Logo Sulselsatu

Cek Fakta Yuk! Racun Ikan Buntal 1.200 Lebih Berbahaya dari Sianida

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 09 Februari 2024 15:09

Ikan buntal. Foto: Molanews.
Ikan buntal. Foto: Molanews.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ikan buntal adalah salah satu ikan laut yang paling beracun di dunia. Ikan buntal mengandung tetrodotoxin yang merupakan zat paling mematikan bagi ikan maupun manusia.

Kandungan yang dimiliki ikan buntal ini memiliki kadar racun 1.200 lebih tinggi dibanding sianida. Dalam satu ikan buntal, mengandung racun yang bisa menewaskan 30 menusia dewasa.

Kabar buruknya, racun yang dimiliki ikan buntal ini belum memiliki penawar. Iakn buntal adalah salah satu jenis ikan yang bisa tumbuh hingga 0,91 meter.

Dilansir dari Molanews, Jumat (9/2/2024) para ahli biologi menyatakan ikan buntal memiliki gaya berenang yang lambat dan membuatnya rentan terhadap predator.

“Di seluruh dunia, terdapat lebih dari 120 spesies ikan buntal yang mendiami perairan laut tropis dan subtropis. Meskipun begitu, beberapa spesies ikan buntal juga ditemukan hidup di air payau bahkan air tawar,” tulis Molanews.

Ikan buntal memiliki perut elastis yang bisa menelan air dan udara bersar-besaran dengan cepat. Kemampuan ini dapat mengubah dirinya menjadi bola.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video21 Februari 2024 23:26
VIDEO: Mobil Pikap Terjun ke Jurang Gowa, Satu Penumpang Tewas
SULSELSATU.com – Sebuah mobil pikap terjun ke dalam jurang di Baraya, Tombolopao, Kabupaten Gowa pada hari Selasa, 20 Februari 2024. Diketahui, ...
News21 Februari 2024 23:03
PJ Sekda Apresiasi Kinerja Dispar yang Segera Launching Tagline Makassar Waterfront City Festival
PJ Sekda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra mengapresiasi kerja-kerja dari Dinas Pariwisata Kota Makassar. ...
Makassar21 Februari 2024 22:13
Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin Bakal Dampingi Presiden Jokowi Selama Kunker di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, akan mendampingi Presiden Jokowi selama kunjungan kerjanya di Sulawesi Selatan ...
Makassar21 Februari 2024 22:02
Balai Pengelola Transportasi Darat Dukung Co’mo Jadi Feeder di Tiap Kecamatan
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulsel Bahar Latief mendukung transportasi publik listrik dan ramah lingkungan Commuter Metromoda (...