Logo Sulselsatu

PAD Makassar Capai 1,5 Triliun, Tertinggi Sepanjang Sejarah Pemkot Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 01 Januari 2024 13:28

Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra. Foto: Istimewa
Kepala Bapenda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar berhasil mengantongi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,5 Triliun. Nilai ini tercatat sebagai pendapatan tertinggi sepanjang sejarah Pemkot Makassar.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota (Bapenda) Kota Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan, capaian tersebut juga menjadi yang tertinggi selama pencapaian PAD di Kota Makassar.

“Tahun 2023 ini akan tercatat sebagai sejarah. Kita berhasil meraih PAD Rp1,5 triliun. Ini tertinggi sepanjang sejarah Pemkot Makassar dan terjadi di masa kepemimpinan Wali Kota Danny Pomanto,” ucapnya, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga : Bapenda Denpasar Studi Komparasi Optimasi Pendataan Potensi Pajak Daerah di Pemkot Makassar 

Capaian tersebut tidak lepas dari inovasi dan sistem-sistem yang dihadirkan Bapenda Makassar sebagai wadah pembayaran seluruh jenis pajak untuk wajib pajak di Kota Makassar.

Inovasi Bapenda yakni PAKINTA (Pajak Terintegrasi dan Terdigitalisasi) juga meraih torehan prestasi di tingkat nasional yakni Juara Championship Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) 2023 sebagai salah satu aplikasi terbaik. Serta turut mengambil bagian dalam Innovative Government Award 2023 dimana Makassar meraih juara IGA 2023.

Melihat raihan PAD Kota Makassar sebanyak Rp1,5 triliun, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto pun langsung memberi kabar gembira kepada seluruh RT/RW se-Kota Makassar.

Baca Juga : DWP Kota Makassar Perkuat Keimanan Ummat dan Ukhuwah Islamiah dengan Gelar Halalbihalal

Danny Pomanto sapaannya, menjelaskan, akan menaikkan intensif RT/RW sebagai bentuk perwujudan salah satu janji politiknya.

“Kabar gembira bagi seluruh RT/RW se Kota Makassar, sesuai dengan janji saya, akan menaikkan insentif bagi RT/RW jika PAD Kota Makassar naik. Alhamdulillah PAD Makassar telah mencapai Rp1,5 triliun. Dan hal ini telah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Makassar,” pungkas Danny.

Ia berharap dengan kenaikan insentif RT/RW se-kota Makassar dapat memacu kinerja RT/RW sebagai garda terdepan di lapisan masyarakat untuk membantu menjalankan semua program strategis Pemerintah Kota Makassar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel28 April 2024 12:27
Heboh! Sosialisasi Layanan Kargo Haji oleh PT Pos Indonesia Persero KC Parepare disambut dengan antusias oleh Calon Jemaah Haji
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pos Indonesia (Persero) KC Parepare melakukan Sosialisasi terkait Layanan Kargo Haji di Masjid Agung Enrekang, Sab...
OPD28 April 2024 09:55
Dinas PU Makassar Sebut Pembangunan Septik Tank Individual Dibangun Sesuai Aturan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar menyebut Pembangunan tangki septik di Kota Makassar melalui APBD telah dilaks...
Video27 April 2024 23:24
VIDEO: Terekam CCTV, Aksi Pencurian Pakaian Dalam Wanita di Kabupaten Bone
SULSELSATU.com – Aksi pencurian pakaian dalam di Kabupaten Bone menimbulkan kekhawatiran. Dalam rekaman CCTV, seorang pria terlihat melakukan pe...
Video27 April 2024 21:58
VIDEO: Banjir di Kabupaten Enrekang, Poros Toraja-Enrekang Lumpuh Total
SULSELSATU.com – Banjir bandang terjadi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Sabtu (27/4/2024). Hujan deras deras yang mengguyur wilayah ter...