Logo Sulselsatu

Seluruh ASN di Kabupaten Gowa Wajib Kuasai Public Speaking

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 27 November 2023 12:08

Peningkatan Kapasitas Public Speaking Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa di Hotel Almadera Makassar. Foto: Istimewa
Peningkatan Kapasitas Public Speaking Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa di Hotel Almadera Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Di era keterbukaan informasi publik saat ini, kesempatan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar. Public speaking menjadi salah satu kompetensi yang sangat penting dan wajib dikuasai oleh setiap ASN di kabupaten gowa.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa H. Abd. Karim Dania saat membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Public Speaking Pejabat Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa di Hotel Almadera Makassar, Sabtu (25/11/2023).

Mewakili Bupati Gowa di dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa setiap orang dapat berbicara di muka umum, namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan tepat.

Baca Juga : Bupati Adnan Tinjau Langsung Pendistribusian Bantuan Cadangan Beras

Lebih daripada itu, berbicara adalah proses dan seni penyampaian informasi dan gagasan pada dan di waktu serta cara yang tepat sehingga orang-orang mengikuti hal-hal yang diharapkan.

“Sering terjadi ketika seseorang menyampaikan pesan terkadang dipersepsikan berbeda. Kami semua menyadari bahwa kemampuan public speaking wajib dikuasai oleh semua aparatur pemerintahan saat ini, dan salah satu cara adalah melalui kegiatan pelatihan seperti ini,” tutur Kepala BPKD Kabupaten Gowa ini.

Lanjut Karim, pemerintah dalam menjalankan tugas pelayanan umum tidak akan terlepas dari komunikasi publik. Terutama dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, baik yang bersifat kedinasan kepentingan umum atau organisasi kemasyarakatan.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bentuk Forum CSR Kabupaten, Satukan Persepsi Perusahaan Demi Pembangunan Daerah

“Dengan modal pengetahuan dan self confidence yang tinggi, diharapkan bisa sukses menyampaikan pesan kebijakan dan kegiatan pembangunan kepada masyarakat. Dengan kemampuan public speaking, penyampaian informasi bisa lebih efektif sampai ke masyarakat,” sambungnya.

Menurut Karim, para ASN khususnya pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa sudah selayaknya memiliki keterampilan yang mumpuni untuk berbicara di depan orang lain dan mampu memberikan kesan mendalam dan respon yang baik bagi mereka yang mendengarkan.

“Masyarakat tidak akan mungkin menerima program dan kebijakan yang dibuat jika disampaikan dengan seadanya saja. Memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat, penting untuk menguasai kompetensi public speaking ini,” pungkasnya.

Baca Juga : Cegah Kematian Ibu Hamil, TP PKK Kabupaten Gowa Gelar Sosialisasi

Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa Zubair Usman mengharapkan kegiatan ini mampu mewujudkan perubahan pola kerja dan kemampuan ASN Pemerintah Kabupaten Gowa dalam memotivasi, menyampaikan informasi, dan memiliki kemampuan untuk melakukan pelayanan secara prima.

“Kami melaksanakan kegiatan ini bekerjasama dengan Bicara Project dan sudah terlaksana selama 2 tahun dengan tenaga pengajar juga berasal dari profesional speaker Bicara Project, yaitu Rana Rayendra, Utrich Farzah, dan Imelda Konghoiro,” ujar Zubair.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video04 Maret 2024 23:25
VIDEO: Sopir Mobil Nyaris Tabrak Bapak yang Menyeberangkan Anak Sekolah Berujung Minta Maaf
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang bapak yang tengah menyeberangkan anak sekolah. Namun saat menyeberangkan anak tersebut sebu...
Video04 Maret 2024 21:33
VIDEO: Kebakaran di Samping SPBU Tomoni, Satu Truk Terbakar
SULSELSATU.com – Sebuah insiden kebakaran terjadi di sebelah SPBU Tomoni, Kecamatan Tomoni, Kabupaten Luwu Timur pada hari Minggu (3/3/2024). Ke...
Video04 Maret 2024 20:39
VIDEO: Mulai Tahun Ini, PPPK Makassar Bakal Nikmati TPP
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK di lingkup Pemerintah Kota Makassar mulai tahun 2024 ini sudah d...
Bisnis04 Maret 2024 19:14
TelkomGroup Perkuat Portofolio Bisnis, NeutraDC Selesaikan Konsolidasi Data Center Telin Singapore
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya yang berfokus pada bisnis data center, NeutraDC (Telkom Data Ekosistem) telah menyele...