Logo Sulselsatu

LPS Jamin Rp91,5 Miliar Dana Nasabah dari 17,34 Juta Rekening di Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 16 Mei 2024 18:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSARLembaga Penjamin Simpanan (LPS) resmi membuka kantor baru di Makassar. Kantor Perwakilan III LPS Makassar mengaku melalui kantor baru ini ingin hadir memberikan layanan secara lebih optimal.

Di Sulsel, sebanyak 17,34 juta rekening yang masuk daftar penjaminan dana oleh LPS. Nominal dana yang dijamin mencapai Rp91,5 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan III LPS Makassar Fuad Zaen menjelaskan, jumlah simpanan yang dijamin ini tercatat hingga 30 Maret 2024. LPS menjamin dana simpanan maksimal Rp2 miliar dalam satu rekening.

Baca Juga : Run the City Makassar Rangkaian LPS Monas Half Marathon 2024 Diikuti Seribu Pelari

“Hanya ada satu bank umum yang dijamin LPS di Sulsel, yaitu bank asli dari Sulsel bank BPD. Sementara ada 25 BPR/BPRS,” jelas Fuad.

Fuad menjelaskan, sejak beroperasi pada 2005 silam, LPS telah membayar biaya penjaminan 4 BPR/BPRS yang telah dicabut izin usahanya di Sulsel.

Hingga 30 April 2024, LPS mencatat dana simpanan layak bayar di Sulsel mencapai Rp6,44 miliar. Sementara ada Rp11,03 miliar dana yang tidak tercatat oleh pembukuan.

Baca Juga : LPS Resmi Buka Kantor di Makassar Mulai Hari Ini

Fuad menjelaskan, LPS akan membayar klaim kepada nasabah bank yang tutup namun harus memenuhi ketentuan syarat layak bayar 3T.

Kriteria 3T yang merupakan syarat penjaminan simpanan LPS, pertama yaitu tercatat dalam pembukuan bank. Kedua adalah tingkat bunga simpanan yang diterima tidak melebihi tingkat bunga penjaminan LPS.

Kriteria ketiga adalah, tidak terindikasi melakukan fraud dan atau terbukti melakukan fraud (tindakan melawan hukum yang menguntungkan diri sendiri).

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...