Logo Sulselsatu

Pimpinan DPRD Luwu Timur Dukung Program Penanaman Pohon Sukun di Bantaran Sungai Malili

Andi
Andi

Jumat, 03 Mei 2024 11:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, Luwu Timur – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Luwu Timur, Usman Sadik, menyatakan bahwa penanaman Pohon Sukun di Bantaran Sungai Malili oleh Pj. Gubernur Sulsel dan Bupati Luwu Timur merupakan langkah penting dalam upaya penyelamatan Sungai Malili.

Pernyataan ini disampaikan Usman Sadik setelah menghadiri acara penanaman pohon di bantaran sungai Malili pada Jumat (03/05/2024) sore.

Menurut Usman Sadik, tindakan pemerintah tersebut merupakan contoh yang baik yang perlu ditiru oleh warga dan pemerintah desa setempat dengan melakukan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai Malili.

“Penanaman pohon sukun hari ini tidak hanya untuk kepentingan saat ini, tetapi manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat dalam puluhan tahun ke depan. Ini adalah investasi jangka panjang dalam pelestarian lingkungan,” ungkap Usman Sadik.

Dia menekankan bahwa pemilihan pohon sukun sebagai jenis tanaman yang ditanam di pinggir Sungai Malili sangat tepat karena memiliki fungsi ekologis yang penting dalam mencegah bencana longsor dan banjir. Akar pohon sukun yang dapat melebar hingga belasan meter bahkan 20 meter memiliki kemampuan untuk mengikat tanah dan mencegah erosi di tepi sungai Malili.

” Kita berharap kondisi Sungai Malili ini tetap terjaga, dan tidak terjadi pelebaran sungai, salah satu caranya adalah membuat penguatan tanah di sepanjang bantaran sungai dengan melakukan penanaman pohon yang bisa mengikat tanah dengan kuat. ” Tutup Usman Sadik.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News22 Juni 2024 23:17
Profesionalisme Pewarta Foto Jadi Tema Musda VI PFI Makassar
Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Makassar akan melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) VI pada Senin (24/6/2024) di Hotel Claro Makassar....
Politik22 Juni 2024 17:07
Semakin Intens Bertemu, Akankah Paket IA-MAKI Akan Bersanding di Pilkada 2024?
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kontestasi politik lima tahunan di Kabupaten Bantaeng semakin hari semakin memanas dan dinamis. Hingga saat ini, belu...
Politik22 Juni 2024 17:07
HPMT Gandeng Bawaslu Makassar dan KPID Sulsel Bahas Potensi Konflik Pilkada Serentak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyelenggaraan Pilkada serentak November 2024 mendatang diharapkan tidak menghadirkan konflik yang bisa membuat keut...
News22 Juni 2024 16:30
Masyarakat Apresiasi Komitmen Keberlanjutan PT Vale
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menanam pohon pada area rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 200 hektar (ha) di Bali....