Logo Sulselsatu

Amir Uskara Politisi Senayan yang Lahirkan Banyak Tulisan Hingga Terbitkan Buku

Asrul
Asrul

Selasa, 14 November 2023 08:24

Ketua Fraksi PPP DPR RI Dr HM Amir Uskara. Ist
Ketua Fraksi PPP DPR RI Dr HM Amir Uskara. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tokoh Literasi yang juga deklarator nasional Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat dan Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma memberi penilaian kepada Tokoh Nasional kelahiran Pallangga, Kabupaten Gowa, Dr HM Amir Uskara (AU), terkait produktivitasnya menulis dan membukukan karyanya dalam sebuah buku.

Bachtiar memberi apresiasi tinggi atas kepedulian dan perhatiannya yang besar kepada Ketua Fraksi PPP DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi XI DPR ini, yaitu di tengah kesibukannya, masih saja tetap menyempatkan diri rutin menulis dengan berbagai tema dan fenomena nasional yang ditulis, kemudian tersebar di berbagai media online nasional, lokal di Indonesia.

“Kami salut dan memberi apresiasi tinggi kepada Dr. AU yang begitu konsen dan komitmen menjaga dan merawat budaya menulisnya, kemudian diterbitkan menjadi buku yang eksotis” kata Bachtiar Adnan Kusuma dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga : Bidik Pilkada Gowa, Amir Uskara Temui Ketum Demokrat AHY

Menurut BAK, ketokohan dan kemampuan intelektual yang dimiliki AU tercermin lewat Beranda Kolom atau catatan-catatannya yang berseliweran di publik ia penggal, ramu, ditimbang lalu memberikan penguatan sesuai dengan perkembangan Nasional.

Hasil pergumulan pikiran itu akhirnya disajikan dalam sebuah tulisan yang apik, kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku bertajuk ”Refleksi dan Catatan Amir Uskara Dari Senayan”.

Berikutnya, menurut Deklarator Nasional Guru, Pustakawan Menulis Satu Buku Indonesia ini, seorang politisi berkewajiban moral untuk bersuara, bila perlu dengan nada lantang mewakili rakyat secara lisan di sidang-sidang parlemen, karena habitatnya begitu untuk berbicara (parler).

Baca Juga : Kadernya di Bantaeng Terjerat Kasus Korupsi, PPP Bakal Siapkan Bantuan Hukum

Namun ia terasa istimewa jika politisi dapat menuangkan buah pemikirannya dalam wujud tulisan baik berupa artikel ringan maupun yang lebih serius: buku.

“Tidak banyak politisi yang sanggup menulis, mungkin karena ketiadaan waktu, atau bisa jadi naluri dan DNA tidak berbakat menulis,” kata penulis ratusan buku biografi tokoh nasional dan lokal ini.

Nah, BAK berterus terang tak banyak politisi yang melahirkan tulisan-tulisan, entah berupa tinjauan, analisis, opini di surat kabar, alih-alih melahirkan buku. Yang kita tahu, politisi Andi Mappetahang Fatwa (Alm) oleh MURI pernah ditasbihkan sebagai politisi yang paling banyak melahirkan buku.

Baca Juga : Selangkah Lagi PPP Usung Danny Pomanto di Pilgub Sulsel

Sudah ribuan politisi duduk di Senayan, namun hanya segelintir dari mereka yang melegasikan “buah pena”.

Tulisan adalah cerminan pribadi politisi, dari sana orang bisa menakar kapasitas sebagai anggota dewan yang patut dan memiliki cakrawala.

Karena itu, BAK mengakui kalau di tengah langkanya politisi yang menulis, kita bersyukur tampil Amir Uskara, disela-sela kesibukannya sebagai anggota DPR-RI mencuri-curi waktu untuk menorehkan percikan pemikirannya.

Baca Juga : PPP Sulsel Usulkan Danny Pomanto Sebagai Calon Gubernur ke DPP

“Setiap saat ada saja momen-momen penting dan sayang untuk dilewatkan.” tuturnya.

Buat seorang politisi dan Amir Uskara membuktikan menjaring pelbagai informasi dan data yang diolah menjadi sebuah tulisan yang menarik.

Berbagai kebijakan atau sebuah ihwal yang aktual ia tinjau sebagai orang yang berada di sekitar dapur pemerintahan. Dan itu dilakukan dengan antusiasme.

Baca Juga : Kembali Temui Amir Uskara, PPP Makin Dekat ke Danny dan Indira

Dan yang kita apresiasi dari penulis Buku “Refleksi dan Catatan Amir Uskara Dari Senayan” yang diterbitkan Yapensi, pada November 2023 ini, adalah membuktikan kerajinannya mencatat, yang bagi umum tak minat dilakoni betapapun piranti teknologi memudahkan untuk itu.

Tapi Amir Uskara dari berbagai tulisan yang diterapkan, terlihat cakupan wawasan, pengetahuan, dan bacaan yang luas, dengan rupa-rupa tema, dalam perspektif politik, ekonomi, sosial, budaya dan ekonomi mikro dan keuangan yang memang menjadi tumpuan Amir Uskara untuk mengulas.

Entah apa jadinya jika tak ada tulisan-tulisan sebagai penanda majunya sebuah peradaban bangsa. Maka penulis seperti oase di tengah keringnya karya-karya anggota Dewan, apalagi di tengah citra politisi yang minor, komplet dengan berita-berita mengenaskan yang menyerimpungnya.

Akhirnya, kita berharap, karya Amir Uskara ini bisa melecut dan memberi inspirasi bagi siapa saja terutama para anggota Dewan lainnya untuk berbuat serupa.

“Berbuat lebih dari kehidupan intelektualisme. Sehingga boleh saja politisi lainnya hilang tanpa jejak, namun lewat karya tulis, ia bisa mengawetkan semangat literasi sebagaimana yang ditunjukkan Bapak Doktor Amir Uskara dan dikehendaki ilmu pengetahuan,” katanya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...