Logo Sulselsatu

Peradah Sulsel Tanam 700 Pohon Mangrove di Untia Jelang Lokasabha

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 05 Mei 2024 10:49

Paradah Sulsel tanam mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia di Makassar. Foto: Istimewa.
Paradah Sulsel tanam mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia di Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Organisasi kepemudaan Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menanam pohon Mangrove di Kampung Nelayan Pesisir Untia Makassar pada Minggu (5/5/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian pelaksanaan musyawarah daerah atau Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulsel yang akan dilaksanakan pada 18-19 Mei 2024 mendatang.

Ketua DPP Peradah Indonesia Sulsel Putu Nopa Gunawan mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian lingkungan pesisir dari ancaman abrasi dan sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim di masa mendatang khususnya pemanasan global.

Baca Juga : Pertama Kali Kunjungi Sorowako, Kapolda Takjub Praktek Pertambangan dan Pengelolaan Lingkungan PT Vale

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemuda Hindu Sulsel terhadap lingkungan dan juga menumbuhkan nilai kepemimpinan Green Leadership untuk menjadi pemimpin yang peduli terhadap kelestarian alam,” ujar Nopa.

Nopa juga berharap kegiatan ini akan membawa dampak yang positif untuk alam khususnya lingkungan pesisir. Bisa menjadi tempat edukasi dan ekowisata yang lebih baik lagi serta mencegah terjadinya abrasi.

“Kami berharap tempat ini menjadi tempat edukasi dan ekowisata alam bagi masyarakat Kota Makassar khususnya, dan yang lebih penting Mangrove ini akan membawa dampak pada lingkungan seperti mencegah abrasi, menjaga kualitas air, menghasilkan oksigen dan menjadi tempat hidup berbagai habitat makhluk hidup,” tegasnya.

Baca Juga : Implementasi Prinsip Keberlanjutan Semakin Kuat, MCSI ESG Rating BRI Naik dari BBB Menjadi A

Sementara itu, Ketua Panitia Lokasabha Gede Jarika menjelaskan, sebanyak 700 pohon Mangrove yang ditanam pada kegiatan ini.

“Ada 700 pohon yang kita tanam, merupakan dukungan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Jeneberang-Saddang Kementerian LHK, penanaman juga didukung oleh teman-teman Mahasiswa Hindu KMHDI, masyarakat Untia dan teman-teman pencinta alam,” ujarnya.

Jarika juga menjalaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini menjadi rangkaian awal dari pelaksanaan Musda atau Lokasabha XII DPP Peradah Indonesia Sulsel dan masih ada kegiatan lain yang akan digelar oleh panitia.

Baca Juga : Top! BRI Satu-Satunya Perusahaan RI yang Masuk Sustainability Yearbook Member

“Minggu depan kita akan adakan kegiatan sosial Donor Darah, kemudian ditanggal 18 Mei kita akan gelar Seminar Kepemimpinan dengan narasumber yang ahli pada bidangnya masing-masing, dan puncaknya dilaksanakan kegiatan sidang Lokasabha XII,” pungkas Jarika.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...