Logo Sulselsatu

Anggota DPRD Luwu Timur Minta Penanganan Masalah Kandang Ayam di Desa Balai Kembang

Andi
Andi

Rabu, 01 Mei 2024 10:55

Anggota DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid (ist)
Anggota DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid (ist)

SULSELSATU.com, Luwu Timur – Anggota DPRD Luwu Timur, Wahidin Wahid, menyoroti masalah keluhan terkait kandang ayam di Desa Balai Kembang, Kecamatan Mangkutana, dan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menangani hal tersebut.

Wahidin Wahid menegaskan bahwa masyarakat di wilayah tersebut sangat merasakan dampak dari keberadaan peternakan ayam potong. Keluhan utama adalah munculnya lalat dari kandang ayam yang mengganggu pemukiman warga dan menimbulkan keresahan.

Namun demikian, Wahidin juga menyoroti pentingnya regulasi yang jelas terkait usaha peternakan ini untuk mencegah timbulnya masalah lingkungan yang lebih besar.

“Kami tidak melarang masyarakat untuk berusaha, tetapi izin usaha harus jelas. Pertanyaannya, apakah izin tersebut ada? Ini yang kami pertanyakan,” ungkap Wahidin pada Rabu (1/5/2024).

Dia menambahkan bahwa tidak semua pengusaha kandang ayam potong memiliki izin resmi, dan masalah pencemaran lingkungan ini muncul karena kurangnya penegakan regulasi dari pihak terkait.

“Jangan nanti ada masalah baru mau turun cek. Jadi dinas terkait ini baik itu DLH, dinas peternakan termasuk PTSP yang mengeluarkan izin dan pemerintah Desa harus aktif mengontrol kegiatan usaha. Jangan tunggu masalah baru turun,” bebernya..

Peternakan ayam potong ini beroperasi sebagai mitra dari PT Jass Mandiri dan Citra Pangan Sejahtera (CPS), dengan sebagian diantaranya beroperasi secara mandiri.

Pada bulan April 2024, warga Desa Balai Kembang mendatangi DPRD Luwu Timur untuk meminta penyelesaian atas masalah hama lalat yang berasal dari peternakan ayam tersebut.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik23 Juni 2024 21:49
Survei SMRC Pilwali Makassar, Popularitas dan Elektabilitas Munafri Arifuddin Teratas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini mengadakan survei di Kota Makassar. Dari ha...
Ekonomi23 Juni 2024 19:22
Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif
SULSELSATU.com, JAKARTA – Warga yang tinggal di sekitar area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta, merasakan perubahan positif di lingkungan tempat ti...
Politik23 Juni 2024 14:29
Jagoan PPP di Pilgub Sulsel Mulai Mengerucut, Danny dan Iwan Aras Menguat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua nama yang digadang-gadang maju pada Pemilihan Gubernur Sulsel November 2024 yakni Andi Iwan Darmawan Aras dan Moh...
Politik23 Juni 2024 13:41
Layanan Pemeriksaan Kesehatan Rusdin Abdullah Berlanjut, Kali Ini Sasar Warga di CFD Sudirman
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Layanan pemeriksaan keshatan Gratis, Rudal Care yang digelar car free day Jalan Sudirman Makassar sangat diminati mas...