Logo Sulselsatu

Semarak HKI Sedunia ke-24, Kanwil Kemenkumham Sulsel Sosialisasikan ke Pelajar

Asrul
Asrul

Kamis, 02 Mei 2024 17:21

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) turut ambil bagian dalam kegiatan Guru Kekayaan Intelektual (RUKI) Bergerak yang digelar bertepatan dengan momentum Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-24 Tahun 2024. Kali ini, RUKI Bergerak dilaksanakan di 2 (dua) sekolah yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Makassar dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar pada Kamis (2/5/2024).

Pada kegiatan RUKI Bergerak ini, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Mohammad Yani beserta jajaran melaksanakan sosialisasi KI di MAN 2 Makassar. Sementara Kepala Subbidang Pelayanan KI Jean Henry Patu melaksanakan sosialisasi di SMKN 3 Makassar.

Dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak yang di bacakan Mohammad Yani, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan sekolah beserta jajaran dan para pelajar yang telah ikut serta dalam rangkaian RUKI Bergerak ini.

Baca Juga : Biro SDM Setjen dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemantauan Kinerja dan Sosialsiasi e-Kinerja

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi Kemenkumham dalam memberikan edukasi kepada pelajar mengenai pentingnya perlindungan KI sejak dini,” kata Yani dalam sambutan Kakanwil Liberti.

Lebih lanjut Yani jelaskan bahwa Tim RUKI dari Kanwil akan melakukan edukasi kepada para pelajar guna menanamkan pengetahuan mengenai KI secara sederhana melalui semangat berkarya dan berinovasi kepada para pelajar.

“Edukasi KI ini seharusnya ditanamkan sejak bangku sekolah untuk menciptakan generasi yang sadar dan menghargai KI, serta memahami bahwa KI yang telah didaftar/dicatat memiliki perlindungan hukum,” ungkap Yani.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Penyerahan Paspor Calon Jemaah Haji

Sementara itu, Kepala Subbidang Pelayanan KI Jean Henry Patu menyampaikan kegiatan ini sejalan dengan arahan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yang mengamanatkan kepada seluruh Kanwil Kemenkumham se-Indonesia untuk melaksanakan edukasi tentang KI di SMA/SMK/sederajat, sehingga kegiatan ini dinamakan RUKI Goes to School.

“RUKI Goes to School tahun ini dilaksanakan di 20 sekolah yang menjadi lokus pelaksanaannya yaitu 10 sekolah dari Makassar, 5 sekolah dari Kab Maros, dan 5 sekolah dari Kab Gowa. RUKI Goes to School ini akan berakhir pada Oktober 2024,” jelas Jean.

Adapun perwakilan dari MAN 2 Makassar dan SMKN 3 Makassar menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kanwil yang telah menyambangi sekolahnya di dalam rangkaian RUKI Bergerak. Pihaknya mengungkapkan bahwa KI sangat penting bagi para pelajar yang telah menghasilkan barang-barang yang bersifat produktif.

Baca Juga : Kadivmin Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Desk Evaluasi Pembangunan ZI Rutan Selayar Menuju WBK Secara Daring

Selanjutnya, Tim RUKI Kanwil menyampaikan materi tentang KI seperti hak cipta, paten, merek, desain industri, dan lainnya dihadapan 120 pelajar MAN 2 Makassar dan 97 pelajar SMKN 3 Makassar.

Diketahui, Tim RUKI Kanwil di MAN 2 Makassar terdiri dari Teguh, Erna, Wahyu Ardianto, dan Adly Ashari. Sementara Tim RUKI Kanwil di SMKN 3 Makassar terdiri dari Nasruddin, Marini Olivia Pandean, Michael Arnold Pramudito, dan Devita Ayu Maharani. Seluruh Tim RUKI merupakan Tim Penyuluh Hukum Kanwil.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle17 Mei 2024 09:23
#Cari_Aman Berkendara di Jalan Raya dengan Jaga Jarak Aman
Pengendara sepeda motor wajib menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan maupun di belakang saat di jalan raya....
Video16 Mei 2024 22:55
VIDEO: KPK Lakukan Penggeledahan di Rumah Adik SYL di Makassar
SULSELSATU.com – KPK menggeledah rumah saudara Syahrul Yasin Limpo di Makassar. Rumah tersebut diketahui adik SYL, Andi Tenri Angka. Terletak di...
Berita Utama16 Mei 2024 22:42
Camat Tallo Hadiri Rapat Koordinasi Pemantapan Persiapan Indonesia City Expo ke-20 dan RAKERNAS XVII APEKSI 2024
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo, Ramli Lallo, menghadiri rapat koordinasi “Pemantapan Persiapan Kegiatan Indonesia City Expo (ICE)...
Pendidikan16 Mei 2024 22:02
Kalla Future Leaders Kembali Tantang Mahasiswa dan Fresh Graduate Pecahkan Business Case Berhadiah Uang Tunai
Kalla Future Leaders (KFL) kembali hadir untuk menguji business case skill dari mahasiswa dan fresh graduate....