Logo Sulselsatu

Penilaian Penghargaan Adipura Kota Makassar Hampir 100 Persen Terpenuhi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 06 Februari 2024 14:48

TPA Tamangapa yang menjadi salah satu lokasi penilaian tim verifikasi penghargaan Adipura kota Makassar. Foto: Istimewa
TPA Tamangapa yang menjadi salah satu lokasi penilaian tim verifikasi penghargaan Adipura kota Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penialaian tim verifikasi penghargaan Adipura Kota Makassar hampir terpenuhi 100 persen. Sebanyak 15 titik penilaian yang berfokus pada kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalanrea, dan Biringkanaya.

Titik-titik penilaian tersebut meliputi bank sampah, TPA Tamangapa, Sekolah Menengah Pertama, rumah sakit, terminal, pemukiman warga, kantor camat, pasar tradisional, sungai, taman dan hutan kota, bank sampah unit, serta TPS3R.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Ferdy Mochtar mengungkapkan, tim penilai mengakui adanya perubahan signifikan di Kota Makassar pada tahun ini. Terutama dalam hal peningkatan kualitas TPA.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmikan IPAL Losari, Solusi Mengatasi Limbah Cair di Makassar

“Salah satu penilaian positif dari tim verifikasi yakni di TPA Tamangapa yang dinilai penanganannya jauh lebih baik di banding penilaian Adipura tahun sebelumnya. Mereka sangat mengapresiasi pengelolaan TPA Tamangapa karena jauh lebih baik saat ini,” ucap Ferdy, Selasa (6/2/2024).

Selain itu kata Ferdy, indikator penilaian hampir 100 persen dipenuhi oleh Kota Makassar. Ini menandakan komitmen dan upaya yang kuat dari pemerintah dan masyarakat setempat dalam menjaga kebersihan dan keindahan kota.

“Pencapaian ini merupakan angin segar bagi Kota Makassar. Semoga Kota Makassar dapat kembali meraih penghargaan Adipura sebagai pengakuan atas upaya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan,” tutur Ferdy.

Baca Juga : PJ Sekda Apresiasi Kinerja Dispar yang Segera Launching Tagline Makassar Waterfront City Festival

Selama penilaian berlangsung, pihak DLH Kota Makassar memberikan informasi yang diperlukan kepada tim verifikasi penghargaan Adipura, termasuk data mengenai program-program pengelolaan sampah yang telah dilaksanakan.

Para anggota tim verifikasi Adipura secara teliti melakukan penilaian terhadap setiap aspek yang menjadi indikator penilaian Adipura, mulai dari kebersihan, pengolahan sampah, hingga peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup sekitar.

Ferdy juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah turut serta dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Makassar. Baik itu dari instansi pemerintahan, swasta, dan masyarakat Kota Makassar.

Baca Juga : Balai Pengelola Transportasi Darat Dukung Co’mo Jadi Feeder di Tiap Kecamatan

“Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan Kota Makassar dapat terus maju dan menjadi contoh dalam upaya pelestarian lingkungan hidup bagi kota-kota lain di Indonesia,” pungkas Ferdy.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video23 Februari 2024 18:38
VIDEO: Pelaku Pemerkosaan dan Pencurian di Jeneponto Berhasil Diamankan
SULSELSATU.com – Polres Jeneponto berhasil mengamankan pelaku pencurian yang disertai dengan pemerkosaan. Pelaku yang berinisial A (33) berhasil...
Sulsel23 Februari 2024 17:53
Kabupaten Gowa Gagas Inovasi Proksi Rumah Produktif Jadi Solusi Pertumbuhan Ekonomi
Kabupaten Gowa menggagas inovasi produktivitas simultan rumah produktif yang hadir untuk mencetak usahawan baru dan meningkatkan kompetensi pelaku UMK...
Video23 Februari 2024 16:32
VIDEO: Rumah Terduga Pelaku Pemerkosaan di Jeneponto Dirusak Massa
SULSELSATU.com – Sebuah video menunjukkan serangan terhadap sebuah rumah panggung di Kecamatan Tamalate, Jeneponto, pada hari Jumat (23/2/2024)....
Bisnis23 Februari 2024 16:00
Bukit Baruga Gandeng Bank Mandiri Dorong Penjualan Rumah Selama 2024, Target Hingga 110 Unit
Bukit Baruga gandeng bank mandiri mendorong penjualan selama 2024...