Logo Sulselsatu

BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Terjadi Januari Hingga Februari 2024

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 22 Desember 2023 19:29

BMKG prediksi puncak hujan terjadi Januari hingga Februari 2024. Foto: Istimewa
BMKG prediksi puncak hujan terjadi Januari hingga Februari 2024. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan akan bertepatan dengan Pemilu tahun depan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Hendra Hakamuddin mengatakan, puncak musim hujan terjadi antara Januari dan Februari 2024 mendatang.

BMKG sudah menyampaikan prediksi Makassar sudah sampai pada puncak hujan di Januari dan Februari. Na itu bertepatan dengan pemilu sehingga perlu melakukan antisipasi TPS, saat pemilihan” ujar Hendra Hakamuddin, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga : Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia

Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) guna mengantisipasi titik yang rawan terkena banjir.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, meskipun durasi hujan dan volume air tidak sebanding dengan tahun sebelumnya, akan tetap dilakukan langka antisipasi pada beberapa kecamatan yang rawan banjir.

Hendra membeberkan, empat kecamatan rawan banjir di antaranya, Biringkanayya, Manggala, Tamalanrea dan Panakkukang. Setiap kepala kecamatan diarahkan untuk mencari titik aman untuk pemilihan jika saat pemilihan terjadi banjir.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan

“Kita sudah kordinasi dengan para camat ya, menyuruh mereka mencatat berapa Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang rawan banjir, setelah sudah terdata kami juga minta untuk dipindahkan TPSnya ke lokasi strategis yang tidak jauh dari TPS pemilihan yang mengalami banjir, itu kalau banjir, kita tetap harus siaga agar pemilihan berjalan lancar,” pungkas Hendra.

Sementara itu, Pemerintah Kota Makassar telah melakukan rapat koordinasi terkait penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Diketahui di dua tahun terakhir, curah hujan di Kota Makassar pada akhir tahun terbilang tinggi, dan berdampak banjir di beberapa titik.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...