Logo Sulselsatu

KUR BRI Bawa Bisnis Kue Gusti dari Rumah hingga Masuk Retail Terkenal

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 28 Maret 2024 11:55

Gusti Putu Carmisuati adalah salah satu ibu rumah tangga yang berhasil sukses berkat KUR BRI. Foto: dokumen pribadi Gusti Putu.
Gusti Putu Carmisuati adalah salah satu ibu rumah tangga yang berhasil sukses berkat KUR BRI. Foto: dokumen pribadi Gusti Putu.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gusti Putu Carmisuati adalah salah satu ibu rumah tangga yang berhasil sukses dengan usahanya berkah Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Gusti Putu adalah penjual kue tradisional di Makassar. Pertama memulai usaha, Gusti Putu hanya menerima pesanan dari rumah ke rumah. Tidak pasti, bisa dua atau sekali seminggu.

“Pertama memulai usaha hanya dari adanya pesanan langsung atau secara online. Tidak tentu juga jumlahnya, sesuai permintaan saja,” kata Gusti, Selasa (26/3/2024).

Baca Juga : Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

Semakin ke sini, usaha kue Gusti Putu semakin di kenal. Ia akhirnya mendapat permintaan untuk masuk di toko-toko kue di Makassar.

Seiring perkembangannya, kerja sama Gusti Putu dengan toko kue semakin besar dari segi jumlah. Ia cukup kewalahan menyiapkan sendiri dan tidak ada modal untuk pesanan jumlah besar.

Pada akhirnya, Gusti Putu memutuskan untuk mengambil KUR dari BRI. Pertama, Gusti mengambil nominal Rp10 juta pada 2022 lalu. Berkat itu, usahanya semakin lancar, ia menambah dua orang pekerja.

Baca Juga : UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

“Kue yang saya buat seperti getuk lindri, klepon, songkolo, dadar fla durian, dan putu ambon,” sebut Gusti Putu.

Usaha memang tidak mengkhianati hasil. Usaha kue Gusti Putu semakin besar. Toko tempatnya menjual kue bertambah. Kini ada tiga toko kue besar di Makassar yang bekerjasama dengannya, yaitu Galael, Dona Doni, dan Toko Ende.

Untuk tiga toko tersebut, Gusti Putu membuat minimal 100 buah setiap kue. Dengan jumlah 5 jenis kue yang bisa dibuatnya, Gusti Putu harus membuat 500 kue sekali bikin.

Baca Juga : Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

“Kemudian kembali mengambil KUR untuk kedua kalinya. Nilainya sebesar Rp20 juta tahun lalu (2023). Ini mengingat karena semakin besar jumlah kue yang harus dibuat,” jelas ibu tunggal empat orang anak itu.

Gusti Putu memulai usaha setelah ia ditinggal mati oleh suaminya pada 2017 lalu. Usaha kue inilah yang menjadi pemasukannya menghidupi anak.

Selain permintaan dari toko, Gusti Putu juga sering kali mendapat peermintaan snack box. Bahkan, ia pernah membuat hingga 200 snack box dalam sehari.

Baca Juga : Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Pesanan snack box ini biasanya ia dapat dalam momen tertentu, seperti saat Ramadan. Snack box itu biasanya dipesan oleh konsumen yang ingin bagi takjil atau sedang mengadakan buka puasa bersama.

Regional CEO BRI Makassar Hendra Winata menjelaskan, khusus BRI Regional Office (RO) Makassar, target penyaluran KUR pada tahun ini mencapai Rp17,157 triliun.

“Untuk Sulsel, BRI RO Makassar menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp12,818 triliun,” jelasnya.

Baca Juga : 796 Ribu AgenBRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Masyarakat Selama Libur Lebaran

Hendra Winata menjelaskan, ada tiga jenis KUR BRI. Pertama itu, KUR Mikro dengan alokasi Rp10 juta hingga Rp100 juta. Lalu ada KUR Super Mikro sampai Rp10 juta. Dan, yang paling besar yaitu KUR Kecil kepada pelaku usaha produktif dengan nilai sebesar Rp100 juta hingga Rp500 juta.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video14 April 2024 20:47
VIDEO: Mobil Terjun ke Jurang di Jalan Poros Malino Gowa
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil terjun ke jurang di Kabupaten Gowa. Kejadian ini terjadi pada Minggu (14/4/2024). Insiden ini...
Metropolitan14 April 2024 18:42
Pelabuhan Makassar Perkirakan Penumpang Arus Balik H+10 Idulfitri 1445 H Naik 6 Persen
Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pel...
Politik14 April 2024 18:17
Ustadz Das’ad Latif Masuk Radar Usungan NasDem di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menjelang Pilwali Kota Makassar sejumlah figur bakal calon kandidat wali kota maupun wakil wali kota mulai bermuncula...
Video14 April 2024 18:13
VIDEO: Tanah Longsor terjadi di Tana Toraja, 18 Orang Ditemukan Meninggal
SULSELSATU.com – Tanah longsor terjadi di Kabupaten Tana Toraja, pada Sabtu (13/4/2024) kemarin. Longsor terjadi sekitar pukul 22.30 WITA di RT ...