Logo Sulselsatu

Fraksi Partai PAN Berikan Catatan Penting pada Pembahasan LKPJ Tahun 2023

Andi
Andi

Selasa, 16 April 2024 09:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Luwu Timur – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meninggalkan sejumlah catatan penting untuk melengkapi pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Luwu Timur Tahun Anggaran 2023.

Hal ini disampaikan oleh Ir. Rahman saat memberikan Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi di DPRD Luwu Timur, dalam Sidang Paripurna, pada Selasa (16/04/2024).

Berikut ini rangkuman catatan dan masukan dari fraksi PAN untuk melengkapi:

1. Penanggulangan Pengangguran: Fraksi PAN menyoroti kenaikan tingkat pengangguran sebesar 5,42%, menekankan perlunya upaya strategis seperti program Pelatihan Tenaga Kerja dan Peningkatan Kapasitas SDM yang perlu diprioritaskan. Kesiapan SDM lokal yang terampil dan berdaya saing di sektor pertambangan di Luwu Timur menjadi hal penting.

2. Percepatan Pembangunan Fasilitas Kesehatan: Fraksi PAN mendorong percepatan pembangunan Rumah Sakit Atue dan pembenahan ruang rawat inap di Rumah Sakit I Laga Ligo, sebagai langkah yang mendesak untuk kepentingan warga Luwu Timur.

3. Pengawasan Investasi di Sektor Pertambangan: Mengingat meningkatnya proses investasi di sektor pertambangan, pemerintah daerah diminta untuk meningkatkan pengawasan terhadap potensi dampak lingkungan yang mungkin timbul dari kegiatan operasional perusahaan tambang.

4. Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih: Fraksi PAN menyoroti pemenuhan kebutuhan air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat, serta kondisi sungai Malili yang memprihatinkan, menekankan perlunya sinergitas dalam memperbaiki ekosistem lingkungan.

5. Pengembangan Sektor Pertanian, Perikanan, dan UMKM: Fraksi PAN mendorong pemerintah daerah untuk memberikan alokasi anggaran di sektor pertanian, perikanan, dan pengembangan UMKM, mengingat potensi besar sektor-sektor tersebut bagi masyarakat Luwu Timur.

6. Dukungan terhadap Ranperda Kabupaten Layak Anak: Fraksi PAN mendukung Ranperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak, mengingat pentingnya memberikan perlindungan hukum bagi anak-anak Luwu Timur sebagai aset masa depan.

” Mengenai Ranperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak, kami dari fraksi PAN mendukung Ranperda ini untuk diahas lebih lanjut. Sebab Ranperda ini memberikan perlindungan secara hukum anak – anak Luwu Timur yang menjadi aset masa depan bagi Luwu Timur. ” Tutup Ir. Rahman.

Sidang Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin, didampingi Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, HM. Sidiq BM, Wakil Ketua II, H. Usman Sadik, dan dihadiri juga oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Akbar Andi Leluasa. (Redaksi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 18:02
VIDEO: Suami Fenny Frans Selingkuh dengan Pembantu Tua, Videonya Viral
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan kasus perselingkuhan yang terjadi di Kota Makassar. Kasus perselingkuhan menimpa owner skincare ...
Bisnis18 Mei 2024 17:17
FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar program Panen Emas Honda dengan total hadiah 250 gram emas....
Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....