorang mungkin membuat pemberi seperti melihat bahwa orang itu tidak punya uang.

“Hal itu dapat menimbulkan rasa empati dan orang tersebut mungkin berpikir bahwa Anda mengasihani mereka atau bahkan merasa Anda tidak menghargai mereka,” katanya dikutip dari detikcom, Senin (2/10/2023).

Baca Juga : Kim Jong Un Perintahkan Angkatan Bersenjata Miliknya Musnahkan Korea Selatan

Dilansir dari detikcom, pemberian tip juga memunculkan kekhawatiran untuk melakukan ‘gapjil’ kata dalam bahasa Korea yang berarti eksploitasi terhadap pekerja.

Kondisi ketika para staf sudah menerima tip, bos mereka tidak perlu lagi bermurah hati dalam memberikan upah minimum yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Sementara itu, Park Yeong-seon, seorang mahasiswa ekonomi di Universitas Perempuan Seoul juga sangat menentang pemberian tip ini menjadi hal yang biasa di Korea Selatan.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Danny Pomanto Jajaki Kerja Sama Smart Street Lighting Project

Ia meyakini tradisi ini tidak akan pernah populer. Dia menambahkan bahwa “budaya” memberikan tip ini secara luas mampu “menghancurkan budaya dan ekonomi Korea”.

“Warga Korea sebagian besar berorientasi pada orang lain dan sering membandingkan diri mereka dengan orang lain,” katanya kepada DW.

“Mereka tidak suka jika orang lain meremehkan mereka. Saya dulu bekerja paruh waktu di sebuah toko daging dan menerima tip dari pria yang lebih tua. Uang tip itu … membuat saya merasa tidak enak karena saya merasa mendapatkan simpati.”

Baca Juga : Danny Pomanto Sebut Pesta Adat Je’ne-Je’ne Sappara Ibarat Menjaga Akar Pohon Kebudayaan

Orang Korea juga menganggap keadilan sebagai nilai yang penting, tambah Park.

Nilai itu berarti seseorang harus menerima upah yang adil untuk pekerjaan yang adil, di mana hal ini akan terdistorsi jika pemberian tip menjadi lumrah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...
Video01 Maret 2024 18:22
VIDEO: Pria yang Rekam Rok Wanita di Minimarket di Toraja Minta Maaf
SULSELSATU.com – Sebelumnya media sosial dihebohkan dengan seorang pria yang tertangkap kamera CCTV melakukan tindakan tidak senonoh. Kejadian i...