Logo Sulselsatu

Prof Basri Modding Melawan! Siap Gugat Yayasan Wakaf UMI ke PTUN Makassar

Asrul
Asrul

Selasa, 10 Oktober 2023 11:04

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof Basri Modding akan melakukan perlawanan kepada Yayasan Wakaf UMI atas tindakan sewenang-wenang melakukan pencopotan.

Prof Basri akan melaporkan Yayasan Wakaf UMI ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar secepatnya.

“Ini bentuk penzoliman kepada saya selaku Rektor UMI yang sah. Saya akan melakukan upaya hukum dengan melaporkan ke PTUN karena pengangkatan Plt itu cacat prosedur,” ujar Prof Basri, Selasa (10/10/2023).

Baca Juga : VIDEO: Usai Dilantik, Plt Rektor UMI Prof Sufirman Keliling Fakultas Lakukan Konsolidasi Internal

Padahal Prof Basri baru menjabat 1 tahun 3 bulan menjabat Rektor UMI usai dilantik sebagai Rektor UMI untuk periode kedua pada Senin, 27 Juni 2022 lalu.

Prof Basri Modding mengecam pergantian itu tanpa sepengetahuannya dan menuding pihak Yayasan Wakaf UMI sewenang-wenang.

“Jadi pengangkatan Plt rektor itu kita anggap tidak prosedural dan tidak sesuai dengan mekanisme statuta UMI, yaitu melalui rapat senat universitas,” ujar Prof Basri.

Baca Juga : Prof Basri Modding Ancam Duduki Menara UMI Hingga Ada Kepastian Hukum

Karena itu, terdapat dualisme kepemimpinan di Rektorat Yayasan Wakaf UMI. Prof Basri berharap pemerintah untuk turun tangan menyelesaikan konflik dualisme kepemimpinan Rektor UMI.

Tak hanya itu, dia mengimbau kepada karyawan, dosen dan seluruh mahasiswa untuk sementara diliburkan sampai waktu yang ditentukan kemudian.

Dia menyebut seluruh Pengurus Yayasan Wakaf UMI, Pembina, Pengawas, dan Pengurus berlaku otoriter dalam mengambil keputusan strategis dalam pengangkatan Plt Rektor UMI.

Baca Juga : VIDEO: Penjelasan Prof Basri Modding Soal Dualisme Kepemimpinan UMI Makassar

“Kita ini perguruan tinggi Islam, harusnya bisa mencerminkan nilai-nilai persaudaraan. Ini tidak ada sidang atau klarifikasi tiba-tiba mengangkat Plt,” urai rektor 2 periode ini.

Untuk diketahui, pihak Yayasan Wakaf UMI mengangkat Prof Sufirman Rahman sebagai Plt Rektor UMI, saat ini prosesi pelantikan sedang berlangsung di Fakultas Kedokteran UMI.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...