Logo Sulselsatu

Bawaslu Jeneponto Naikkan Status Kasus Dugaan Pembobolan Kotak Suara ke Tahap Penyidikan

Dedy
Dedy

Kamis, 29 Februari 2024 17:09

Komisioner Bawaslu Jeneponto Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bustanil Nassa (Foto/Dedi)
Komisioner Bawaslu Jeneponto Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bustanil Nassa (Foto/Dedi)

SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kasus dugaan Pembobolan Kotak Suara di Kantor PPK Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan yang terjadi pekan lalu kini masuk ke tahap penyidikan di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

“Terduga Pelaku AA dan ND kasusnya sudah sampai pada tahap penyidikan,” ujar Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan pelanggaran Penyelesaian Hukum Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Bustanil Nassa, Kamis (29/02/2024.

Tahap penyidikan ini kata Bustanil sudah berdasarkan hasil dari pembahasan dengan penyidik Gakumdu Jeneponto pada tanggal 26 Februari 2024 lalu.

“Kami bersama Polisi, Jaksa sudah menyepakati untuk dinaikkan statusnya (Kasus di Bangkala Barat red) ke tahapan Penyidikan,” jelasnya.

Dari hasil kesepakatan tersebut, Bawaslu Jeneponto resmi melaporkan kasus ini ke ranah hukum melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Jeneponto untuk segera ditindaklanjuti.

Dan saat ini dugaan pelanggaran tindak pidana tersebut sudah ditangani oleh Penyidik Polres Jeneponto dan telah memanggil para saksi.

“Mungkin dalam waktu dekat, kasus ini akan segera dilimpahkan ke Penuntut Umum,”jelas Bustanil.

Kini terduga pelaku terancam 3 tahun penjara.

“Pasal yang diterapkan pasal 534 dan Pasal 535 UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dengan Pidana Penjara 3 Tahun dan Denda Rp 36 Juta Rupiah,”Tambah Bustanil.

Penulis Dedi Jentak

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...
Video20 April 2024 20:43
VIDEO: Optimis Gugatan Ganjar dan Anies di Tolak MK, Idrus Marham Usulkan Segera Dibentuk Dewan Etik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham yakin Mahkamah Konstitusi ...