Logo Sulselsatu

PT Vale Bersama PSM Makassar Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Kreatif Lokal UMKM dan Olahraga

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 04 Maret 2024 14:35

Pt Vale bersama PSM Makassar kolaborasi kembangkan ekonomi kreatif lokal UMKM dan olahraga. Foto: Istimewa
Pt Vale bersama PSM Makassar kolaborasi kembangkan ekonomi kreatif lokal UMKM dan olahraga. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, LUWU TIMURPT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kolaborasi dengan klub sepak bola PSM Makassar melalui program Pemberdayaan Masyarakatnya (PPM) mengintegrasikan pengembangan ekonomi kreatif lokal, UMKM, dan olahraga di Luwu Timur.

Kolaborasi tersebut dinilai bisa memberikan kesempatan bagi pemuda lokal khususnya untuk terlibat dalam industri olahraga dan UMKM.

Director External Relations PT Vale Endra Kusuma mengungkapkan, kolaborasi tidak hanya dalam bentuk sponsorship saja. Dalam kerja sama ini ,PSM juga memberi andil untuk turut memasarkan produk UMKM lokal binaan PT Vale.

Baca Juga : Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta Per Bulan Berkat Pinjaman Ultra Mikro BRI

“Kolaborasi dengan PSM di antaranya berupa pengembangan promosi produk unggulan mitra binaan UMKM, sebagaimana kita tahu bahwa PSM Makassar sangat dikenal di kancah sepakbola nasional maupun internasional,” ungkap Endra.

Untuk menguatkan kolaborasi itu, PT Vale menggelar Rembuk Ekonomi Kreatif (Ekraf) bersama Bumdesma Anatowa Otolu Kecamatan Nuha bersinergi dengan Karang Taruna Kabupaten Luwu Timur dan komunitas Laskar Ayam Jantan (LAJ) di Teras Koperasi, Sorowako, Rabu (28/2/2024).

Rembuk UMKM tersebut merupakan agenda tahunan untuk membicarakan tantangan dan peluang kegiatan minat dan bakat olahraga melalui event pertandingan.

Baca Juga : Wabup Sebut PT Vale Punya Kontribusi Besar dalam Pengembangan SDM Lutim

Kesempatan ini berpeluang hadirkan kesempatan usaha bagi para pelaku UMKM binaan PT Vale dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Tak hanya menjadi ruang berdiskusi bagi para pelaku UMKM binaan & penggiat olahraga serta kepemudaan, Rembuk EKRAF kata Endra juga menjadi tempat belajar bersama untuk memajukan UMKM sekaligus mendukung olahraga di Luwu Timur.

Ketua Bumdesma Anatowa Otolu Zulfikar Arna mengatakan, kolaborasi yang dilakukan bisa memberikan kesempatan bagi pemuda lokal untuk terlibat dalam industri olahraga dan UMKM.

Baca Juga : Cerita Penjual Ayam Kampung Terbantu Keberadaan Kredit Ultra Mikro Yang Disalurkan AgenBRILink

Termasuk dalam peningkatan potensi sumber daya di unit usaha Bumdesma Anatowa Otolu.

“Melalui event seperti ini, secara otomatis akan terjadi peningkatan visibilitas UMKM kami. Kami juga berkomitmen untuk terus membangun komunikasi dan kolaborasi dengan komunitas salah satunya yang ada di Sorowako,” jelas Zulfikar.

Menurutnya, olahraga memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepemimpinan pemuda. Olahraga mengajarkan nilai-nilai seperti kerja tim, disiplin, dan ketekunan, yang merupakan kualitas yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis dan kewirausahaan.

Baca Juga : Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang dan Bisa Bantu Banyak Orang

“Melalui program-program olahraga, pemuda dapat dilatih untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan berorientasi pada hasil, yang dapat mereka terapkan dalam mengembangkan UMKM dan ekonomi lokal,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Luwu Timur, Yudi Burhan memaparkan, dengan memadukan potensi pemuda, nilai-nilai olahraga, dan pengembangan ekonomi lokal serta UMKM, ekosistem yang berkelanjutan dan inklusif di tingkat lokal bisa tercipta.

Sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat luas termasuk turut mewujudkan kemandirian pasca tambang kelas.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Hukum21 April 2024 01:41
Anulir Putusan Sambo dan Tak Patuh Laporkan LHKPN, Suharto Dinilai Tak Layak Jadi Wakil Ketua MA
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pencalonan hakim agung Suharto sebagai calon Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) menjadi sorotan sejumlah pihak. Alasannya...
Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...